Promosi-Gratis-dan-Promosi-Berbayar-Mana-yang-Paling-Menguntungkan

Promosi Gratis dan Promosi Berbayar, Mana yang Paling Menguntungkan?

Dalam bisnis, promosi gratis dan promosi berbayar tidak akan dapat dipisahkan. Iklan menjadi sarana untuk memperkenalkan produk bisnis seseorang. Wajar jika setiap hari Anda ada banyak sekali iklan yang ditawarkan.

Semua lini bisnis, baik rintisan atau yang sudah berjalan tetap membutuhkan iklan. Persaingan dalam dunia usaha membuat iklan juga lebih kreatif. Bahkan, sempat beberapa kali ada iklan yang viral.

Promosi sendiri dapat dikategorikan jadi 2, gratis dan berbayar. Namun, jenis iklan seperti apa yang paling menguntungkan? Berikut beberapa informasi yang perlu Anda pahami sebelum memutuskan untuk beriklan.

Baca juga:  Jualan Produk Digital Yang Paling Menguntungkan

Jangkauan Promosi Gratis dan Promosi Berbayar

Salah satu perbedaan antara kedua jenis iklan tersebut ada pada jangkauan. Iklan gratis umumnya hanya mampu menjangkau konsumen dalam batasan tertentu. Namun, tidak jarang jangkauannya juga sangat luas.

Iklan gratis umumnya mengandalkan strategi sosial media marketing. Cara ini dilakukan dengan memanfaatkan setiap fungsi sosial media. Beberapa cara diantaranya adalah menggunakan hashtag hingga mengadakan giveaway.

Sedangkan iklan berbayar umumnya memiliki jangkauan yang jauh lebih luas. Dengan membayar sejumlah uang, ada target dengan jaminan pasti berapa orang yang akan melihat iklan tersebut.

Selain itu, saat ini hampir semua sosial media memberikan layanan iklan berbayar. Instagram dan Facebook adalah 2 sosial media populer yang banyak dipakai. Keduanya memiliki jangkauan hingga ribuan akun.

1. Strategi yang Digunakan Berbeda-Beda

Baik promosi berbayar maupun gratis, semuanya memiliki strategi marketing yang berbeda-beda. Memilih strategi tepat jelas akan memberikan peluang untuk mendatangkan konsumen baru. Bahkan, bisa jadi produk Anda jadi lebih terkenal.

Iklan secara gratis sebanarnya membutuhkan strategi yang jauh lebih rumit. Social media marketing adalah strategi yang perlu dipahami. Terutama untuk membangun brand awareness supaya lebih banyak dikenal konsumen.

Sedangkan untuk promosi berbayar sebenarnya tidak terlalu membutuhkan strategi tersebut. Namun, Anda harus memilih sosial media mana yang harus Anda gunakan. Pilih salah satu saja dan kemudian maksimalkan promosi tersebut.

Baca juga:  Cara Bisnis Voucher Game Online Hanya Modal Android

2. Sama-Sama Membutuhkan Sebuah Riset

Promosi gratis dan promosi berbayar pada dasarnya membutuhkan sebuah riset. Dalam bisnis, riset memegang peranan penting untuk melihat sejauh mana peluang produk diterima oleh masyarakat.

Iklan gratis misalnya yang saat ini mengandalkan banyak sosial media. Memang, banyak sosial media memberikan peluang lebih besar. Namun, tidak semua sosial media memberikan potensi keuntungan besar.

Selain itu, iklan berbayar juga memiliki kasus yang sama. Meskipun ada jaminan jangkauan lebih luas, tapi hasilnya tidak selalu memuaskan. Terkadang, memilih platform berbayar menjadi kunci paling penting.

Dari pada menggunakan semua platform sosial media, lebih baik fokus pada satu atau dua platform saja. Maksimalkan kedua platform tersebut, baik dengan cara gratis ataupun melalui promosi berbayar.

Baca juga:  Contoh Email untuk Kepentingan Bisnis yang Terbaik

3. Sama-Sama Memiliki Banyak Kelebihan

Dulu, iklan berbayar hanya dapat dijumpai pada platform Google melalui paid search. Namun, saat ini paid ads lain seperti FB Ads, IG Ads, hingga Youtube Ads.

Kelebihan utama promosi berbayar adalah target konsumen. Metode ini mampu memberikan peluang untuk menargetkan calon konsumen. Misalnya, Anda ingin target konsumen adalah perempuan generasi muda usia 20-30 tahun.

Sedangkan promosi gratis memberikan kelebihan berupa fleksibilitas cukup tinggi. Melalui strategi marketing, Anda dapat menggunakan semua platform sosial media untuk beriklan. Ditambah Anda tidak perlu menambah biaya operasional.

Karena tidak perlu membayar, maka strateginya juga lebih variatif. Salah satu strategi yang sering dipakai adalah memberikan giveaway. Secara tidak langsung, giveaway akan membantu promosi produk Anda kepada orang lain.

Baca juga:  Cara Memperbanyak Followers Twitter Bagi Influencer Pemula

3. Sama-Sama Memiliki Kekurangan dari Sisi Target

Meskipun memiliki banyak kelebihan, faktanya promosi gratis dan promosi berbayar juga sama-sama memiliki kekurangan. Keduanya memiliki kekurangan, baik dari sisi target atau sisi yang lainnya.

Hadirnya berbagai agensi social media marketing membuat persaingan dalam dunia bisnis semakin ketat. Tidak ada konsumen pasti dalam menawarkan produk. Adanya hanya konsumen sementara yang bisa berpindah setiap saat.

Di sisi lain, ketika target tidak dapat tercapai, maka pasti akan mendapatkan kerugian. Iklan berbayar memang memberikan peluang jangkauan lebih luas. Namun, tidak selamanya iklan berbayar mampu mendatangkan konsumen baru.

Memilih strategi yang tepat memang sangat penting untuk beriklan. Melalui strategi yang tepat, maka Anda dapat memaksimalkan setiap peluang. Promosi gratis dan promosi berbayar pada akhirnya memberikan peluang keuntungan sama.

Baca juga:  Mengenal C2C, B2C, dan B2B Sebelum Terjun dalam Dunia Bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.