Gaji 2 Juta Ingin Punya Rumah

Gaji 2 Juta Ingin Punya Rumah? Ini Tipsnya!

Hampir semua orang menginginkan mempunyai rumah sendiri untuk hidup bersama keluarganya. Mungkin Anda pun demikian, mulai terbesit rasa memikirkan membeli rumah yang seperti apa, kawasannya dimana, dan lain sebagainya. Namun masalahnya apakah hanya mempunyai gaji 2 juta ingin punya rumah bisa diwujudkan?

Padahal gaji tersebut untuk membeli kebutuhan sehari-hari sudah sangat mepet. Jawabannya adalah bisa, jika Anda mau mengusahakannya.

Memang harus ada sedikit pengorbanan dan perjuangan untuk bisa mencapai tujuan. Namun percayalah jika tujuan membeli rumah sendiri tercapai hidup Anda di masa depan akan lebih nyaman.

Gaji 2 Juta Ingin Punya Rumah

Gaji 2 Juta Ingin Punya Rumah
Gaji 2 Juta Ingin Punya Rumah

1. Buatlah Target Yang Spesifik

Pada usia berapakah Anda ingin mempunyai rumah sendiri? Dimanakah kawasan rumah yang ingin dibeli? Dan berapakah luas rumah yang ingin dimiliki? Untuk tips gaji 2 juta ingin punya rumah yang pertama adalah dengan membuat target yang jelas dan spesifik.

Tujuannya untuk menjadi acuan dan memudahkan Anda menentukan harus berapa tahun menabung dan jumlah total tabungan yang harus dimiliki. Selain itu dengan target ini Anda dapat membelinya di tempo waktu yang telah ditentukan.

2. Manajeman Keuangan

Ketika Anda sudah mempunyai target yang jelas maka langkah kedua adalah mulai menabung dan menyisihkan uang di setiap bulannya. Usahakan supaya uang yang disisihkan tersebut sekitar 20% sampai 30% dari jumlah total gaji.

Siapkan rekening tabungan pribadi untuk menyimpan uang tersebut. Dengan rekening ini Anda tidak akan gampang tergoda untuk mengambilnya. Selain itu uang tidak akan tercampur dengan tabungan lainnya.

Baca juga:  Gaji Agen BRILink dan Berbagai Keuntungannya

3. Hidup Lebih Hemat

Mempunyai gaji 2 juta ingin punya rumah itu bukanlah hal yang tidak mungkin Anda capai. Dengan catatan sementara mau untuk hidup lebih hemat dan tidak boros. Pola hidup yang kurang sesuai dapat menjadi hambatan utama Anda dalam proses menabung.

Disaat tekad untuk mempunyai hunian sendiri sudah ada Anda harus mulai memperhatikan pola hidup. Apabila sebelumnya terbiasa membeli barang-barang yang tidak terlalu dibutuhkan maka kini saatnya Anda tegas dengan diri sendiri untuk membatasi kegiatan tersebut.

Dengan begitu uang yang Anda sisihkan akan lebih banyak. Tak hanya saat membeli barang yang tidak terlalu dibutuhkan saja, melainkan juga kebiasaan jajan dan membeli makanan secara online. Lebih baik mulai sekarang masak sendiri untuk lebih berhemat.

Baca juga:  Kerja Sampingan Online Lewat HP : Auto Cuan

4. Target Rumah Idaman

Tips gaji 2 juta ingin punya rumah yang berikunya adalah membeli hunian sesuai dengan kemampuan. Dikarenakan gaji masih diangka 2 jutaan Anda harus memperhatikan lokasi dan ukuran rumah yang akan dibeli.

Pastikan bahwa lokasi, luas tanah, dan desain sesuai dengan budget yang Anda miliki. Untuk mengetahui informasi mengenai rumah yang paling sesuai akan lebih baik jika Anda melakukan survei secara langsung.

5. Mencoba Program KPR

Program KPR atau Kredit Pemilikan Rumah merupakan fasilitas yang telah disediakan oleh pihak perbankan kepada nasabah untuk melakukan pembelian atau renovasi hunian. KPR sendiri mempunyai 2 opsi yakni KPR Non-Subsidi dan KPR Subsidi.

Untuk KPR Subsidi telah diatur oleh pemerintah sementara KPR Non-Subsidi semua persyaratannya diatur oleh pihak Bank. Nah, jika gaji 2 juta tapi ingin punya hunian sendiri, Anda bisa mengikuti program ini. Setidaknya untuk lebih meringankan biaya pengeluaran untuk membeli rumah.

Memang terkesan mustahil apabila memiliki gaji 2 juta ingin punya rumah. Disamping kebutuhan hidup yang semakin mahal, pasti ada saatnya gaji 2 juta tidak bisa untuk menutup semua kebutuhan hidup sehari-hari.

Sebaiknya anda mulai mencari investasi yang mengunutngkan, atau menjalankan bisnis rumahan untuk menunjang penghasilan yang ada. Selanjutnya, mulailah perencanaan yang matang dari sekarang. Pasalnya, anda tidak tau sampai kapan gaji 2 juta bisa menghidupi seluruh anggota keluarga.