Tips Jualan Makanan Online paling Laris Hanya dari Rumah

Tips Jualan Makanan Online paling Laris Hanya dari Rumah

Dimasa pandemi ini memang banyak kendala yang harus dihadapi, terutama yang berkaitan dengan masalah ekonomi dan kebutuhan sehari – hari. Namun bagi anda yang pintar mengambil peluang, pandemi ini justru menjadi suasana baru untuk meningkatkan ekonomi. Jika anda ingin seperti itu salah satu peluangnya adalah belajar dulu tips jualan makanan online.

Era sekarang ini adalah era dimana dirumah saja lebih baik daripada keluar rumah kalau tanpa alasan dan tak ada arah. Salah satu peluang bisnis yang bisa anda jalankan dari rumah adalah jualan makanan. Ada banyak makanan online terlaris yang bisa anda contoh ataupun anda ambil konsepnya. Coba saja dulu lihat-lihat produk yang ada di online shop terkait makanan.

Mulai dari makanan ringan, makanan cepat saji, atau anda juga bisa membuka pesan antar untuk daerah sekitaran kota anda. Misalnya saja membuka nasi goreng siap antar. Ini tentu akan menarik bagi pelanggan karena memang layanan pesan antar ini lebih banyak dipilih, apalagi kondisi sekarang yang memang sudah terlanjur malas untuk keluar rumah.

Baca juga:  Usaha Online di Masa Pandemi, Auto Cuan Setiap Hari

Tips Jualan Makanan Online dari Rumah

Ada beberapa strategi marketing yang harus anda pelajari terlebih dahulu, selain itu juga anda harus melakukan riset pasa terkait target konsumen yang akan anda incar. Misalnya saja terkait makanan apa yang paling banyak di sukai online, atau makanan yang paling disukai disekitaran rumah anda.

Bisnis makanan online di rumah ini ada dua tipe, anda bisa memasarkan lewat sosial media atau lewat market place. Jika lewat sosial media tentukan target anda lebih dulu dan disesuaikan dengan jenis makanan yang akan anda buat. Misalnya makanan kering dan ringan, ini bisa melampaui target yang jauh dan bertahan dalam beberapa waktu. 

Kalau misalnya semacam sayuran atau lauk pauk, anda bisa lewat sosial media jangka dekat saja, misalnya whatsapp. Karena kemungkinan kontak whatsapp yang ada di ponsel kebanyakan orang terdekat.

Ada beberapa tips agar jualan makanan yang anda jalankan bisa laris manis dipasaran online. Berikut tipsnya,

Baca juga:  11 Rekomendasi Bisnis online untuk Pelajar Tanpa Modal, Berani Coba?

1. Tentukan Produk yang Akan Anda Buat

Hal yang pertama harus anda tentukan adalah produk makanan apa yang akan anda buat. Anda harus mahir tentunya, dan rasanya juga bisa anda kombinasikan dengan racikan anda sendiri. Lebih kreatif dalam membuat produk di jaman sekarang ini memang sangat diperlukan guna bisa memperoleh target pemasaran. 

Misalnya saja anda ingin membuat keripik singkong dan dijual online. Kalau cuma keripik seingkong saja, pasinya sudah banyak dipasaran. Akan lebih bagus lagi anda lebih kreatif dengan menambahkan perasa yang sekiranya belum ada di pasaran. Misalnya keripik singkong rasa jeruk, ini cuma contoh saja selebihnya anda kreasikan sendiri.

2. Analisa Pasar

Setelah anda mempunyai produk, sebaiknya anda menggunakan waktu luang anda untuk analisa pasar. Anda bisa mencoba melihat berbagai produk yang mirip dengan produk anda yang dijual di berbagai market place. Silahkan anda lihat secara detail dan ebih rinci mulai dari tingkat penjualan hingga tingkat kepuasan pelanggan, ini bisa di lihat dari testimoni dan komentar pembeli.

Selain itu anda juga bisa melihat rating dari seller, jika ulasan bagus dan produknya banyak yang terjual, ini bisa dijadikan rekomendasi untuk anda amati dan tiru konsep dasarnya.

Baca juga:  Beragam Ide Jualan Makanan Yang Layak Dicoba Anak Muda!

3. Pelajari Teknik Digital Marketing

Cara jualan makanan agar cepat laku sebaiknya anda menggunakan teknik digital marketing. Ini bisa anda pelajari dari berbagai buku maupun materi digital marketing yang ada dari berbagai mentor di media sosial. 

Digital marketing ini meliputi nama brand yang akan anda buat, keuntungan jika membeli produk anda, serta harga yang tentunya bisa menarik hati costumer untuk membeli produk anda. Salah satu teknik yang paling terkenal adalah copy writing, ini merupakan seni menjual lewat tulisan.

Mungkin anda juga sudah mendengar beberapa waktu lalu ada sebuah produk babanana dimana snack ringan keripik pisang ini juga mampu terjual ribuan pcs setiap bulanya. Atau keripik beling yang juga sukses terjual di berbagai online shop. Salah satu kunci produk ini bisa terkenal tentunya terkait dengan nama dari produk yang dibuat.

Untuk bisa sukses digital marketing, sebaiknya anda maksimalkan semua platform  media sosial yang anda punya. Selain itu kalau anda mampu juga bisa membuat landing page maupun fanspage di facebook. Dengan memaksimalkan media sosial selain promosinya juga gratis, anda bisa lebih mudah menjangkau target pasar yang dimulai dari orang – orang yang sudah kenal dengan anda.

Baca juga:  Jualan Makanan Apa Yang Laris Masa Kini Dan Omset Melejit

Selain nama brand, harga juga menjadi faktor utama apakah produk anda bisa diterima konsumen atau tidak. Bahkan yang paling mendasar yang dilihat konsumen kebanyakan adalah harga, tidak bisa dipungkiri karena ini memang budaya kita.

Silahkan anda kreasikan dengan teknik anda dalam menentukan harga. Harga yang dicoret mungkin juga sering anda lihat. Teknik menaikkan harga tinggi dan kemudian di coret dan diberikan harga normal, lalu di beri countdown timer juga bisa menjadi daya tarik tersendiri. Tips jualan makanan online ini memang terlihat sulit, kalau anda sendiri tidak langsung memulainya.

Sambil membuat produk anda juga sambil meminta pendapat orang lain tentang kualitas rasa dari produk makanan anda. Minta saran dan kritikan dari orang terdekat dulu. Karena menurut anda enak sekalipun, belum tentu kalau lidah konsumen yang merasakanya. Dan yang paling penting terus berbisnis dan terbuka dalam menerima kritikan serta saran yang membangun.

Baca juga:  Situs Penyedia Dropship Terpercaya