cara-mengatasi-hidung-tersumbat

Cara Mengobati Hidung Tersumbat Secara Cepat dan Alamai

Seseorang yang mengalami hidung tersumbat akan merasa kesulitan untuk bernapas, hidung tersumbat sangat tidak nyaman dan bahkan dapat membuat kepala menjadi pusing. Selain itu hidung tersumbat membuat suara seseorang menjadi sangat aneh, berbeda dengan suara ketika orang tersebut dalam keadaan normal. Hal ini akan membuat penderitanya terganggu dalam aktivitas sehari-hari. Cara Mengobati Hidung Tersumbat tidak harus menggunakan obat obatan, selain itu obat obatan dapat memberikan efek samping. 

Banyak orang yang menganggap hidung tersumbat merupakan penyakit yang ringan dan sepele.Sebagian orang akan menggunakan obat obatan warung untuk mengatasinya. Padahal masih banyak Tips Mengatasi Hidung Tersumbat yang dapat kita lakukan dirumah. Tanpa harus mengonsumsi obat obatan.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Secara Alami

Ada beberapa penyebab hidung tersumbat, salah satunya yaitu karena mengirup polusi atau asap rokok, sehingga dapat menyebabkan iritasi. Tersumbatnya hidung bukan hanya karena hidung terpenuhi oleh ingus, tetapi ada kalanya hidung mengalami peradangan pada sinus. Dibawah ini ada beberapa Cara Mengobati Hidung Tersumbat secara alami dan mudah yang bisa dilakukan dirumah.

Baca juga:  Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Tubuh pada Masa Pubertas?

1. Mandi Air Hangat

Mandi dengan menggunakan air hangat terbukti dapat mengatasi hidung tersumbat. Lendir ingus akan segera encer dan mengurangi sinus yang meradang. Meskipun dengan cara ini tidak menyembuhkan hidung tersumbat secara keseluruhan.

Tetapi dengan mandi air hangat akan membuat penderitanya lebih segar dan nyaman selama beberapa saat. Selain itu bisa juga dengan mengompres kepala dengan handuk yang sudah dicelupkan di air hangat.

2. Cukupi Asupan Cairan

Dengan mencukupi asupan cairan kita dapat mengatasi hidung yang tersumbat. Cairan yang dapat mencukupi asupan nutrisi yaitu air putih, jus,dan bahkan minuman isotonik. Lendir ingus akan mudah encer apabila kita memperbanyak minum. Apalagi jika air yang kita minum air hangat, maka akan semakin mempercepat masa penyembuhan.

3. Kompres Hidung Dengan Air Hangat

Selanjutnya salah satu Cara Mengobati Hidung Tersumbat yaitu dengan mengompres hidung dengan menggunakan air hangat. Caranya yaitu dengan membasahi handuk dengan air hangat, lalu kompreskan pada bagian hidung dan wajah. Hal ini dapat melegakan hidung yang tersumbat dan menghilangkan rasa nyeri yang diakibatkan oleh sinusitis.

4. Pijat Hidung Dan Pipi

Memijat hidung dan pipi dapat mengatasi hidung tersumbat, meijatnya bisa dibarengkan dengan saat kita mengompres hidung dan wajah. Gunakan lah jari telunjuk saat memijat area tersebut, lakukan hingga hidung merasa lebih lega.

5. Semprot Hidung Dengan Air Garam

Menyemprot hidung dengan menggunakan air garam dapat meredakan hidung yang tersumbat, masukan larutan air garam kedalam botol spray. Larutan garam ini dapat membuat saluran napas menjadi lembab dan bisa membantu untuk mengencerkan lendir.

Baca juga:  7 Cara Menyembuhkan Bisul Dengan Bahan Alami : Super Mudah

6. Gunakan Humidifier 

Humidifir merupakan alat yang telah di isi air dan esensial pepermint sehinga dapat mengeluarkan uap yang dapat meningkatkan kelembapan pada ruangan. Dengan kita menghirup uap yang keluar dari alat Humidifir kita akan merasa lebih tenang dan rileks karena jaringan yang teriritasi akan lebih lembab.

Bahkan lendir yang ada pada sinur juga akan berangsur encer. Hal ini dapat membantu kita untuk mengeluarkan semua cairan lendir dan akan mengembalikan sistem pernafasan kita kembali normal.

7. Hirup Uap Rebusan Air

Selanjutnya anda dapat menggunakan rebusan air sebagai alternatif untuk melegakan hidung tersumbat. Yaitu dengan cara menghirup uap yang ada pada air rebusan tersebut, dengan cara menambahkan minyak kayu putih atau pun pepermint kedalam air rebusan. Lakukan secara rutin agar lendir yang ada didalam hidung segera mengencer.

8. Konsumsi Makanan Hangat

Banyak orang yang tidak sadar bahwa dengan memakan makanan hangat bisa melegakan hidung yang tersumbat. Uap yang keluar dari makanan tersebut bisa membuat saluran pernapasan menjadi lega.

9. Berkumur Dengan Air Garam

Cara Mengobati Hidung Tersumbat Secara Alami dapat juga dengan Berkumur dengan larutan air garam. Cara ini dapat juga mengatasi tenggorokan yang sakit, karena larutan air garam dapat mengeluarkan lendir kental yang ada pada belakang tenggorokan.

Baca juga:  Super Mudah: Ini Cara Mengobati Mata Minus dan Terapi Kacamatanya

10. Teh Herbal

Selain garam yang begitu banyak manfaat dan banyak cara pengaplikasiannya, teh herbal juga dapat dibagai sebagai alternatif untuk membantu mengatasi hidung tersumbat. Teh herbal ini dapat juga meningkatkan imunitas tubuh sehingga mampu melegakan saluran pernapasan.

11. Jahe

Jahe merupakan Obat Hidung Tersumbat paling ampuh yang dapat kita manfaatkan untuk menghilangkan hidung tersumbat. Sensasi hangat dan sedikit pedas dapat membuat hidung terasa lega.

Jahe dapat dikonsumsi dengan menambahkan madu ataupun lemon, dapat juga dengan menjadikannya wedang jahe. Dengan menambahkan madu dan lemon, jahe akan berasa tidak terlalu pedas dan rasa jahe pun akan lebih nikmat.

Cara proses nya yaitu dengan memarut jahe segar ataupun mememarkan jahe, tambahkan air hangat kemudian saring, Lalu tambahkan 1 sendok madu dan 1 sendok air lemon. Untuk hasil yang lebih baik lagi kita dapat menggunakan jahe merah sebagai bahan dasarnya.

12. Gunakan Minyak Kayu Putih 

Minyak kayu putih ini sangat banyak sekali manfaatnya, dengan cara menghirup aroma minyak kayu putih, peradangan yang ada didalam hidung akan berangsur membaik. Cara menggunakan Minyak kayu putih sebagai pereda hidung tersebut yaitu dengan cara meneteskan minyak kayu putih pada air mendidih.

Dengan begitu uap nya dapat kita hirup hingga hidung kita merasa lebih lega. Cara lain yaitu dengan mengoleskan minyak kayu putih pada hidung, dengan begitu peradangan yang ada didalam hidung akan membaik. 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.