Apa yang Dimaksud dengan Pemasaran

Apa yang Dimaksud dengan Pemasaran? Pembahasan Lengkap Pemasaran Produk, Holistik, dan Global

Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan pemasaran? Ya, pemasaran adalah suatu aktivitas atau proses untuk menciptakan komunikasi dan penyampaian, serta tawaran atau pertukaran yang berharga dari klien, mitra, bahkan sampai masyarakat umum. Pemasaran merupakan konsep promosi atau memperkenalkan produk yang dilakukan para pelaku bisnis terkait produk atau layanan yang mereka tawarkan.

Biasanya mereka menargetkan orang-orang disesuaikan dengan produk yang dipasarkan. Selebriti, selebgram, dan orang-orang yang memiliki kepopuleran biasanya dilibatkan dalam promosi produk tersebut.

Bukan cuma itu, pemasaran juga berperan penting dalam membantu para konsumen untuk lebih mudah menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan. Ketika pemasaran pas atau sesuai dengan target, perusahaan akan banyak diburu pembeli dan tentunya memperoleh banyak keuntungan.

Apa Itu Pemasaran?

Seperti yang telah dibahas diatas mengenai apa yang dimaksud dengan pemasaran, lebih tepatnya pemasaran merupakan suatu kegiatan menyeluruh dan terencana yang dilakukan oleh perusahaan atau institusi dalam upaya memenuhi permintaan pasar.

Pemasaran juga memiliki tujuan, yaitu untuk mencapai target penjualan, mengenalkan produk ke masyarakat, bekerjasama dengan mitra, menciptakan strategi lanjutan untuk produk, dan masih banyak lagi. Di bawah ini juga terdapat fungsi dan jenis-jenis pemasaran.

Baca juga:  Apa Itu Bisnis Daring dan Pemasaran? Ini Penjelasannya!

Fungsi Pemasaran 

Pemasaran tentunya memiliki berbagai fungsi. Beberapa fungsi tersebut diantaranya adalah fungsi pertukaran, fungsi distribusi fisik, juga fungsi perantara. Apa sih maksud dari ketiga fungsi tersebut.

Berikut merupakan pembahasan dari ketiga fungsi tersebut, silakan disimak.

1. Fungsi Pertukaran

Konsumen dapat membeli produk yang dipasarkan oleh produsen dengan uang setelah mengetahui produk yang dibutuhkan lewat pemasaran. Produk yang sudah dibeli dapat digunakan atau bahkan dijual kembali untuk memperoleh keuntungan. Disini terjadi pertukaran antara barang yang dijual dengan uang yang diberikan oleh pembeli.

2. Fungsi Distribusi Fisik

Fungsi ini terjadi apabila kegiatan dilakukan dengan menyimpan produk kemudian mendistribusikannya. Proses pengangkutan untuk pendistribusiannya bisa melalui jalur laut, darat, juga udara.

3. Fungsi Perantara

Perantara adalah orang yang menyampaikan produk dari produsen ke konsumen. Hal ini berkaitan dengan distribusi fisik. Kegiatan pembiayaan, pencarian informasi, juga klasifikasi produk terjadi dalam proses ini.

Baca juga:  Mengenal pemasaran; Pengertian, Tujuan dan Manfaatnya Secara Lengkap

Jenis-jenis Pemasaran

Setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan pemasaran, kamu juga harus mengetahui jenis-jenisnya. Nah, pemasaran dapat dilakukan dengan berbagai cara, tidak hanya satu saja. Pernahkah kamu melihat iklan di TV? Iklan tersebut juga termasuk salah satu cara atau jenis pemasaran.

Selain iklan di TV, tentu masih banyak sekali jenis pemasaran lainnya yang biasa dilakukan saat ini, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Branding

Branding merupakan bentuk pemasaran yang berfungsi sebagai iklan jangka panjang. Pemasaran jenis ini membuat produk dan layanan memiliki target pasar dan merk yang dikenal. 

2. Iklan Siaran

Pada jenis ini, biasanya media yang sering digunakan adalah radio dan Televisi. Iklan dengan dua media ini merupakan bentuk iklan berbayar yang paling umum digunakan.

Iklan yang ditayangkan di Televisi biasanya dibuat semenarik mungkin agar penonton atau masyarakat tertarik membeli produk yang diiklankan. Sama seperti di radio, pemasaran ke pelanggan sangat potensial karena iklan atau promosi yang diucapkan oleh penyiar akan benar-benar didengarkan oleh pendengar radionya.

3. Multi-Level Marketing (MLM)

Sempat menjadi trend, jenis pemasaran ini dituntut merekrut  banyak orang untuk menjadi anggota dalam memasarkan produk mereka. Dimana setiap anggota akan diberi komisi dari setiap transaksi yang terjadi dan berpeluang merekrut anggota dibawahnya yang biasa dikenal sistem piramid.

4. Internet Atau Online

Hampir semua orang pada saat ini menggunakan internet. Sehingga pasar dari internet sangat luas. Target pasar dapat ditentukan dengan mudah, karena banyak penyedia jasa iklan memiliki fitur tersebut. 

Baca juga:  Apa Itu Pemasaran? Simak Penjelasan Lengkapnya Disini

Pemasaran Produk

Apa yang dimaksud dengan pemasaran produk? Pemasaran produk merupakan proses analisa target pasar, distribusi produk ke konsumen, hingga proses pengumpulan testimoni atau respon kepuasan pelanggan untuk kepentingan penyesuaian dimasa mendatang.

Pemasaran produk memiliki tujuan, yaitu untuk mengetahui target pasar yang tepat bagi suatu produk agar mendapat respon pelanggan yang baik. Hal ini mencakup promosi serta penjualan produk ke calon pembeli dan pelanggan tetap.

Dalam proses ini, biasanya melibatkan beberapa berbagai aktivitas seperti analisis pasar, identifikasi permintaan konsumen, perancangan dan pengembangan produk, penerapan produk baru, komunikasi, penetapan harga, penentuan posisi, pendistribusian, penjualan, review, periklanan, hingga umpan balik. 

Contohnya yang paling umum pemasaran benda nyata seperti laptop, handphone, parfum, kendaraan bermotor, elektronik rumah tangga, pakaian dan lain sebagainya.

Baca juga:  Mengenal Lebih Dekat Pengertian Manajemen Pemasaran dan Tujuanya

Pemasaran Holistik

Mengenai apa yang dimaksud dengan pemasaran holistik, menurut Yoyo Sudaryo, dalam buku Digital Marketing dan Fintech di Indonesia (2020), pemasaran holistic adalah pengembangan, perancangan, serta implementasi program juga kegiatan pemasaran, yang melihat ketergantungan dalam konteks lingkungan pemasaran. Pemasaran holistik ini memiliki sifat menyeluruh. 

Manfaat pemasaran holistik 

Karena sifatnya yang menyeluruh, para pemasar harus melihat aspek terlebih dulu sebelum akhirnya melakukan kegiatan pemasaran. Pemasaran holistik tentu memiliki berbagai manfaat untuk perusahaan yang memasarkan.

Berikut ini merupakan tiga manfaat dari pemasaran holistik.

  • Pemasaran holistik mempermudah pemasar dalam melakukan kegiatan
  • Pemasaran holistik mampu mengeksplorasi produk yang dirancang
  • Pemasaran holistik mempermudah penentuan segmentasi pasar 
Baca juga:  Contoh Strategi Pemasaran Produk Yang Harus Dicoba

Pemasaran Global

Lalu apa yang dimaksud dengan pemasaran global? Secara umum, yang dimaksud dengan pemasaran global yaitu suatu proses suatu proses untuk mengutamakan sumber daya manusia, asset berupa fisik juga uang, serta tujuan dari suatu perusahaan demi mendapatkan potensi untuk mengambil tindakan atas ancaman pasar global yang ada.

Pemasaran global juga dikenal dengan suatu pemasaran bergengsi karena dilakukan di seluruh dunia. Potensi peluang dalam pemasaran global ini selalu terbuka untuk pengusaha manapun, terutama mereka yang mampu menuangkan inovasi dan kreativitasnya dalam pengembangan pasar. 

Para pengusaha harus menjadikan setiap tantangan dan kesulitan sebagai cambukan semangat. Karakter ini sudah banyak diterapkan oleh para pengusaha maju di Indonesia, karena memang dengan seperti ini, usaha yang dijalankan bisa semakin maju dan berkembang pesat.