Strategi Pemasaran 4P

Strategi Pemasaran 4P Lengkap dengan Penerapan juga Contohnya

Marketing tentu harus memiliki strategi, contohnya strategi pemasaran 4P. Mengapa harus memiliki strategi? Karena pada dasarnya marketing atau pemasaran bertujuan untuk memastikan produk atau jasa yang dibuat suatu perusahaan dikenal khalayak atau masyarakat sehingga nantinya masyarakat yang membutuhkan bisa membeli dan perusahaan pun memperoleh keuntungan dari hasil penjualannya 

Strategi pemasaran ini merupakan strategi dasar yang mesti dijadikan patokan awal saat hendak menjalankan usaha atau bisnis, terutama untuk para pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah). Pasalnya setiap elemen ini saling terikat dan akan  menguatkan serta mempengaruhi kemajuan bisnis yang dijalankan.

Namun yang jadi masalah adalah masih banyak pengusaha yang bingung dalam penerapan konsep strategi pemasaran ini. Padahal penerapan dan pengaplikasian strategi ini mampu membantu kemajuan dan perkembangan bisnis apabila dilakukan sebaik mungkin.

Nah untuk para pengusaha terutama UKM, dibawah ini akan dijelaskan mengenai penerapan strategi marketing 4P, silakan simak dengan baik ya.

Baca juga:  Contoh Strategi Pemasaran Produk Yang Harus Dicoba

Variabel Strategi Pemasaran 4P

Marketing Mix 4P dalam pemasaran atau yang biasa disebut strategi pemasaran 4P merupakan kumpulan alat pemasaran taktis yang terdiri dari: Product (produk), Price (harga), Place (tempat), dan Promotion (promosi)

Perpaduan keempat komponen atau variable ini mampu menghasilkan respon yang diinginkan di pasar. Nah, berikut ini adalah penjelasan tentang empat variabel dalam strategi pemasaran tersebut.

1. Product (Produk)

Produk adalah hal yang paling utama dibuat oleh pelaku usaha yang akan diperjualbelikan kepada masyarakat. Untuk penerapannya, pelaku usaha bisa memulai dengan cara mengembangkan produk atau jasa yang sudah dimiliki agar menjadi lebih baik.

Pelaku usaha bisa meminta kritik dan saran dari konsumen untuk ditampung dan dijadikan sebagai bahan pertimbangan juga perbaikan. Selain itu, pelaku usaha juga dapat membuat produk atau jasa dengan memperhatikan kualitasnya.

Kualitas produk atau jasa memberikan pengaruh terhadap kemajuan bisnis yang dijalankan. Ya tentu saja, kualitas yang baik mampu memberikan kepuasan maksimal untuk konsumen.

Sebaliknya, jika kualitas produk buru, pelanggan atau konsumen akan kecewa dan enggan membeli atau menggunakan produk suatu perusahaan untuk kedua kalinya.

Baca juga:  Berikut Contoh Segmentasi Pemasaran Lengkap

2. Price (Harga)

Dalam sebuah usaha atau bisnis, harga merupakan salah satu hal yang sensitive. Biasanya, konsumen akan menjadikan sebagai patokan untuk membandingkan produk anda dengan kompetitor.

Maka dari itu, penting untuk pelaku usaha menentukan dan mempertimbangkan harga sebaik mungkin, karena harga yang baik akan mempengaruhi pesatnya kemajuan bisnis.

Pada intinya, pelaku usaha harus menawarkan harga yang masuk akal, jangan sampai terlalu tinggi karena ingin memperoleh keuntungan yang besar, jangan juga terlalu rendah sehingga tidak menghasilkan laba.

Baca juga:  Konsep Pemasaran Yang Harus Diketahui Para Pengusaha

3. Place (Tempat)

Unsur P ketiga dari strategi pemasaran 4P adalah Place atau tempat. Pelaku usaha perlu memilih tempat atau lokasi yang benar dan strategis, karena lokasi juga merupakan salah satu faktor penentu bisnis.

Lokasi yang strategis yaitu lokasi yang ramai dilalui oleh banyak orang. Hal ini memudahkan calon konsumen dan konsumen untuk menemukan tempat jualan Anda. 

Selain strategis, lokasi juga harus tepat. Contohnya jika anda menjual peralatan Muslim, maka anda harus menjuak di daerah yang masyarakatnya mayoritas beragama Islam, jangan menjual di daerah non-muslim. Jika anda menjual di daerah dengan mayoritas non-muslim, tentu penjualan tidak sebanyak di daerah Muslim.

4. Promotion (Promosi)

Apa daya bisnis tanpa promosi, promosi perlu dilakukan untuk memperkenalkan produk atau jasa anda kepada khalayak atau masyarakat. Diharapkan penjualan juga meningkat setelah menerapkan strategi pemasaran 4P.

Kegiatan promosi saat ini lebih mudah dilakukan, apalagi dengan adanya social media seperti Facebook, Instagram, dan lain-lain.

Baca juga:  Mengenal Fungsi Pemasaran Yang Harus Anda Ketahui

Manfaat Strategi Pemasaran 4P

Pada dasarnya, proses pemasaran dilakukan dengan tujuan untuk memperkenalkan produk suatu perusahaan pada masyarakat. Manfaat dari strategi pemasaran 4P sendiri adalah untuk memperluas target bisnis yang akan dijadikan sasaran. Terutama pada era digital seperti saat ini dimana pemasaran tidak terbatas oleh ruang dan waktu. Kegiatan pemasaran digital ini sering dikenal dengan digital marketing. Digital marketing tersebut saat ini menjadi bagian yang penting untuk sebuah bisnis yang menerapkan sistem modern.

Sistem modern sendiri digunakan untuk menyeimbangkan bisnis dengan perkembangan teknologi yang semakin maju. 

Baca juga:  Beragam Ide Jualan Makanan Yang Layak Dicoba Anak Muda!

Contoh Penerapan Strategi Pemasaran 4P

Setelah mengetahui pengertian, unsur, serta manfaatnya. Sekarang akan dibahas strategi pemasaran 4P dan contohnya. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, strategi ini terdiri dari 4 unsur, yaitu produk, place (tempat), price (harga), juga promosi. 

Sebagai contoh, kita lihat Product McDonald’s. Pada bisnis F&B ini terdapat campuran produk yang sebagian besar didominasi oleh produk makanan dan minuman. Bagaimana contoh penerapan 4P pada McDonald’s? Berikut ini adalah Analisa unsur 4P pada bisnis McDonald.

1. Contoh Produk

Produk yang diperjualbelikan di McDonald diantaranya adalah Hamburger dan Sandwich, ayam goreng, menu sarapan, minuman, ice cream, Mccafe, makanan ringan, salad, dan masih banyak lagi.

2. Places (tempat)

Tempat yang digunakan oleh McDonald’s adalah restoran. Pada restoran inilah, McDonald mendapatkan hasil dari penjualannya. Selain restoran, ada juga beberapa kios yang sifatnya sementara, seperti kios pada event tertentu.

Dapat disimpulkan bahwa unsur Place (tempat) yang digunakan oleh McDonald adalah restoran, kios, juga mobile App yang sifatnya online.

Baca juga:  Apa yang Dimaksud dengan Pemasaran? Pembahasan Lengkap Pemasaran Produk, Holistik, dan Global

3. Price (harga)

Dalam strategi pemasaran 4P McDonald’s, harga tidak dibulatkan. Hal ini dapat mengundang perhatian konsumen dan membuat konsumen membeli lebih banyak produk.

Contoh dari harga yang tidak dibulatkan adalah ketika harga yang sesungguhnya adalah Rp 5.000, disana dituliskan Rp 4.999. Dengan begitu, konsumen bisa melihat harga lebih murah walaupun sebenarnya harga yang ditawarkan sama saja.

McDonald juga sering menawarkan harga diskon untuk para konsumen. Biasanya diskon diberikan untuk harga per paket. Harga produk McDonald paket akan lebih murah daripada membeli per satuan item. 

4. Promotion (Promosi)

Promosi adalah P keempat dalam strategi pemasaran 4P. Beberapa strategi promosi yang dilakukan oleh McDonald adalah iklan, promosi penjualan, juga public relations.

Baca juga:  Apa Sih Pengertian, Tujuan dan Tahapan Riset Pemasaran?