Mengenal Pemasaran; Pengertian, Tujuan dan Manfaatnya Secara Lengkap

Mengenal pemasaran; Pengertian, Tujuan dan Manfaatnya Secara Lengkap

Pemasaran adalah hal yang pastinya sudah tidak asing lagi, apalagi ketika disebut dengan bahasa inggris yaitu marketing. Lalu, apa itu pemasaran?

Menurut Wikipedia, Pemasaran adalah aktivitas dan proses menciptakan, mengomunikasikan, menyampaikan, dan mempertukarkan tawaran yang bernilai bagi pelanggan, klien, mitra, dan masyarakat umum. 

Secara sederhana pemasaran adalah kegiatan mempromosikan suatu produk atau jasa yang dipunyai agar menarik perhatian konsumen.

Pengertian Pemasaran 

Pemasaran mengidentifikasi peluang pasar dan mengeluarkan strategi yang tepat untuk mengeksplorasi peluang secara menguntungkan. Bisa disebut, pemasaran mencakup penjualan, promosi, strategi bisnis, dan perpindahan produk kepada konsumen atau bisnis lain.

Contohnya sebuah industri kecantikan menggaet artis Korea yang sedang banyak digemari untuk menjadi Brand Ambassador mereka. Dengan strategi pemasaran ini, maka para fans artis tersebut akan berbondong-bondong membeli produknya. Apalagi ketika mendapat photo card gratis.

Pemasaran tak hanya mencakup iklan, tapi berbagai aspek yang harus dipertimbangkan. Citra seorang Brand Ambasador juga harus memiliki kecocokan dengan produk. 

Bahkan desain kemasan pun juga masuk dalam strategi pemasaran karena semakin menarik kemasan, semakin banyak pula yang tertarik untuk membelinya.

Selain itu, ada juga istilah manajemen pemasaran. Konsep manajemen pemasaran pada prinsipnya sederhana. Menurut Adam Smith konsep perusahaan dapat lebih efektif melayani tujuannya sendiri jika mengintegrasikan berbagai aspek kegiatan pemasarannya secara eksplisit sehingga dapat memenuhi preferensi pelanggannya. 

Baca juga:  Mengenal Lebih Dekat Pengertian Manajemen Pemasaran dan Tujuanya

Jenis pemasaran

Pemasaran juga memiliki banyak strategi yang dikenal hingga saat ini. Strategi pemasaran adalah sebuah strategi yang memiliki tujuan dan sasaran pemasaran yang tepat sehingga bisa mendapatkan banyak keuntungan.  

Bukan hanya itu saja, strategi pemasaran juga dapat membantu sebuah industri memahami kebutuhan konsumen. Berikut diantaranya:

1. Iklan 

Jenis pemasaran ini adalah paling umum dan mudah ditemui. Iklan adalah strategi pemasaran yang menggunakan berbagai media cetak maupun media online. Seperti TV, radio, majalah, Koran hingga billboard.

Contohnya dapat Anda temui sponsor di TV, Iklan di Youtube, Tiktok, Facebook dll.

2. Iklan Siaran

Sampai saat ini, radio masih memiliki pengguna setia. Radio adalah iklan berbayar paling umum. Dikatakan iklan siaran sangat efektif, karena pendengarnya akan benar-benar mendengarkan apa yang diucapkan penyiar. Jika Anda merasa pengguna radio sangat minim, Anda bisa mencoba menggunakan iklan siaran yang sedang ngetren yaitu podcast di Spotify.

3. Multi Level Marketing

Multi level marketing atau sering disebut MLM adalah pemasaran dengan strategi sistem berjenjang. Maksudnya ialah menarik konsumen untuk membeli produk atau merekrut orang lain menjadi tenaga pemasaran dengan berbagai penawaran menarik.

Contohnya sebuah industri A menawarkan kepada orang jika bergabung dengannya dan berhasil merekrut orang lain, maka ia akan mendapat bonus mobil. Begitupun seterusnya, semakin banyak yang di rekrut semakin banyak pula bonus tak terduga.

Baca juga:  Kenali Hukum Bisnis Multi Level Marketing Sebelum Memulainya

4. Internet

Semakin berkembangnya teknologi, pemasaran lewat internet juga semakin populer dan ngetren. Sistem pemasaran ini biasanya beriklan di website, blog, dan media online yang lain.

Oleh karena itu, saat ini pasti kita sering melihat iklan berbagai produk yang dikemas menjadi banner menarik maupun ulasan artikel yang ditampilkan sebuah situs web.

5. Branding

Tujuan pemasaran ini adalah agar sebuah produk semakin dikenal di kalangan masyarakat. Branding bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti menjaga citra perusahaan, menjaga kualitas, pelayanan hingga icon sebuah brand.

Strategi branding dapat dilakukan dengan menawarkan kualitas tertinggi dengan harga kompetitif. 

Baca juga:  Promosi Gratis dan Promosi Berbayar, Mana yang Paling Menguntungkan?

Manfaat pemasaran

Beberapa manfaat dan fungsi pemasaran adalah:

1. Meningkatkan Pendapatan

Fungsi pemasaran yang pertama adalah meningkatkan pendapatan. Dengan strategi pemasaran yang menarik dan meningkatkan penjualan, otomatis pendapatan juga semakin meningkat.

2. Pengenalan Produk

Semakin banyaknya industri yang bersaing, maka produk yang dihasilkan juga bersaing ketat. Dengan strategi pengenalan produk sebuah industri bisa berlomba-lomba menonjolkan produk atau jasa yang dimiliki agar dapat lebih dikenal masyarakat secara luas.

Bukan hanya dikenal saja, tetapi memiliki kesan tersendiri di hati masyarakat dibanding produk lain.

3. Riset

Riset berguna untuk pemasar agar mengetahui informasi tepat mengenai pasar target sebuah produk. Beberapa hal dalam riset yang dapat diketahui seperti usia, jangkauan produk, gender, keinginan, dengan begitu produk dapat disesuaikan dengan target pasarnya.

Baca juga:  Contoh Strategi Pemasaran Produk Yang Harus Dicoba

4. Proses Penjualan

Dengan penjualan atau distribusi yang baik, akan membuat produk mudah disalurkan dari lokasi produksi ke pasar luas. Juga memastikan apakah produk mudah dijangkau oleh masyarakat. Dalam sistem pemasaran juga harus direncanakan segala sesuatu seperti transportasi, keuangan dalam proses penjualan.

5. Customer Service

Dalam hal jual beli, baik produk atau jasa. Layanan setelah penjualan sangat dibutuhkan. Pemasar harus membantu pelanggan setelah membeli suatu produk atau jasa. Misalnya seperti jasa pembelian website, pembeli mungkin akan merasa kesulitan saat pertama kali mengoptimasi sebuah website. Tugas sebuah Customer service pemasar adalah memastikan dan membantu agar pembeli bisa menggunakan website mereka hingga tidak ada kendala. 

Contoh lain yang lebih sederhana adalah ketika kita membeli laptop, tugas pemasar adalah memastikan pengguna bisa menggunakan laptop tanpa kendala. Serta sistem laptop berfungsi dengan baik.

Baca juga:  Strategi Pemasaran 4P Lengkap dengan Penerapan juga Contohnya

Kesimpulannya adalah pemasaran merupakan hal yang sangat penting dalam perusahaan, semakin baik pemasaran pada bisnis Anda, semakin cepat juga bisnis Anda akan berkembang.

Selain tentang sistem pemasaran, pembukuan juga salah satu komponen yang penting. Lebih baiknya jika proses manajemen pemasaran dibarengi dengan pembukuan yang teratur dan terstruktur rapi. Sehingga sistem keuangan yang bisa dipertanggungjawabkan.

Nah, sudah mengerti kan tentang pemasaran? Ayo, buatlah sistem semenarik mungkin dan jadikan bisnis Anda berkembang pesat.