bisnis franchise dibawah 5 juta

Bisnis Franchise Dibawah 5 Juta Pasti Untung? Ini Faktanya!

Saat ini kesadaran akan pentingnya berbisnis mulai menyebar ke berbagai kalangan. Kamu pasti sudah melihat banyak orang yang mulai berbisnis, mulai dari membuka lapak di pinggir jalan bahkan sampai mengikuti bisnis franchise dibawah 5 juta yang sudah menjadi rahasia umum.

Hal ini menunjukkan bahwa bisnis telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat. Franchise merupakan salah satu ide bisnis yang banyak di cari oleh banyak orang. Apakah kamu tahu apa itu bisnis franchise?

Franchise adalah model bisnis di mana seseorang menjual hak untuk menggunakan merek, produk, atau sistem bisnis tertentu kepada pembeli franchise. Namun, bisnis model seperti ini memang cenderung membutuhkan modal besar, mulai dari pendaftaran, sampai biaya produksi.

Tapi seiring perkembangan model bisnis, akhir-akhir ini ada juga bisnis franchise dibawah 5 juta yang merupakan bisnis franchise dengan biaya investasi yang rendah. Apakah ini yang kalian cari?

Kekurangan Bisnis Franchise

Meskipun bisnis franchise dibawah 5 juta memiliki potensi keuntunan yang melimpah, namun dalam dunia bisnis tidak ada jaminan penuh mendapat profit. Maka dari itu, sebelum kalian memulai bisnis ini, berikut beberapa kekurangan bisnis franchise yang sangat umum:

Baca juga:  7 Langkah Bisnis Rongsokan Online, Cuan Besar

1. Biaya Investasi yang Tinggi

Meskipun ada beberapa opsi franchise dengan biaya investasi yang rendah, biasanya biaya yang di butuhkan untuk memulai bisnis franchise lebih tinggi di bandingkan memulai bisnis sendiri.

Pasalnya, terkadang perhitungan biaya yang ada belum tentu real sama seperti di lapangan. Hal ini karena kebanyakan biaya franchise tidak menghitung semua biaya operasional yang ada.

2. Pengawasan yang Ketat

Pemilik bisnis franchise dibawah 5 juta maupun lebih, sudah pasti harus mematuhi aturan yang di tentukan oleh pemilik merek, yang dapat membatasi kebebasan dalam mengelola bisnis.

Hal ini mungkin menjadi tembok besar yang menghalangi kebebasan. Pasalnya, secara langsung kamu berada dibawah naungan merek franchise tersebut.

3. Persaingan yang Tinggi

Mengingat banyak orang yang memilih franchise karena merk yang sudah populer, maka secara tidak langsung persaingan dalam bisnis biasanya lebih tinggi di bandingkan bisnis lainnya.

Pasalnya, tanpa kamu sadari bisnis kalian berada di lingkungan bisnis yang teratas. Maka dari itu, persaingan akan terlihat jelas jika di bandingkan memulai bisnis sendiri dari awal.

4. Pendapatan yang Tidak Pasti

Pendapatan dalam bisnis franchise dibawah 5 juta dapat bervariasi tergantung pada banyak faktor, seperti lokasi, promosi, dan kondisi pasar. Pasalnya, sebesar apapun merek, tidak akan mempengaruhi minat jika tidak mempertimbangkan kondisi pasar.

Baca juga:  Tips Bisnis Jualan Ayam Potong Agar Berhasil

Hal ini juga berlaku untuk semua bisnis. Namun poin pentingnya, merek juga tidak bisa menjamin suksesnya sebuah usaha atau bisnis.

5. Ketergantungan Terhadap Pemilik Merek

Sebagai pemilik franchise, kamu bergantung pada pemilik merek untuk mendapatkan bantuan, dukungan, dan pembaruan produk atau layanan. Jika pemilik merek tidak memenuhi kewajiban mereka, bisnis kamu dapat terpengaruh.

Maka dari itu, bagi sebagian orang yang menganggap bisnis franchise tidak cocok untuk orang yang benar-benar berjiwa bisnis.

Kelebihan Bisnis Franchise

Semua jenis bisnis pasti ada resikonya kan? Jika kalian sedang mencari bisnis franchise dibawah 5 juta dengan harapan resiko lebih rendah, mungkin sudah cukup tepat jika kalian tipikal orang yang tidak tahu banyak tentang berbisnis.

Ada beberapa kelebihan dalam memulai bisnis franchise yang mungkin akan sangat sulit kamu capai, berikut daftarnya:

1. Merek yang Sudah Populer

Bisnis franchise biasanya menggunakan merek yang sudah di kenal oleh masyarakat, sehingga memudahkan kamu untuk mempromosikan bisnis kamu dan membangun kepercayaan pelanggan.

Itulah kelebihan utama yang akan kamu dapat. Hal ini tentu akan sangat berpengaruh dalam segi omset meskipun baru pertama kali membuka usaha.

2. Dukungan dan Bantuan

Sebagai pemilik franchise, kamu akan mendapatkan dukungan dan bantuan dari pemilik merek, termasuk dalam hal pelatihan, promosi, dan pengembangan produk atau layanan.

Ini akan sangat memudahkan kamu saat berbisnis, kamu tidak perlu memikirkan bagaimana sistem berbisnis yang bagus untuk menaikan omset.

Baca juga:  Bisnis Budidaya Unik Menguntungkan Yang Masih Jarang Dilakukan Orang-orang

3. Sistem yang Teruji

Pada umumnya, bisnis franchise menggunakan sistem yang sudah teruji dan terbukti berhasil, sehingga kamu dapat mengikuti langkah-langkah yang sudah terbukti berhasil untuk mengelola bisnis kamu.

Sangat berbeda kan jika kalian mendirikan bisnis secara mandiri? Kamu pasti akan menjalankan sistem yang belum terbukti berhasil di pasaran.

4. Akses ke Sumber Daya yang Lebih Luas

Sebagai pemilik franchise, kamu akan memiliki akses ke sumber daya yang lebih luas, seperti produk berkualitas, harga grosir, dan teknologi terbaru.

Pasalnya, segala sistem yang berjalan mengikuti dari pemiliki merek mulai dari bahan baku, menu, harga dan lain sebagainya.

Rekomendasi Bisnis Franchise Dibawah 5 Juta

Jika kalian tertarik menjalankan bisnis franchise, ada beberapa rekomendasi yang menurut tren tidak akan tenggelam. Nah, buat kailan yang ingin memulai, berikut ini daftar bisnis franchise dibawah 5 juta yang berpotensi untung jangka panjang:

  • Bisnis franchise makanan seperti kue, roti, atau minuman
  • Bisnis franchise jasa salon kecantikan, laundry, atau servis elektronik
  • Franchise produk seperti aksesoris, pakaian, atau peralatan rumah tangga
  • Franchise teknologi misalnya menjual perangkat lunak atau produk digital

Nah itulah fakta dari bisnis franchisei yang harus kalian tahu. Maka dari itu, jika menurut kalian ini merupakan potensi besar, sebaiknya pilih jenis frenchise yang memang berpotensi profit jangka panjang.