cara-mengobati-mata-minus

Super Mudah: Ini Cara Mengobati Mata Minus dan Terapi Kacamatanya

Mempunyai keluhan pada mata memang tidak enak. Meskipun hanya sekedar mata merah akibat iritasi. Apalagi Anda menderita mata minus, pastinya penglihatan akan sangat terganggu. Beruntungnya Anda membuka artikel ini, karena dalam artikel ini akan membahas mengenai cara mengobati mata minus dan tips yang baik untuk mengobatinya.

Cara Mengobati Mata Minus dan Tips Memilih Lensa Kacamata Minus

Mata minus atau myopia merupakan sebuah gejala kesulitan melihat sebuah objek pada mata seseorang. Keluhan ini terjadi akibat terjadinya kesalahan refraksi mata yang mengakibatkan objek tersebut tidak terlihat jelas pada jarak yang cukup jauh. Untuk melakukan pencegahan, Anda bisa mengikuti cara mengobati mata minus berikut ini:

1. Konsumsi Makanan yang Memiliki Kandungan Vitamin & Tinggi Serat

Vitamin Q jelas sangat baik dikonsumsi untuk menunjang kesehatan mata. Sebab vitamin A akan meregenerasi dan menutrisi jaringan mata dengan sempurna. Sehingga mata tampak kembali cerah dan sehat. Vitamin A bisa didapatkan melalui wortel, ubi jalar, minyak hati ikan kod, tomat, minyak hati ikan kod & hati sapi.

Disamping Vitamin A yang memiliki fungsi baik untuk nutrisi mata, adapun beberapa vitamin lain yang menunjang kesehatan mata. Menurut Harvard Health Publishing, ada 6 jenis nutrisi baik bagi kesehatan mata. Diantaranya yaitu Lutein, vitamin A, C, E, omega 3, dan Zinc.

Baca juga:  Mengenal Prusolusi Sehat Lebih Jauh!

Salah satu Cara mengatasi mata minus yaitu dengan mengkonsumsi ikan sarden, kaviar. Sayuran seperti wortel, bayam, jagung juga baik untuk kesehatan. Minyak biji gandum, kacang almond, pepaya melon dan mangga juga baik untuk menutrisi mata. 

2. Melakukan Relaksasi Mata

Melakukan relaksasi mata termasuk ke dalam cara mengobati mata minus. Anda bisa coba lakukan kegiatan menggosok telapak tangan, lalu kemudian meletakkannya pada mata secara langsung pada mata agar mata terasa rileks. 

3. Tidak Terlalu Lama Melihat Layar

Dengan melihat layar terlalu lama, keluhan mata miopi akan sangat mudah terasa. Sebagai cara mengobati mata minus adalah dengan memberikan waktu istirahat yang cukup untuk mata Anda. 

Anda dapat memakai aturan 20-20-20, sebagai cara mengobati mata minus. Langkah yang harus dilakukan yaitu dengan mengalihkan pandangan pada suatu objek yang berjarak 20 kaki (6 meter). Lakukan kegiatan ini kurang lebih selama 20 detik serta ulangi setiap 20 menit sekali.

4. Melakukan Kegiatan Senam Mata

Melakukan kegiatan senam mata merupakan salah satu obat mata minus tradisional, sebab dapat dilakukan tanpa bantuan apapun. Cara yang dapat dilakukan ketika sedang senam manat yaitu sebagai berikut:

  • Carilah tempat duduk nyaman agar kegiatan senam bwrjalan lancar dan tenang.
  • Kedipkan mata 10 kali dalam hitungan waktu tercepat, boleh dalam hitungan detik. 
  • Setelah itu, tutuplah mata kurang lebih 20 detik, sehingga mata terasa lebih tenang. 
  • Terakhir hanyalah dengan mengulangi kegiatan di atas sebanyak 5 hingga 10 kali ketika mata mulai terasa lelah.
Baca juga:  Gaji 2 Juta Ingin Punya Rumah? Ini Tipsnya!

5. Memeriksakan Kesehatan Mata Secara Berkala

Konsultasi kepada dokter merupakan hal terbaik yang sangat disarankan. Sebab dengan melakukan pengecekan secara bertahap akan membantu Anda memahami keluhan mata saat ini. Diagnosis dan tindakan medis tentunya akan membantu memberikan cara mengobati mata minus. 

6. Terapi Mentimun di Daerah Mata

Dr. Murad menyebutkan bahwa mentimun mempunyai kemampuan menyegarkan untuk relaksasi. Kandungan buah mentimun mempunyai 95% air. Sedangkan, bagi kesehatan mata mentimun akan menenangkan mata karena relaksasi sejuk yang diberikan. 

Mentimun sebagai obat mata minus tradisional lainnya yang dapat memberikan efek rileks pada mata. Kegiatan ini dapat dilakukan dengan menempelkan potongan mentimun langsung di area sekitar mata. 

7. Istirahat Cukup

Istirahat yang cukup tidak hanya baik sebagai cara mengobati mata minus. Melainkan salah satu cara agar tubuh tetap sehat.Sebab, apabila seseorang mengalami kekurangan waktu tidur akan memberikan efek negatif untuk kesehatan begitu juga dengan mata. 

Oleh karena itu, cukupi waktu tidur 8 jam dalam sehari, tidak memaksakan melihat layar dalam waktu yang lama adaah cara mengobati mata minus. 

Cara Terapi Kaca Mata

Selain itu, saran tim medis tentunya memberikan cara mengobati mata minus dengan memberikan terapi melalui kacamata minus. Berikut adalah tips memilih lensa kacamata minus:

1. Myovision lens

Jenis lensa kaca mata ini diformulasikan khusus untuk mengatasi keluhan mata minus pada anak-anak. Sebab lensa ini mampu mengatasi 30% gejala minus pada anak-anak di Asia yang berusia mulai dari 6 hingga 12 tahun.

Baca juga:  Cara Menyembuhkan Tidak Bisa Mencium Bau Secara Alami

Apabila anak Anda mengalami keluhan mata minus, pilih tips memilih lensa kacamata minus ini sekarang juga. Dengan mencegah terjadinya penambahan keluhan mata minus sedari dini itu sangat baik.

2. Drivesafe lens

Sama seperti namanya, lensa ini cocok digunakan oleh pengemudi yang sering mengalami keluhan mata silau akibat lampu kendaraan lain. Apalagi ketika mengendarai kendaraan ketika cuaca tidak mendukung. 

Apalagi ketika hujan tiba, keadaan jalan tampak suram hingga kabut menyelimuti bagian kaca yang menyebabkanata tidak melihat dengan jelas. Daripada mencari bahaya, sebaiknya gunakan kacamata drivesafe agar perjalanan menyetir Anda tetap aman terkendali. 

3. Office lens

Jenis lensa ini sangat cocok digunakan oleh karyawan kantoran yang sering menatap layar monitor. Sebab lensa ini diformulasikan khusus sebagai cara mengobati mata minus dengan menggunakannya didalam ruangan. 

4. Digital lens

Lensa digital sangat cocok digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Sebab tren saat ini adalah selalu menggenggam sebuah smartphone. Layar smartphone sangat memberikan efek tidak baik pada mata, sebab layar tersebut seakan memaksa mata mengubah jarak dalam waktu yang singkat. 

Perubahan jarak dekat ke jauh dalam waktu yang singkat akan membuat mata lelah. Hal ini dapat menimbulkan keluhan mata minus. Untuk mencegah terjadinya mata minus, cobalah dengan cara mengobati mata minus menggunakan kacamata dengan digital lens. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.