cara-menyembuhkan-sesak-nafas

Cara Menyembuhkan Sesak Nafas Tanpa Obat

Mungkin pada sebagian orang ada yg mengalami sesak nafas secara mendadak dan mulai berfikir bagaimana sih cara menyembuhkan sesak nafas. Dalam hal ini ada diantara mereka yang mengalaminya sesak nafas dalam jangka pendek, adapun juga dalam janka panjang.

Saat ini kita berada ditengah pandemi Covid-19 2020, dan sesak napas dikaitkan dengan gejala Covid-19. Adapun Gejala umum Covid-19 yang lainnya adalah batuk kering dan demam.

Banyak orang yang menganggap bahwa sesak nafas harus diobati dengan penanganan medis. Padahal sebenarnya banyak cara mengatasi gejala sesak nafas tanpa obat.

Sesak napas merupakan keadaan ketika seseorang mengalami ganguan bernapas. Nafas seseorang akan terasa sulit ketika mengalami sesak nafas. Dalam bahasa kedokteran, kondisi seperrti ini sering dikenal sebagai dyspnea.

Adapun Penyebab sesak nafas yang paling sering dijumpai yaitu yang berhubungan dengan jantung dan paru seperti asma, penyakit gagal jantung, dan penyakit arteri koroner.

Penyebab Sesak Nafas

Saat sesorang mengetahui penyebab terjadinya sesak nafas dan tidak merupakan kondisi darurat, mereka dapat mencoba menanganinya dengan Cara Menyembuhkan Sesak Nafas dirumah. Selain disebabkan dari sistem pernapasan dan sirkulasi darah yang tidak mampu mengedarkan oksigen yang cukup untuk tubuh manusia. Sesak nafas juga merupakan ciri ciri gangguan psikis seseoran

Baca juga:  Termudah : 5 Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami

Berikut ini beberapa penyebab sesak napas:

1. Ganguang Paru Paru

Sesak napas yang disebabkan dari ganguan paru-paru bisa terjadi ketika saluran udara terhambat, dan dalam keadaan seperti ini bisa terjadi sesak nafas dalam jangka panjang ataupun pendek.

2. Gangguan Pada Jantung

Ketika jantung tidak mampu untuk memompa darah dengan baik maka seseoran akan mengalami sesak nafas. Dan ganguan jantung yang menyebabkan sesak nafas diantaranya dalah penyakit jantung koroner, aritma, dan perikarditis.

3. Gangguan Psikis

Sebagian orang yang mengalami ketegangan atau mengalami stres dapat menyebabkan sesak nafas. Misalnya kecemasan yang berlebih. Jika disebabkan oleh gangguan psikis Cara Menyembuhkan Sesak Nafas dapat dengan cara bernafas lewat mulut dan menenangkan fikiran agar merasa lebih rileks.

4. Faktor Resiko Sesak Nafas

Ada beberapa faktor resiko terjadinya sesak nafas seperti seseorang yang memliki berat badan yang tidak normal (terlalu besar ataupun terlalu kecil), seorang perokok, menderita anemia, yang sering terpapar polusi.

Cara Mengatasi Sesak Nafas Secara Alami

Ada beberapa Cara Menyembuhkan Sesak Nafas Secara Alami dirumah. Berikut langkah langkah yang dapat dilakukan yang dapat membantu pernaasan menjadi rileks.

1. Bernapas Melalui Mulut

Melakukan pernafasan lewat mulut menjadi cara sederhana untuk mengatasi sesak nafas. Dengan cara ini nafas menjadi lebih dalam. Dan dengan cara ini anda tidak perlu menggunakan obat.

Baca juga:  Syarat Sebelum Swab Antigen yang Wajib Kamu Ketahui

Langkah ini dapat dilakukan dengan cara duduk dan merileks kan tubuh, lalu tarik nafas melalui hidung, dan dikeluarkan melalui mulut. Ulangi hingga nafas berangasur membaik.

2. Bernapas Dalam-Dalam

Bernafas melalui perut secara dalam dalam dapat mengatasi sesak nafas. Tariklah naas secara mendalam dari hidung dan tarik perut, tahan nafas beberapa detik, kemudian keluarkan melalui mulut. Lakukan hingga 10 menit

3. Melakukan Posisi Tertentu

Ada beberapa Cara Menyembuhkan Sesak Nafas Di Dada yaitu dengan mengatur pernapasan dalam posisi duduk, berdiri maupun berbaring.

Cara ini sangat efektif untuk mengatasi Sesak nafas yang disebabkan oleh aktifitas berlebih dan kegundahan hati, dengan melakukan pernafasan menggunakan posisi yang benar maka seseorang tidak perlu mengonsumsi obat.

Yaitu dengan berdiri bersandar tembok, punggung dan pinggang menempel pada tembok. Jika dilakukan dengan berbaring dapat melakukan dengan cara kepala dan dengkul ditopang oleh bantal.

4. Mengonsumsi Jahe Segar

Jahe yang segar yang dicampur air hangat dapat menjadi alternatif pengobatan alami sesak nafas. Jahe dapat mengatasi virus yang di sebabkan infeksi saluran nafas. Begitupun dengan Cara Menyembuhkan Sesak Nafas Pada Anak dapat juga dengan mengonsumsi minuman jahe hangat. Selain itu jahe juga aman untuk anak anak, jadi apabilak anak mengalami sesak nafas, cobalah dengan memberikan minum air jahe.

5. Menggunakan Kipas Angin

Menunakan kipas angin yang diarahkan ke hidung dapat meredakan sesak nafas. Ini cara efektif mengatasi sesak nafas tanpa mengonsumsi obat.

Baca juga:  Tips Isolasi Mandiri yang Bisa Kamu Terapkan Di Rumah

6. Meminum Kopi Hitam

Kandungan kafein dalam kopi dapat mengurangi kelelahan otot saluran nafas. Denan begitu dapat memudahkan anda menghirup udara. Tetapi jangan terlalu banyak mengkonsumi kopi hitam, konsumsilah sesuai kebutuhan.

7. Mengontrol Batuk

Mengontrol batuk dapat melancarkan fungsi pernafasan. Yaitu dengan cara posisi duduk dan batuk 2-3 kali dengan mulut yang terbuka.

8. Menghirup Uap

Menghirup uap dapat mengurangi sesak nafas. Karena menghirup uap membantu menjaga kebersihan saluran hidung. Caranya yaitu dengan menyiapkan air panas kedalam baskom lalu isi dengan esensial peppermint atau minyak kayu putih. Hidup uap dalam dalam dengan menutup kepala dengan handuk

9. Cari Udara Bersih

Udara bersih dapat membantu meredakan sesak nafas, apabila anda berada pada linkungan yang penuh debu dan polusi, segeralah pergi dan cari udara yang bersih. Karena polusi dan debu kotor dapat menyumbat saluran pernafasan.

10. Melakukan Pola hidup sehat

Lakukanlah pola hidup sehat. Yaitu dengan cara berhenti merokok, rutin berolah raga, latihan pernafasan, menurunkan berat badan dan hindari polusi udara.

Apabila dengan Cara Menyembuhkan Sesak Nafas secara alami tidak berangsur membaik, atau sesak nafas makin parah disertai dada yang nyeri, maka bergegaslah pergi ke dokter dan periksakan diri anda.

Dengan begitu dokter dapat mengambil tindakan yang tepat. Dengan menceritakan penyebab sesak nafas, maka dokter akan lebih mudah untuk memberikan penanganan kepada anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.