Cara Memasarkan Produk Makanan Online

Mudah Dipraktekkan! Inilah Cara Memasarkan Produk Makanan Online Untuk Pemula

Bisnis kuliner sepertinya tidak akan ada habisnya, bahkan sepertinya tidak akan pernah mati. Justru saat ini banyak inovasi makanan yang sangat menarik, untuk itu perlu dibarengi dengan cara memasarkan produk makanan online yang tepat. 

Nah, bagi para pemula cara promosi makanan di WhatsApp menjadi salah satu yang paling mudah. Minimal teman-teman yang ada di WhatsApp bisa tertarik untuk membeli makanan yang Anda produksi.

Artikel ini juga akan memberikan ulasan ringan terutama untuk Anda para pemula yang berbisnis produk makanan. 

Cara Memasarkan Produk Makanan Online Yang Sederhana

Meskipun cara memasarkan produk makanan online berikut ini sangat sederhana, tapi setidaknya bisa membuat produk Anda semakin laris. Bahkan cara di bawah ini mudah untuk dilakukan sekalipun oleh para pemula yang mulai berbisnis makanan online. 

Baca juga:  Usaha Online di Masa Pandemi, Auto Cuan Setiap Hari

2. Siapkan konten yang menarik

Sebelum melakukan cara promosi makanan di wa atau ig, sebaiknya siapkan terlebih dahulu konten yang menarik. Dalam hal ini produk makanan Anda difoto dengan sebagus mungkin tanpa ada rekayasa.

Maksud rekayasa di sana adalah jangan sampai foto makanannya hasil copas dari google atau milik orang lain. Pastikan foto terlihat jelas sesuai makanan yang Anda tawarkan, misalnya paket ayam geprek terdiri dari apa saja. 

Agar menghasilkan foto atau gambar yang menarik, Anda bisa melihat beberapa referensi di internet atau meminta bantuan fotografer makanan. Dengan begitu Anda bisa memiliki foto produk yang menarik untuk ditawarkan ke orang-orang. 

2. Menggunakan media sosial

Rasanya sangat disayangkan jika Anda berbisnis tapi tidak memanfaatkan media sosial. Apalagi cara memasarkan produk makanan online ini sudah pasti membutuhkan keberadaan media sosial. 

Saat ini, hampir setiap orang memiliki akun media sosial, baik WhatsApp, Facebook, Instagram dan twitter. Khusus untuk WhatsApp, banyak orang yang mempromosikan berbagai produknya melalui status. 

Strategi pemasaran produk makanan bisa dimaksimalkan melalui penggunaan media sosial. Caranya juga beragam, Anda bisa mengoptimalkan Instagram untuk mengunggah foto produk makanan dengan menarik. 

Kemudian menggunakan insta story untuk berbagai testimoni dari pelanggan yang sudah order makanan Anda. Semakin banyak followers aktif, maka cara promosi makanan di Instagram bisa menghasilkan orderan yang banyak juga. 

Salah satu kunci promosi di media sosial adalah dengan rutin mengunggah berbagai konten menarik dari produk makanan Anda. 

3. Daftarkan sebagai mitra ojol

Keberadaan transportasi online atau ojek online juga sangat menguntungkan bagi para pelaku bisnis makanan. Layanan berupa go-food atau grab food sudah terkenal di berbagai kalangan sehingga memudahkan pemasaran. 

Cara memasarkan produk makanan online melalui ojol juga memungkinkan jangkauan pembelinya bisa dari berbagai sudut kota sehingga lebih luas. Pastikan Anda ikut mengoptimalkan keberadaan ojol dengan bergabung sebagai mitra merchant food-nya. 

Tak sedikit para pelaku bisnis kuliner yang sudah meraup untung sebagai mitra merchant food ojol. Apakah Anda tertarik untuk segera mendaftarkannya?

Baca juga:  Teknik Jualan di Instagram yang Harus Kamu Kuasai Agar Produk Laku Keras

4. Buatkan promo harga khusus

Jika produk makanan Anda baru launching, Anda bisa mengadakan promo khusus misalnya berupa potongan harga atau hadiah lain. Misalnya pembelian 10 produk makanan, berhadiah gantungan kunci atau apapun yang menarik. 

Promo harga khusus ini bisa Anda terapkan sebagai materi konten untuk cara promosi makanan di ig. Bisa juga menggunakan promo give away itung-itung perkenalan produk, misalnya gratis makan di tempat atau mendapat potongan harga.

Membangun Brand awareness dari poduk yang Anda miliki sangat penting sejak awal peluncurannya. Oleh karena itu selalu mulai dengan berbagai hal yang positif agar orang-orang mengenal produk Anda untuk waktu yang lama. 

Selanjutnya Anda bisa mengadakan promosi untuk waktu-waktu tertentu seperti di hari Jum’at, weekend, hari libur atau hari-hari yang dianggap penting. Untuk mendapatkan pelanggan, promo harga masih menjadi cara yang cukup ampuh. 

5. Endorsement

Apakah perlu melakukan endorse dengan menggunakan selebgram terkenal? Kalau Anda memiliki budget yang cukup tentu saja boleh, bahkan bisa menjadi awal yang baik. 

Namun alternatif lain dari cara memasarkan produk makanan online berupa endorse ini yakni menggunakan akun sosial media teman dan sahabat Anda. Ini bisa meminimalisir budget yang Anda keluarkan untuk perihal endorse.

Misalnya setelah menikmati produk makanan yang Anda buat, teman dan sahabat Anda memberikan testimoninya di akun sosial media masing-masing. Pastikan rasa makanan menjadi hal yang utama agar tidak timbul kecurigaan dibuat-buat. 

6. Memasang iklan online

Sebenarnya cara yang keenam ini kurang disarankan untuk para pemula. Selain membutuhkan budget yang cukup, iklan online harus teliti dalam menentukan target yang akan ditujunya.

Misalnya Facebook ads, Instagram ads dan google ads yang harus menentukan terlebih dahulu targetnya. Cara iklan online bisa Anda lakukan setelah semua tahapan di atas berhasil dilakukan. 

Iklan online bisa dipilih untuk meningkatkan omset setelah brand awareness mulai tercapai dengan baik. 

Baca juga:  Ide Bisnis Cara Jualan Online Tanpa Modal Paling Cuan Tahun Ini!

Mengapa Harus Memasarkan Produk Makanan Secara Online?

Cara memasarkan produk makanan online sepertinya menjadi sebuah keharusan apalagi di era internet seperti sekarang. 

Anda menggunakan smartphone, setiap hari sangat akrab dengan akses media sosial dan internet. Orang lain pun sama, oleh karena itu kesempatan ini tidak boleh dibiarkan karena orang lain merupakan calon konsumennya. 

Ada beberapa alasan mengapa Anda harus merambah ke dunia online.

1. Bekerja sepanjang waktu

Taruhlah sebagai awalannya Anda memiliki akun Instagram sebagai akun resmi untuk produk makanannya. Itu berarti akan memudahkan orang-orang untuk mencari produknya.

Bandingkan dengan tenaga marketing yang hanya bekerja 8 jam per hari, dengan gaji yang cukup besar. Sedangkan untuk memiliki akun media sosial sangatlah murah, bahkan gratis sama sekali. 

2. Jarak tidak menjadi kendala

Dengan melakukan cara memasarkan produk makanan online, jarak tidak lagi menjadi kendala yang bisa menghambat laju bisnis Anda. Misalkan Anda berjualan bakso, jika promosi offline mungkin hanya orang-orang yang lewat yang akan membelinya.

Sedangkan ketika menggunakan media sosial atau daftar di merchant food ojol, bisa menjangkau berbagai daerah dalam satu kota atau luar kota. 

3. Modal lebih hemat

Jelas, mempromosikan produk makanan di media sosial tak perlu mengeluarkan sejumlah uang. Sedangkan Anda sendiri bisa melakukannya dari rumah atau tempat usaha milik Anda.

Sedangkan jika Anda menyewa ruko atau toko, minimal modal 10juta juga harus keluar. Kalaupun Anda menggunakan website untuk promosi online, paling modal yang dikeluarkan hanya berkisar sekitar 3juta. Jauh lebih hemat bukan?

Cara memasarkan produk makanan online jauh lebih fleksibel dari segi waktu. Misalnya melayani konsumen sambil beres-beres rumah, sambil makan, atau apapun yang penting konsumen terlayani dengan baik dan produk tetap berkualitas.

Mulailah sekarang juga, terutama setelah Anda membaca ulasan artikel di atas yang sangat sederhana. Artikel ini sengaja dibuat untuk Anda yang masih pemula dalam bisnis produk makanan. 

Cara memasarkan produk makanan online ternyata tidak sesulit yang Anda bayangkan. Kini perlu langkah pertama untuk menjadikan semuanya nyata dan Anda bisa mendapatkan keuntungan. 

Baca juga:  Beragam Ide Jualan Makanan Yang Layak Dicoba Anak Muda!