cara-menghilangkan-kutu-rambut

Termudah : 5 Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami

Kutu rambut, apa yang terlintas dalam pikiran ketika mendengar jenis parasit yang satu ini. Selain membuat jijik kutu rambut juga membuat kulit kepala terasa gatal, Bila terlanjur ada di kepala ada cara menghilangkan kutu rambut dengan mudah.

Meskipun ukurannya hanya sebesar biji wijen namun keberadaan kutu rambut di kulit kepala sangat mengganggu. Selain membuat gatal juga bisa membuat kulit kepala terluka. Bukan hanya itu kutu rambut juga bisa berpindah ke orang terdekat.

Mengenal Kutu Rambut

Sebelum lebih lanjut membahas mengenai cara menghilangkan kutu rambut ada baiknya sekilas mengenal tentang kutu rambut. Lalu sebenarnya apa yang disebut dengan kutu rambut ?

Kutu rambut ini adalah sejenis parasit yang hidupnya berada di kulit kepala. Keberadaan kutu rambut ini akan membuat gatal dan terkadang bisa menyebabkan kulit kepala menjadi luka yang dalam bahasa medis disebut pediculosis capitis.

Penyebab kutu rambut ini biasanya berasal dari kontak dengan orang lain yang memiliki kutu rambut. Meski ukurannya kecil, jika kutu rambut dibiarkan bersarang di kulit kepala maka akan berkembang biak dengan cepat di kulit kepala.

Tanda Tanda Adanya Kutu Rambut Di Kulit Kepala

Sebenarnya bila seseorang memiliki kutu rambut di kulit kepala, gejala atau tanda tandanya sangat mudah dikenali. Gejala yang umum dan sangat mudah dikenali adalah adanya rasa gatal yang teramat sangat di kulit kepala.

Baca juga:  Apa Insured Asuransi? Berikut Adalah Penjelasanya

Bagi seseorang yang baru dihinggapi kutu rambut rasa gatal ini baru akan terasa sekitar 4 sampai 6 Mingguan. Meskipun rasa gatalnya sampai tidak bisa tahan namun sulit untuk bisa menemukan kutu rambut di kulit kepala.

Tanda tanda lainnya dapat juga dikenali dari adanya telur kutu yang menempel pada setiap helai rambut. Biasanya telur kutu ini berwarna kuning kecoklatan yang susah untuk dihilangkan.

Bahaya Kutu Rambut Di kepala

Seseorang yang dihinggapi kutu rambut di kulit kepalanya, selain mengalami rasa gatal yang tidak bisa ditahan juga bisa mengalami iritasi kulit. Hal ini terjadi akibat rasa gatal yang berlebihan kemudian digaruk maka akan menimbulkan iritasi kulit.

Bila terlalu sering menggaruk kulit kepala lama kelamaan akan menimbulkan infeksi yang disebabkan adanya bakteri.  Inilah salah satu bahaya kutu rambut  karena bisa menjadi koreng bahkan sampai bengkak dan mengeluarkan getah bening.

Bila sampai mengalami kondisi yang demikian segeralah menghubungi dokter. Agar mendapat pertolongan dan perawatan secara medis, namun bila kondisinya belum begitu parah bisa menggunakan obat penghilang kutu rambut.

Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami

Sebenarnya ada banyak cara yang terbukti ampuh untuk menghilangkan kutu rambut secara alami.  Cara ini sangat mudah dilakukan hanya dengan menggunakan bahan bahan alami yang sangat sederhana.

Baca juga:  Cara Menyembuhkan Tidak Bisa Mencium Bau Secara Alami

1. Menggunakan Mayones

Cara menghilangkan kutu rambut yang pertama menggunakan mayones. Salah satu jenis saus yang lezat untuk pelengkap salad ini, juga merupakan salah satu bahan alami dapat menghilangkan kutu rambut.

Cara penggunaannya juga sangat mudah tinggal ambil mayones secukupnya. Kemudian oleskan ke seluruh kulit kepala. Kemudian tutuplah dengan handuk kecil dan biarkan selama 6 menit kemudian langsung bilas.

2. Garam Yang Dicampur Dengan Cuka

Cara menghilangkan kutu rambut yang kedua adalah dengan menggunakan garam yang dicampur dengan cuka. Untuk cara penggunaannya juga sangat mudah tinggal mencampurkan garam 3 sendok garam dam 3 sendok cuka.

Oleskan ke seluruh permukaan kulit kepala hingga rata dan menjadi basah. Kemudian tutuplah dengan handuk kecil dan tunggulah sampai 2 jam. Setelah itu langsung bilas hingga bersih.

3. Campuran Bawang Merah dan Minyak Kemiri

Cara menghilangkan kutu rambut yang berikutnya adalah dengan menggunakan bawang merah yang dicampurkan dengan minyak kemiri. Cara membuat ramuan yang satu ini sangatlah mudah.

Tinggal tumbuk beberapa butir bawang merah dan campur dengan minyak kemiri, kemudian oleskan ke seluruh kulit kepala dan tutup dengan handuk biarkan selama 10 menit. Setelah itu langsung bilas.

4. Ramuan Bawang Putih dan Jeruk Nipis

Cara menghilangkan kutu rambut yang selanjutnya adalah dengan mencampurkan tumbukan 10 butir bawang putih hingga halus yang dicampur dengan perasan jeruk nipis.

Setelah kedua bahan tersebut tercampur rata kemudian oleskan ke seluruh permukaan kulit kepala. Tutuplah dengan handuk kecil dan biarkan selama 30 menit kemudian langsung bilas.

Baca juga:  6 Cara Mengobati Gatal-Gatal Pada Kemaluan

5. Menggunakan Minyak Kayu 

Cara menghilangkan kutu rambut lainnya adalah dengan campuran minyak kayu putih yang dicampurkan dengan perasan jeruk nipis. Setelah kedua bahan ini tercampur secara merata maka langsung oleskan ke seluruh permukaan kulit.

Kemudian langsung tutup kepala dengan handuk kecil dan biarkan meresap ke seluruh permukaan kulit selama kurang lebih 2 jam. Setelah itu bisa langsung di bilas sampai bersih.

Selain menggunakan bahan bahan bahan alami tersebut bisa juga menghilangkan kutu rambut dengan menggunakan shampo khusu untuk membasmi kutu rambut. Biasanya shampo ini banyak dijual bebas di pasaran atau di supermarket.

Cara menghilangkan kutu rambut dengan shampo khusus ini dapat dilakukan sendiri di rumah dengan cara yang sangat mudah. Berikut ini beberapa langkah langkah yang yang dapat dilakukan yaitu sebagai berikut.

  •   Kondisi rambut harus dalam keadaan belum dikeramas
  •   Gunakan pakaian khusus agar tidak kotor
  •   Pakailah shampo untuk kutu sesuai dengan petunjuk pada kemasan sampai rata
  •   Biarkan selama kurang lebih 10 menit
  •   Kemudian langsung bilas hingga bersih dan keringkan rambut
  •   Sehari kemudian gunakan sisir kerep atau serit untuk membuang kutu yang mati

Selain menggunakan beberapa di atas, sebaiknya jangan gunakan barang barang pribadi seperti sisir atau lainnya dengan orang lain karena bisa saja kutu rambut berpindah.

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.