biaya nikah sederhana 10 juta

7 Rincian Biaya Nikah Sederhana 10 Juta, Pasti BISA!

Banyak orang yang tidak percaya bahwa biaya nikah sederhana 10 juta bisa di lakukan. Orang-orang menganggap untuk melangsungkan sebuah pernikahan, di butuhkan modal yang besar bahkan sampai dengan ratusan juta. Padahal dengan uang 10 juta saja sudah cukup melakukan pernikahan sederhana.

Menggelar pernikahan sederhana bukanlah hal yang salah, karena esensi sebenarnya dari pernikahan ada pada proses ijab kabulnya. Jika sudah ada calon suami atau istri, kenapa harus menunda lagi? Nah, kira-kira biaya apa saja sih untuk kebutuhan menikah? Berikut penjelasannya.

Rincian Biaya Nikah Sederhana 10 Juta

Pengeluaran terbesar dalam sebuah pernikahan ada pada resepsinya. Konsep resepsi pada pernikahan sederhana ini bisa di ganti dengan acara syukuran dan mengundang keluarga, kerabat, dan sahabat dekat saja. Dengan begitu, biaya nikah sederhana 10 juta sudah lebih dari cukup.

Disini akan membahas rincian resepsi pernikahan sederhana agar bisa menekan biaya seminimal mungkin. Namun tidak termasuk biaya souvenir jika Anda berniat memberikan kesan pada tamu undangan.

1. Sewa Baju Nikah Sederhana

Dalam pernikahan, baju pengantin adalah satu hal paling penting dan harus di siapkan. Anda tidak perlu mendesain dan membeli baju pengantin sendiri karena akan memakan banyak biaya serta waktu. Agar biaya nikah sederhana 10 juta bisa tercapai, Anda bisa menyewa baju pengantin, harganya sendiri bervariasi mulai dari Rp250.000 untuk gaun wanita.

Baca juga:  Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga, Cepat dan Ampuh!!!

Jika mempelai wanita mempunyai setelan jas sendiri, maka Anda hanya perlu mengeluarkan Rp250.000 untuk sewa kebaya pengantin wanita. Sedangkan jika Anda menyewa satu set baju pengantin pria dan wanita, harganya ada di kisaran Rp400.000 – Rp500.000.

2. Jasa Make Up Artist

Dari banyak suara wanita, pasti ada yang suka dan pandai berdandan. Nah, Anda bisa minta bantuan saudara tersebut untuk merias di waktu acara pernikahan. Tentu ini hanya berlaku untuk riasan umum saja, bukan riasan pengantin seperti paes yang mana membutuhkan keterampilan khusus.

Namun Anda juga bisa menggunakan konsep pengantin flawless dan memakai hijab. Dengan begitu biaya nikah sederhana 10 juta akan terasa cukup karena konsep hijab yang minimalis akan menghemat pengeluaran saat pernikahan. Namun tidak ada yang bisa make up atau kurang cocok, tidak ada salahnya memakai jasa MUA.

Untuk jasa Make Up ini sendiri Anda harus menyiapkan biaya sekitar 500 ribu sampai dengan 3 juta rupiah. Dalam hal ini, Anda bisa ambil estimasi paket rias 1 juta untuk rias pengantin sederhana. Jika dihitung dengan pengeluaran sebelumnya, maka sisa dana Anda menjadi Rp8,5 juta.

Baca juga:  4 Obat Imun Terbaik Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

3. Menikah di KUA

Untuk biaya nikah sederhana 10 juta, Anda bisa mencapainya dengan cara menikah di KUA. Dengan menikah di KUA, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun. Jadi benar-benar gratis, beda halnya dengan Anda yang mengundang penghulu ke rumah.

Mengundang penghulu pernikahan ke rumah akan dikenakan biaya sebesar Rp600.000 atau lebih. Nah, jika Anda memutuskan untuk mengundang penghulu ke rumah, maka sisa dana Anda menjadi Rp7,9 juta.

4. Syukuran di Rumah

Dalam pernikahan sederhana, acara resepsi bisa di ganti dengan acara syukuran yang kegiatannya kurang lebih seperti doa bersama. Doa ini di lakukan sebagai rasa syukur telah berlangsungnya akad nikah mempelai dan dilanjut dengan makan bersama.

Acara syukuran sederhana ini bisa dilakukan di rumah untuk menghemat biaya. Jadi Anda tidak perlu sewa gedung ataupun tempat yang mana bisa menghabiskan uang ratusan hingga jutaan rupiah. Oleh karena itu, tidak perlu keluar dana dan sisa dana Anda tetap Rp7,9 juta.

5. Saudara Menjadi WO

Meskipun acara syukuran di lakukan di rumah, namun Anda masih membutuhkan orang untuk mengatur dan menyusun acara supaya bisa berlangsung dengan runtut dan lancar. Penyusun acara ini sering disebut dengan nama Wedding Organizer.

Dalam hal ini, Anda bisa coba meminta saudara Anda menjadi WO yang mana bisa di bilang bekerja secara sukarela tanpa biaya mahal. Pada tahap ini, uang sisa Anda masih Rp7,9 juta.

Baca juga:  Apa Insured Asuransi? Berikut Adalah Penjelasanya

6. Sewa Perlengkapan Foto

Tips berikutnya untuk biaya nikah sederhana 10 juta adalah membeli atau menyewa kamera, baterai cadangan, memori card tripod, dan flash eksternal apabila di butuhkan. Semua ini bisa Anda sewa dengan biaya sekitar Rp300 ribu sampai Rp600 ribu.

Setelah itu, Anda bisa meminta saudara atau teman Anda yang bisa fotografi untuk menjadi fotografer di pernikahan tersebut. Nantinya Anda bisa memberi Rp300 ribu untuk orang tersebut sebagai rasa terima kasih. Disini sisa uang Anda adalah Rp7 juta.

7. Sewa Jasa Katering

Kembali lagi ke acara syukuran sebelumnya, tentu dalam acara ini Anda harus menyiapkan makanan beserta cemilan untuk orang-orang yang datang. Disini Anda bisa menyewa jasa catering untuk menyiapkan makanan tersebut.

Untuk orang yang diundang, sebaiknya jangan terlalu banyak. Undang anggota keluarga saja beserta tetangga, dan sahabat dekat. Misalnya Anda mengundang 50 orang, maka pesanlah makanan dengan jumlah dua kalinya yaitu 10 porsi. Untuk katering ini Anda mengeluarkan Rp40.000 / porsi. Maka sisa dana yang ada adalah Rp3 juta.

Nah itulah tadi rincian biaya nikah sederhana 10 juta lengkap dengan penjelasannya. Dengan uang 10 juta, Anda bisa menikah dan bahkan masih ada uang yang tersisa. Anda bisa menggunakan uang sisa tersebut untuk bulan madu atau keperluan lain.