Teknik Jualan di Instagram 

Teknik Jualan di Instagram yang Harus Kamu Kuasai Agar Produk Laku Keras

Dengan memahami dan mempraktikkan teknik jualan di instagram tentu akan dapat membantu pertumbuhan bisnis kamu dalam menjangkau target pasar dan mendongkrak penjualan produk maupun jasa yang ditawarkan.

 Apalagi saat ini, menurut laporan terbaru 75 persen pengguna instagram terpengaruh mengunjungi website bahkan melakukan pembelian sesudah melihat iklan di instagram.

Nah, bagaimana sih caranya jualan di instagram atau ada nggak sih panduan untuk jualan di instagram dan ampuh untuk mendongkrak pasar. Berikut ulasannya untuk kamu simak dan praktikkan.

Baca juga:  Beberapa Cara Jualan Di Facebook Yang Cuan Banget

Teknik Jualan di Instagram yang Harus Kamu Kuasai

1. Optimalkan Profil Bisnis Instagram Kamu

Profil instagram bisnis merupakan titik kontak pertama yang dilihat oleh pengguna instagram. Dengan membuat kesan pertama yang bagus, maka kemungkinan orang-orang akan tertarik dengan apa yang kamu tawarkan. 

Kamu harus lebih memperhatikan desain feed instagram agar terlihat lebih menarik, karena kini orang-orang yang memang beralih ke instagram daripada google untuk melihat sebuah brand.

Untuk itu mulailah terlebih dahulu membuat menarik profil bisnis instagram kamu. Pilihlah foto profil berupa logo atau foto yang menggambarkan bisnis atau usaha supaya bisnis kamu lebih dikenali publik. Lalu buatlah bio yang bagus, sertakan deskripsi menarik dan jelas tentang bisnis kamu. Buatlah mereka mengenali persis apa yang kamu tawarkan.

Satu lagi, jangan lupa sertakan link menuju laman website atau toko kamu. Kamu bisa menggunakan platform untuk link bio ig agar kamu dapat memasang satu link untuk banyak link pada insta bio kamu. Jadi teknik jualan di instagram pertama yang harus kamu lakukan adalah memperhatikan segi estetika profil akun.

Baca juga:  Cara Bisnis Jualan Pulsa Tanpa Modal Hanya dengan Android

2. Berjualan Di Instagram Shop

Layaknya E-commerce, saat ini kamu juga berjualan langsung di instagram dengan langsung memajang produk kamu di instagram lho. Dengan memasang produk langsung di sini, pengunjung dapat langsung melihat produkkamu tanpa keluar dari laman instagram. Lalu bagaimana sih caranya? Simak ulasannya berikut ini.

Cara Jualan di Instagram Shop

Simak panduan berikut ini agar kamu bisa membuat toko di instagram dan bisa menggunakan fitur label produk.

1. Konfirmasi kelayakan

untuk itu pastikan bisnis kamu bertempat di pasar yang didukung ig, Indonesia ada, produk kamu harus memenuhi syarat, harus mematuhi penrjanjian dan kebijakan pihak instagram. Kemudian bisnis kamu juga harus memiliki domain situs website yang akan digunakan untuk jualan.

2. Beralih ke akun bisnis atau kreator

Dengan berlaih ke akun bisnis ini kamu dapat menambahkan informasi bisnis yang relevan, misalnya jam bukatoko, info kontak, alamat bisnis kamu, dan link menuju situs web kamu.

3. Hubungkan ke halaman facebook

Untuk menautkan akun ig bisnis kamu ke halaman facebook, kamu perlu mengikuti langkah berikut ini: buka profil instagram bisnis, edit profil, di bagian informasi bisnis publik, pilih halaman. Pilih halaman facebook yang ingin kamu hubungkan. Yang diperlukan hanya halaman facebook, bukan halaman toko facebook ya.

Baca juga:  Kumpulan Bio Instagram Keren, Lucu, & Estetis 2021

4. Unggah katalog produk

Instagram shop didukung oleh katalog produk kamu nih. Ada dua cara untuk mengubungkan katalog produk ke akun instagram bisnis kamu. Pertama, pengelola katalog, yaitu metodemandiri yang tersedia di pengelola bisnis facebook. Yang kedua, partner platform Ecommerce instagram yang telah bersertifikasi, seperti Shopify atau BigCommerce.

5. Peninjauan akun

Ajukan peninjauan akun kamu dengan cara buka profil instagram terlebih dahulu, klik strip tiga, pilih pengaturan, daftar untuk shopping, ikuti langkah-langkah untuk mengajukan peninjauan akun kamu. Buka belanja di pengaturan kapan saja untuk melihat status kamu. Lakukan juga verifikasi domain jika diminta.

6. Aktifkan fitur belanja

Setelah akun disetujui, kamu sudah bisa mengaktifkan fitur belanja di bagian pengaturan akun ig kamu.

7. Mulai sematkan label

Untuk membuat label, mulailah mengunggah foto seperti biasanya, lalu  kemudian bagikan. Nah, sudah jadi nih salah teknik jualan di instagram dengan cara jualan di instagram shoping.

Baca juga:  Tips Jualan Makanan Online paling Laris Hanya dari Rumah

Tips Memulai Jualan di IG Story

Sudah tidak heran lagi jika produk yang tayang di insta story lebih memiliki banyak viewers daripada postingan instagram. Kabar baik banget buat brand atau pemilik bisnis online untuk menjalin koneksi lebih dekat lagi dengan audiens. Nah, untuk cara jualan di ig story simak ulasan berikut ini.

  • Buatlah desain promosi semenarik mungkin. Jika story berupa gambar buatlah gambar dengan resolusi yang bagus. Padu padankan warna yang estetik agar menarik viewers.
  • Tingkatkan kesadaran produk dengan cara memilih gambar atau vidio yang bisa dengan cepat menarik perhatian pengguna instagram. Tampilakan juga nama brand bisnis kamu, dan jangan  lupa juga menyertakan spesifikasi yang bagus agar pengguna ig tahu apa yang sedang kamu promosikan.
  • Buat promosi berupa diskon. Orang-orang sangat tertarik dengan diskon, maka membuat postingan insta story dengan diskonan tentu adalah teknik jualan di instagram yang terbaik. Buatlah promo diskon produk kamu semenarik mungkin agar pelanggan berdatangan dan menjadi pengikut setia.
Baca juga:  Wajib Tahu! Berikut Ini Cara Jualan Di Shopee Lewat HP

Promosikan Produk di Instagram ADS

Instagram ads berguna untuk menjangkau lebih luas target audiens. Setelah kamu menyiapkan profil bisnis instagram, kamu bisa memutuskan berapa banyak budget untuk mengiklankan bisnis kamu. 

Cara beriklan di instagram ads tidaklah sulit, cara termudahnya ialah memperomosikan postingan yang telah kamu posting di akun ig kamu. Pilih postingan yang ingin kamu iklankan. Kemudian tekan bagian promote/promosikan. Instagram otomatis akan menarik audiens yang serupa dengan pengikut kamu saat ini, tetapi kamu juga bisa menyeleksi sendiri loh. Setelah itu, tekan confirm jika dirasa sudah pas.

Kamu dapat memulai dengan anggaran kecil dulu untuk menguji menjalanakan iklan selama beberapa hari dulu. Untuk malacak performa iklan klik “View result” di sudut kiri bawah iklan.  

Teknik berjualan di instagram ini baik untuk mendorong penjualan dan meningkatkan performa bisnis online kamu loh. Selamat mencoba.