Cara Jualan Di Facebook

Beberapa Cara Jualan Di Facebook Yang Cuan Banget

Era millennial merupakan era serba online, hampir semua lini memanfaatkan internet sebagai media komunikasi. Bahkan kini media online dijadikan sebagai media untuk berjualan. Lalu bagaimana cara jualan di Facebook yang tepat? 

Facebook sendiri merupakan salah satu media online yang memiliki jumlah pengikut terbanyak daripada media lain. Sejak kehadirannya sekitar tahun 2008 lalu, Facebook masih menempati posisi media paling populer. 

Hingga kini jumlah pengikut Facebook semakin bertambah saja, sekalipun banyak bermunculan media sosial baru. Oleh sebab itulah Facebook selalu berusaha memberikan yang terbaik. 

Salah satu pembaharuannya adalah dengan menyediakan media khusus untuk penjual online. Sehingga para penjual online dapat dengan leluasa menggunakan media Facebook sebagai tempat untuk mempromosikan produk yang dijual. 

Salah satu fitur terbaru yang dimiliki Facebook sebagai dedikasinya terhadap pengguna yang memanfaatkan Facebook untuk jualan adalah fitur marketplace. Fitur marketplace sengaja dibuat agar mampu menampung para penjual yang memanfaatkan Facebook untuk jualan. 

Tidak hanya itu saja, Facebook juga membuat beberapa program yang dapat diikuti oleh penggunanya yang ingin berjualan di Facebook. Misalnya dengan adanya program Facebook ads yang memberi banyak kemudahan.

Baca juga:  Ide Bisnis Cara Jualan Online Tanpa Modal Paling Cuan Tahun Ini!

Rekomendasi Cara Jualan Di Facebook

Seperti yang telah diinformasikan sedikit diatas bahwa Facebook memberikan ruang dan program khusus untuk penjual online. Tujuannya tentu saja agar dapat membantu meningkatkan omset penjualan. 

Sebab dengan mengikuti program yang diadakan oleh Facebook akan mudah dan terarah dengan target market. Sehingga kenaikan omset akan semakin menjanjikan. Penasaran cara apa saja yang dapat digunakan? Simak penjelasannya dibawah ini:

1. Jualan di Grup Facebook

Cara berjualan sangat sederhana dan gratis. Sebab hingga saat ini banyak sekali grup jual beli yang sengaja dibuat oleh para pengguna Facebook. Meskipun memang group ini bukanlah sebuah media untuk berjualan, akan tetapi hingga saat ini berjualan di FB group masih aman-aman saja. 

Cara jualan di Facebook group mudah sekali, Anda hanya perlu mengikuti beberapa langkah dibawah ini:

  • Langkah pertama yang harus dilakukan tentu saja dengan membuka aplikasi Facebook. 
  • Setelah terbuka, lanjutkan dengan menekan menu Group pada Beranda Facebook sebelah kiri.
  • Setelah itu lanjutkan dengan menekan menu Jual sesuatu. Lalu lanjutkan dengan mengisi semua kolom yang tersedia dengan benar. 
  • Tuliskan detail informasi juga deskripsikan produk yang akan dijual. 
  • Setelah itu klik menu berikutnya dan pilih pemirsa dan juga group lain agar promosi dapat menjangkau wilayah yang luas. 

Seperti itulah kira-kira langkah yang dapat ditempuh ketika melakukan promosi jualan melalui Fb grup. Sangat mudah sekali bukan? Akan tetapi untuk berjualan melalui Fb grup terdapat beberapa ketentuan. 

Ketentuan tersebut tentu saja harus menjadi anggota terlebih dahulu, sebab apabila bukan anggota grup biasanya tidak dapat mengirim apapun ke dalam grup. Apalagi jika grup merupakan grup yang tidak di setting publik. Maka akan sulit untuk daftar menjadi anggota, sebab membutuhkan persetujuan admin terlebih dahulu. 

Berjualan di dalam group juga tidak bisa leluasa, apabila grup tersebut dikelola dengan ketat oleh admin. Sebab untuk memposting sesuatu harus mendapatkan persetujuan admin yang mengerti aturan di dalam group dengan jelas. 

2. Jualan Di Facebook Marketplace

Cara berjualan di marketplace fb tidak jauh berbeda dengan berjualan di Facebook group. Sebab hanya harus mengunggah produk pada beberapa kolom yang disediakan. Kolom pengisian pun sama seperti kolom permohonan pada fb group.

Jadi untuk melakukan promosi jualan di Fb marketplace, bisa ikuti saja langkah-langkah seperti berjualan di Fb group. Hanya saja yang perlu diperhatikan adalah langkah pertama yang harus ditempuh. Yaitu menekan menu marketplace yang ada pada beranda Facebook Anda. 

3. Jualan di Facebook Ads

Cara berjualan di Facebook ads sedikit berbeda dengan kedua cara diatas. Sebab dengan menggunakan program ini, Anda akan dikenakan biaya sebagai salah satu perjanjian untuk menyewa jasa Facebook ads. 

Pilihan biaya admin pun bervariasi, mulai dari harga terendah hingga harga tertinggi. Tentu saja pelayanan jangkauan pun akan mengikuti kontrak kerja. Semakin besar biaya yang dikeluarkan akan semakin luas pula jangkauan market yang tertarget. 

Sehingga peluang closing dan terjadi transaksi pun semakin besar. Hanya saja satu yang perlu diperhatikan dalam menggunakan jasa Facebook ads. Yaitu harus bisa mengelola jenis iklan yang sesuai dan menarik serta tahu pangsa pasar yang pas. 

Ada baiknya untuk menyerahkan periklanan ini kepada para ahli. Sebab ada banyak sekali penjual jasa admin yang mahir dalam mengelola Facebook ads. Tidak apa mengeluarkan budget lebih asalkan dapat menghasilkan yang lebih.

Daripada berusaha jalan sendiri tapi tidak tahu ilmunya. Maka biaya yang dikeluarkan akan sia-sia saja, alias akan terus menerus boncos. Atau jika memang ingin merasakan jalan sendiri, sebaiknya pelajari dengan baik ilmu cara jualan di Facebook ads. Caranya bisa dengan belajar melalui buku khusus, belajar pada banyak mentor berpengalaman dan lainnya. 

Cara jualan di Facebook memang terbilang sangat sederhana dan mampu menghasilkan cuan yang lumayan besar. Tetapi untuk mencapai semua itu diperlukan proses dan ketekunan. Sebab yang namanya jualan online tidak dapat memastikan closing langsung pada hari posting promosi. Kecuali ketika telah menggunakan program Facebook ads. 

Baca juga:  Cara Bisnis Jualan Pulsa Tanpa Modal Hanya dengan Android

Tips Cara Jualan Di Facebook Agar Cuan dan Laris

Untuk menarik minat pembeli yang tinggi diperlukan strategi jualan yang mumpuni. Dibawah ini merupakan beberapa tips yang akan membantu meningkatkan penjualan melalui Facebook:

1. Menggunakan Fitur Marketplace dan Group 

Memilih menggunakan fitur jualan di marketplace atau di fb group merupakan salah satu cara menarik perhatian pembeli. Sebab biasanya seseorang akan langsung menuju marketplace dan group jual beli untuk menemukan barang yang sedang dicari. Jadi peluang untuk mendapatkan closing semakin luas dan besar. 

2. Gunakan Gambar Yang Bagus

Dengan mempromosikan barang menggunakan gambar yang bagus akan menarik pembeli dengan mudah. Sebab mereka akan tertarik setelah melihat gambar yang dipromosikan memberi nilai lebih. Kejelasan gambar dan juga detail promosi akan membantu mendapatkan banyak transaksi. 

3. Berikan Pelayanan Terbaik

Dimanapun tempat jualannya, pelayanan menjadi penilaian paling penting. Sebab ketika pelanggan mendapatkan pelayanan terbaik, sudah dapat dipastikan dia akan kembali melakukan transaksi. Bahkan mungkin akan merekomendasikan kepada teman dan kerabatnya. Sehingga potensi closing akan semakin besar. 

Semudah itulah cara jualan di Facebook, sangat memungkinkan saat ini untuk Anda yang sedang ingin menggeluti bisnis online di Facebook. Sistem jualan di Facebook pun terbilang mudah nyatanya tetap memiliki kelebihan dan kekurangan. 

Kelebihan cara jualan di Facebook yaitu memiliki banyak fitur yang mudah untuk dipahami. Terlebih lagi dapat mengelompokkan produk sesuai jenisnya pada beranda Anda. Sehingga dapat memudahkan pelanggan mencari produk yang diinginkan. 

Disamping kelebihan tersebut, cara jualan di Facebook juga memiliki kekurangan. Diantaranya yaitu terlalu banyak fitur yang terkadang menjadikan salah satu kebingungan yang tidak terselesaikan. Sebab algoritma Facebook sering kali mengalami perubahan. Selain itu, Facebook juga termasuk ke dalam jenis media sosial yang sangat sensitif.

Sehingga diperlukan kehati-hatian yang ekstra ketika memanfaatkan fitur yang ada di dalamnya. Karena Facebook merupakan media sosial yang dikhususkan untuk bersosialisasi bukan untuk menebar promosi.

Baca juga:  Cara Jualan Online Laris di Shopee, Lazada, Tokopedia, hingga Bukalapak