Beragam-Ide-Jualan-Makanan-Yang-Layak-Dicoba-Anak-Muda

Beragam Ide Jualan Makanan Yang Layak Dicoba Anak Muda!

Pandemi mengubah segalanya, mungkin inilah saatnya untuk mengepakkan sayap. Tidak perlu mikir yang ribet dan ruwet, jalani saja dengan modal apa adanya. Untuk segmennya bisa dipilih dari hobi kamu lho. Misal hobi kulineran, maka pilihannya ya buka usaha dengan ide julanan makanan yang kekinian contohnya.

Baca Juga: 11 Rekomendasi Bisnis online untuk Pelajar Tanpa Modal, Berani Coba?

Ide Jualan Makanan Online / Offline

Ada banyak jenis ide jualan makanan kekinian yang bisa dipertimbangkan sebagai pilihan menu. Bentuk jualannya pun kini menjadi semakin luas dan luwes. Sebab bisa berjualan secara online yang mampu menekan budget modal dalam mengawali usaha.

Bisa juga berjualan offline dengan mempertimbangkan segala aspeknya secara detail. Terlebih kini Indonesia, khususnya area pulau Jawa dan Bali sedang diberlakukannya PPKM darurat. Semua ada solusinya saat usaha yang akan kamu buka, dibuat dengan perencanaan yang matang. 

Penting dari keseluruhannya, persiapkan konsep ide jualan makanan online atau offline ini secara menyeluruh. Niatkan semuanya sebagai sebuah investasi jangka panjang di awal berjualan. Seperti contoh : 

  1. Apa saja menu yang ingin dijual?
  2. Bagaimana tentang pengolahan bagan baku dan cara memasaknya?
  3. Menggunakan bahan baku apa? Seberapa banyak? Bumbu apa saja yang harus disediakan? Bagaimana takarannya?
  4. Bagaimana bentuk pengemasannya (packing)?
  5. Ingin mempekerjakan karyawan atau tidak? Jika iya, berapa jumlah ideal karyawan yang perlu direkrut? 
  6. Menyasar segmen usia berapa produk masakan yang kamu olah ini? Bagaimana harga jualnya? Sesuaikah?
  7. Bagaimana cara mempromosikannya nanti?

Nah keseluruhannya tersebut perlu banget untuk kamu matengin rencana-rencananya. Terlebih dibagian cara masak dan cara menyajikan. Kamu perlu eksplor lebih dalam lagi serta sebisa mungkin benar benar membuat SOP khususnya.

Ini penting, mengingat yang akan dijual adalah sebentuk makanan. Jangan sampai ada ketidakkonsistenan rasa yang efeknya bikin customer kecewa. Walaupun produk makanan yang kamu jual ini termasuk ke dalam ide jualan makanan murah. Tetapi baiknya tetap harus diperlakukan secara professional.

Baca juga:  Usaha Online di Masa Pandemi, Auto Cuan Setiap Hari

Ide Jualan Makanan Kekinian

Apabila proses penentuan segmentasi pasar dari bentuk usaha kuliner yang ingin dibangun telah menemui titik akhir. Maka selanjutnya adalah tentang bagaimana dan apa saja isi dari daftar menu produk makanan yang mau kamu jual. 

Misalkan saja, segmentasi pasar yang diambil adalah menyasar kalangan anak muda remaja yang memiliki uang jajan menengah. Maka ragam pilihan ide jualan makanan kekinian sebagai berikut :

1. Cup Cake

Jenis cake yang satu ini kini sedang digandrungi oleh anak muda yang gemar sajian cake. Rotinya yang lembut dengan perpaduan rasa manis yang pas, dan tampilannya yang cantik. Tentu saja masuk ke opsi menu dalam ide jualan makanan yang sedang viral.

2.  Mie Lidi Berbagai Rasa

Pernah makan mie lidi? Pasti pernah ya, mie lidi merupakan salah satu jajanan cemilan jadul yang kini sedang naik daun. Hanya saja, kini mie lidi ini hadir dalam berbagai rasa dan ukuran size kemasan.

Biasanya mie lidi ini akan dijual bersamaan dengan sajian minuman kekinian yang identik dengan es kopi susu ataupun coklat, pasalnya tidak lengkap rasanya menikmati camilan ini sendirian tanpa ada sajian minuman dingin. 

3. Mie Bihun Gulung Telur Remake

Selain mie lidi, ada lagi yang namanya mie bihun gulung remake. Sebenarnya sajian camilan ini simpel banget membuatnya, dan termasuk sederhana. Tetapi untuk menarik perhatian customer, biasanya mie bihun gulung telur ini dibuat dengan sajian remake yang unik.

4. Roti Bakar dengan keju parut yang melimpah

Roti bakar, menjadi sebuah menu wajib yang biasanya tersedia di kedai jualan makanan dan cemilan yang menyediakan tempat kongkow. Namun yang membedakannya dari tempat jualan lainnya tentu saja ada pada ide jualan yang unik dan otentik.

Nah, unik dan otentik ini bisa kamu tonjolkan pada bagian penamaan menu yang tidak seperti biasanya. Kemudian setelah itu, bermainlah di rasa sajian, estetik penyajiannya, serta packingnya apabila customer ingin dibawa pulang. 

5. Mie Instan Dengan Berbagai Topping Rasa

Ya betul, menu makanan berbahan dasar mie instan ini bisa banget disulap menjadi ide jualan makanan yang tidak terduga. Seperti dinamakan sebagai menu sajian mie geprek, mie setan, mie pedes jontor, atau lainnya.

Tentu saja kembali lagi pada prinsipnya, selain membuat penamaan menu yang tidak biasa. Maka sebagai pemilik usaha, wajib juga berkreasi dan berinovasi untuk bisa menyajikan rasa yang tidak biasa pada berbagai produk menu yang telah dibuat tersebut.

6. Berbagai sate yang biasa terdapat di warung angkringan

Memadupadankan aneka sajian bisa kamu lakukan lho. seperti memadukan kedai makanan dengan menu modern vs menu klasik. Seperti aneka sate yang biasa terdapat di warung angkringan. Contohnya sate usus, sate telur puyuh, sate paru, dan beragam jenis ide jualan makanan klasik lainnya.

7. Seblak Aneka Level dan Berbagai Topping Pilihan

Nah selanjutnya ada ide jualan makanan viral yang berupa seblak. Siapa yang tidak kenal dan tidak menyukainya? Hampir rata rata anak muda menggandrunginya. Terlebih apabila dengan harga yang cukup terjangkau, lalu bisa menambahkan berbagai topping menggoda yang telah tersedia.

Wah, dijamin, gak pake lama pasti ide jajanan ini akan laris manis diserbu pembeli. Tapi tetap ya, perhatikan dan buatkan SOP memasaknya, supaya para pelanggan tidak kecewa dengan rasa masakan yang berubah ubah. Jelas ya, lagi lagi tentang rasa masakan yang menjadi poin perhatian utama. 

Baca juga:  Beragam Ide Jualan Makanan Yang Layak Dicoba Anak Muda!

Ide Jualan Makanan Unik

Pernah mendengar ide jualan makanan yang unik? Nah, kamu bisa juga menyiapkan ide menu makanan yang akan dijual dengan berbagai keunikan yang khas. 

Seperti, khusus membidangi berbagai jenis camilan jajanan nusantara, atau membuka catering menu diet khusus misalnya. Semuanya bisa diolah dengan baik, asalkan direncanakan dengan baik dan serius. 

Tips Dan Trik Membangun Usaha 

Sudah memutuskan untuk masuk ke dunia usaha kuliner? Yuk, siapkan alat tempurnya. Berikut ini akan dibahas secara singkat mengenai tips dan trik dalam membangun usaha makanan.

  1. Tetapkan segmentasi pasar mana yang akan difokuskan pada usaha dari ide jualan makanan 
  2. Survei kondisi pasar dan potensi bisnis yang akan dibangun
  3. Hitung modal awal usaha yang akan dibangun dari bisnis tersebut
  4. Cari dan tentukan lokasi usaha 
  5. Atur pilihan menu yang tersedia dan tetapkan mana yang menjadi menu andalan
  6. Cari dan jalin kerjasama untuk menemukan supplier atau pemasok bahan baku
  7. Hire sumber daya manusia (pekerja) yang potensial
  8. Atur dan sesuaikan target marketingnya
  9. Tentukan jalur promosi yang tepat sasaran, pergunakan dan maksimalkan kanal sosmed
  10. Urus perizinan dan legalitas usaha

Itulah beragam ide jualan makanan yang layak dicoba anak muda, berikut contoh menu aneka jajanan. Mulai dari menu makanan kekinian, sampai berbagai jenis jajanan camilan klasik zaman dahulu. 

Baca juga:  Jualan Makanan Apa Yang Laris Masa Kini Dan Omset Melejit
Kata Kunci:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.