5-manfaat-rutin-minum-kopi

5 Manfaat Rutin Minum Kopi Hitam

Dengan meminum segelas kopi untuk mengawali hari memang terasa nikmat. Lebih dari itu, kopi ternyata bisa memberikan beberapa manfaat kesehatan. Tetapi tidak semua kopi bagus untuk kesehatan.

Meminum kopi yang menggunakan banyak gula ternyata malah bisa memberikan risiko berbagai penyakit contohnya diabetes tipe 2. Sebaliknya, dengan minum kopi hitam tanpa campuran gula akan mendatangkan 5 manfaat untuk kesehatan yang telah kami rangkum sebagai berikut,

Baca juga:  Cara Membuat Masker Kopi Sesuai dengan Kebutuhan

1. Meningkatkan kebahagiaan

Dengan meminum kopi hitam dapat meningkatkan kadar dopamin pada otak. Dopamin biasa disebut juga dengan “bahan kimia kesenangan”.

Meminum segelas kopi hitam disaat suasana hati sedang sedih dapat mengubah keadaan hati secara instan. Mengapa? karena kopi hitam memberikan rangsangan terhadap sistem saraf pusat dan memberikan peningkatan produksi zat neurotransmiter penting yang meningkatkan suasana hati.

Baca juga:  Cara Membuat Masker Kopi Sesuai dengan Kebutuhan

2. Menurunkan risiko diabetes, penyakit jantung, dan kanker

Tidak seperti kopi kekinian yang sedang banyak diganrungi para remaja seperti krim latte dan cappucino, justri ternyata kopi hitam dapat menurunkan risiko terjangkit penyakit diabetes hingga 7%.

Mengonsumsi kopi hitam untuk mengawali hari, dikatakan juga dapat menurunkan resiko terkena penyakit diabetes tipe 2 sebesar 28%.

Beberapa laporan medis menyatakan bahwa meminum kopi hitam dapat meningkatkan produksi insulin yang dapat membantu pengendalian penyakit.

Beberapa hasil penelitian mengklaim bahwa mengonsumsi kopi hitam dengan teratur (satu atau dua cangkir per hari) bisa mengurangi risiko penyakit jantung.

Ternyata kopi juga kaya akan antioksidan yang dapat mencegah beberapa jenis kanker, contohnya kanker prostat, mulut, hati atau kolorektal.

Baca juga:  Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Tubuh pada Masa Pubertas?

3. Meningkatkan Energi

Mengonsumsi kopi hitam bisa memberikan performa fisik yang lebih baik. Kopi menambah tingkat epinefrin (adrenalin) yang ada di dalam darah yang dapat membantu tubuh manusia untuk menangani aktivitas fisik.

Dengan minum kopi hitam, seorang dapat buang lemak badan yang disimpan. Disamping itu, kopi hitam melepas sel lemak ke saluran darah berbentuk asam lemak bebas.

Asam lemak bebas dipakai oleh badan sebagai bahan bakar badan untuk beraktivitas fisik yang berat. Oleh karena itu, kopi hitam dikatakan sebagai minuman terbaik saat sebelum olahraga.

4. Tingkatkan Kesehatan Psikis

Minum kopi hitam tiap hari tidak cuma meningnatkan energi, tetapi juga membuat perlindungan otak dari masalah kognitif seperti Alzheimer, Parkinson, dan demensia.

Menurut Lifehack.com, cafein tinggalkan dampak positif pada neurotransmiter otak hingga tingkatkan ingatan.

Study memperlihatkan, konsumsi kopi hitam dengan teratur kurangi resiko peningkatan Alzheimer sampai 65 %.

Kopi disebutkan bisa tingkatkan kandungan dopamin di otak hingga kurangi resiko peningkatan penyakit Parkinson sampai 32-60%.

Secara singkat, konsumsi kopi hitam seperti yang dianjurkan bisa membuat seorang lebih pandai karena stimulasi psikoaktif.

5. Menjaga Kebersihan Sistem Pencernaan

Kopi sebagai minuman diuretik yang maknanya memacu seorang buang air kecil seringkali.

Menurut WebMD, ini bisa menolong keluarkan toksin dari mekanisme badan. Minum kopi hitam tanpa gula bisa menolong badan keluarkan racun beresiko dengan alami.

Disamping itu, terdapat bukti yang mendapati peminum kopi hitam jarang jatuh sakit dibanding dengan peminum non kopi hitam.