Apa Itu Pemasaran

Apa Itu Pemasaran? Simak Penjelasan Lengkapnya Disini

Meskipun terkesan umum, faktanya masih saja ada yang bertanya apa itu pemasaran? Pemasaran merupakan proses mendapatkan calon klien atau pelanggan yang tertarik dengan produk atau layanan Anda. Pemasaran melibatkan meneliti, mempromosikan, menjual, dan mendistribusikan produk atau layanan Anda. 

Menurut KBBI pemasaran adalah proses, cara, perbuatan memasarkan suatu barang dagangan, perihal menyebarluaskan ke tengah-tengah masyarakat. 

Baca juga:  Mengenal Fungsi Pemasaran Yang Harus Anda Ketahui

Apa Itu Pemasaran?

Pemasaran adalah aktivitas atau serangkaian sistem perusahaan dalam memperkenalkan suatu produk, dan proses menciptakan komunikasi, menyampaikan, dan mempertukarkan penawaran yang memiliki nilai bagi pelanggan, klien, mitra, dan masyarakat luas. 

Intinya, pemasaran adalah salah satu kegiatan pokok yang perlu dilakukan perusahaan baik perusahaan produk atau jasa untuk menjaga kelangsungan hidup usahanya. Bisa disimpulkan bahwa pemasaran merupakan sebuah upaya terpadu untuk menggabungkan rencana strategis yang diarahkan kepada konsumen dan mengharapkan mendapat keuntungan dari proses transaksi. 

Pemasaran memiliki tujuan memperkenalkan produk secara luas kepada masyarakat, mencapai target penjual dan mendapatkan keuntungan yang optimal. Serta menciptakan strategi lanjutan untuk produk, membangun hubungan kerja sama dengan mitra dan membuat pencatatan tentang penjualan. 

Baca juga:  Konsep Pemasaran Yang Harus Diketahui Para Pengusaha

Sedangkan Fungsi Pemasaran Adalah 

1. Pertukaran

Fungsi pemasaran ini adalah membuat konsumen mengetahui produk Anda serta tertarik untuk melakukan pertukaran transaksi.

2. Distribusi

Maksudnya distribusi ialah kegiatan menyimpan produk dan mendistribusikannya. Pendistribusian bisa melalui jalur udara, laut atau darat. Penyimpan tersebut hanya dengan tujuan menjaga stok tetap ada jika dibutuhkan.

3. Perantara

Perantara ini seperti marketing, pemasaran menghubungkan produsen dengan konsumen dengan melakukan pertukaran atau pendistribusian secara langsung atau fisik. 

Baca juga:  Contoh Strategi Pemasaran Produk Yang Harus Dicoba

Apa Itu Pemasaran Digital?

Pemasaran digital adalah pemasaran yang dilakukan melalui perangkat yang terhubung dengan internet. Pemasaran email, pemasaran konten, pemasaran media sosial, dan banyak aspek pemasaran digital lainnya yang sangat penting bagi pengusaha saat ini. 

Pemasaran secara digital lebih banyak menghabiskan waktu, karena pemasar harus mempelajari bagaimana orang berhubungan satu sama lain secara online, membuat konten untuk konsumsi online, dan menguasai media digital.

Saat Anda merasa lebih nyaman dengan pemasaran di ruang digital, jumlah pembaca, penayangan, dan penjualan Anda kemungkinan akan tumbuh.

Pemasaran digital juga bisa menggunakan teknologi digital, seperti SMS otomatis dan pemberitahuan push. Hal ini bertujuan untuk menjangkau orang-orang yang terhubung dengan internet. 

Seperti contoh, saat Anda telah melakukan verifikasi akun di platform jual beli. Secara otomatis Anda mendapatkan notifikasi email yang berisi pemberitahuan diskon di hari-hari tertentu. 

Baca juga:  Berikut Contoh Segmentasi Pemasaran Lengkap

Dalam knowledge Commerce, Pemasar digital menyediakan platform bagi pengusaha untuk berbagi ide, mempromosikan produk, dan membangun audiens.

Pemasaran melalui saluran digital memungkinkan Anda menjangkau lebih banyak orang tanpa menghabiskan banyak uang atau memperkerjakan banyak staf.

Anda bisa dikatakan sedang melakukan pemasaran digital jika memiliki kriteria sebagai berikut:

  1. Menggunakan internet untuk mendistribusikan materi pemasaran Anda
  2. Mempromosikan produk atau layanan jasa tertentu
  3. Orang-orang mengkonsumsi materi pemasaran Anda melalui perangkat digital.

Sangat mudah bukan?  Memang terlihat mudah, tapi yang sulit adalah penyampaian serta cara masyarakat tertarik melihat konten Anda lebih lama. 

Baca juga:  Mengenal Lebih Dekat Pengertian Manajemen Pemasaran dan Tujuanya

Sebagai contoh, dita sedang punya bisnis produk kecantikan. Dita melakukan pemasaran digital dengan cara membuat konten diberbagai media sosial seperti Instagram, youtube, dan tik tok. Konten bisa berisi tutorial pemakaian, ulasan, serta tips pemakaian produk atau hal-hal yang perlu di waspadai.

Contoh diatas mungkin adalah hal lumrah yang sering Anda temukan di berbagai media sosial. 

Jika merasa kemampuan Anda dalam menyampaikan konten tidak terlalu menarik, Anda bisa melakukan pemasaran digital lewat para influencer yang sudah memiliki banyak pengikut di media sosial.

Jika bisnis Anda adalah kecantikan, Anda bisa memilih beauty influencer yang sudah terkenal di kalangan masyarakat tentang keahliannya di bidang kecantikan. Carilah influencer yang memiliki citra positif agar produk Anda juga bisa mendapat sisi positifnya. 

Baca juga:  Apa Sih Pengertian, Tujuan dan Tahapan Riset Pemasaran?

Apa Itu Diploma Pemasaran?

Diploma sendiri adalah praktik mempengaruhi keputusan dan perilaku pemerintah asing atau organisasi antar pemerintah melalui dialog, dan negosiasi. Diploma biasanya mengacu pada hubungan internasional. 

Duta besar yang berada di berbagai negara bukan hanya berperan menjaga hubungan diplomatik. Mereka juga bisa mengenalkan produk dari negara sendiri untuk memiliki potensi di luar negeri. 

Berikut adalah pidato dari menteri Perindustrian Agus Gumiwang K.

“Apalagi pemerintah sedang fokus menaikkan nilai ekspor untuk menekan defisit neraca perdagangan. Sebab itu, berbagai kebijakan strategis dijalankan.”

Menurut beliau, kesempatan tersebut bisa dimanfaatkan untuk memperkenalkan kesiapan industri Indonesia di era industri 4.0, mempromosikan kerja sama investasi dan ekspor sektor industri serta memperkuat kerja sama bilateral. 

Globalisasi pasar dan banyaknya kompetisi mengharuskan setiap perusahaan memperhatikan lingkungan global. Pemasaran internasional didefinisikan sebagai kinerja aktivitas bisnis termasuk keputusan penentuan harga, promosi, dan distribusi produk atau jasa. 

Baca juga:  Mengenal pemasaran; Pengertian, Tujuan dan Manfaatnya Secara Lengkap

Kami juga membahas pemasaran internasional karena dalam diploma pemasaran itu mencakup antar negara yang mana itu disebut internasional.

Diploma pemasaran memiliki tujuan untuk membuka peluang bisnis bagi kedua negara atau lebih. Bahkan, saat ini peran para diplomat adalah memasarkan negaranya kepada masyarakat dimana mereka ditempatkan. 

Seorang diplomat harus memiliki semangat untuk berhubungan antarnegara seperti menjaga persahabatan dan meningkatkan kerjasama antarbangsa. Oleh karena itu, seorang diplomat harus memiliki sifat sosialisasi yang tinggi. 

Apakah penjelasan diatas sudah menjawab pertanyaan Anda seputar apa itu pemasaran? Dan apa itu pemasaran digital?  Kami harap penjelasan tersebut dapat dimengerti dan mudah dipahami ya.