cara-meningkatkan-imun

10 Cara Meningkatkan Imun Tubuh Dimasa Pandemi Covid-19

Tubuh memiliki sistem kerja dalam melawan dan membentengi diri dari penyakit atau yang sering disebut sebagai Sistem imunitas. Maka dari itu cara meningkatkan imun tubuh perlu diketahui agar terhindar dari serangan organisme yang dapat menyebabkan penyakit.

Secara normal sistem imun kekebalan tubuh dapat bekerja sangat efektif dan efisien dalam menghadapai berbagai macam penyakit, akan tetapi jika sistem kekebalan tubuh mengalami kelemahan, maka tubuh akan mudah terserang penyakit.

Oleh sebab itu  marilah kita tingkatkan sistem imunitas tubuh, terlebih lagi di musim pandemi covid-19 ini melemahnya imunitas tubuh di kaitkan dengan penyakit tersebut.

Negara kita saat ini mengalami angka kasus Covid-19 yang relatif tinggi dan saat inilah kita diharuskan untuk Menjaga imun tubuh. Tubuh yang memiliki sitstem imun yang baik akan terhindar dari beberapa penyakit tertentu.

Cara  Meningkatkan Imun Tubuh

Di tengah musim pandemi Covid-19 seperti ini sangat penting bagi kita untuk selalu fit dan sehat. Dengan mengetahui cara meningkatkan imun tubuh maka kita berpotensi terhindar dari penyakit tertentu termasuk paparan Covid-19, simak beberapa tips meningkatkan imun tubuh di bawah ini  :

Baca juga:  Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga, Cepat dan Ampuh!!!

1. Menghindari Stres

Stres merupakan sumber penyakit, jika tingkat stes seseorang tinggi, maka akan sedikit pula anti bodi yang dihasilkan tubuh. Seseorang yang stres akan memiliki gaya hidup yan buruk seperti halnya merokok dan memimum minuman ber alkohol. Hal tersebut sudah pasti akan menurunkan imunitas tubuh.

Izinkan lah tubuh untuk merasakan rileks sejenak yaitu dengan bersantai di terah. Stres yang di biarkan berlarut larut akan melemahkan imun tubuh dan akan memasuki jenjang sakit.

2. Mengonsumsi makanan berserat dan antioksidan

Mengonsumsi makanan berserat dan Antioksidan dapat membantu menetralisasi radikal bebas sehingga sel dan jaringan tubuh tetap berungsi sesuai fungsinya. Agar kita bisa mengasup antioksidan dalam jumlah yang optimal.

Kita di anjurkan untuk rajin menkonsumsi aneka buah buahan dan sayuran tinggi serat misalnya : Buah Kiwi, Buah Jeruk, Buah Apel, Buah Anggur. Dan sayur sayuran berupa wortel, bayam, kacang kacangan.

3. Mengonsumsi makanan kaya akan vitamin dan mineral

Cara Meningkatkan Imun Tubuh selanjutnya adalah dengan mengonsumsi vitamin dan mineral. Yaitu makanan yang mengandung Vitamin A yang dapat mendongkrak pertahanan tubuh, Vitamin B kmplek yang ber peran sebagai T Cell untuk memproduksi antibodi, Vitamin C untuk meningkatkan imunitas tubuh. 

4. Olah raga teratur

Olah raga secara teratur dapat meningkatkan kadar leukosit sel darah tanpa warna. Fungsi dari leukosit sel darah tanpa warna yaitu membunuh kuman dan bakteri yang masuk kedalam tubuh. Meningkatkan imunitas tubuh dan dapat meningkatkan anti bodi.

Baca juga:  4 Obat Imun Terbaik Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Olah raga bisa berupa lari lari kecil ataupun latihan pernafasan. Dan olah raga akan lebih baik dilakukan dibawah matahari pagi, agar kandungan Vitamin D dari sinar matahari dapat terserap tubuh dengan baik.

5. Tidur cukup 

Tidur yang Cukup akan menjadi Tips Meningkatkan Kekebalan Tubuh Saat Pandemi Covid-19. Seseorang yang kurang tidur imunitas tubuhnya akan melemah dan akan mudah terserang penyakit.

Penyakit yang sering terjadi pada orang yang kurang tidur adalah influenza. Maka dari itu tidur dengan porsi yang pas sangat dianjurkan untuk siapa saja. Yaitu 7-9 jam setiap malam, jika seseorang banyak begadang malam akan menurunkan kekebalan tubuh.

6. Menjaga kebersihan makanan 

Makanan yang bersih dapat menunjang daya tahan dan kesehatn tubuh. Kita harus menjaga kebersihan makanan mulai dari cara membuatnya yaitu perlengkapan masak harus dimulai dengan cuci tangan.

7. Menjaga asupan nutrisi dengan baik 

Beberapa kombinasi nutrisi dapat meningkatkan imunitas tubuh dengan efektif. Mengonsumsi makanan yang seimbang yaitu karbohidrat, protein dan lemak.

Agar fungsi sel sel dalam tubuh dapat bekerja dan berfungsi dengan baik maka harus kita beri asupan nutrisi yang pas. Begitupun seblaiknya asupan nutrisi yang tidak cukup dapat melemahkan fungsi sel sel dalam tubuh, dan sel sel tubuh yan tidak bekerja dengan baik dapat menurunkan sistem imunitas tubuh.

Baca juga:  Nggak Usah Panik! Ini 5 Cara Menyembuhkan Telinga Tersumbat

Oleh sebab itu makan lah makanan yang kaya akan nutrisi sepeti kacang kacangan, biji biji an, minyak ikan dan lain lain, di dalam makanan tersebut terdapat kandungan omega 3 dan omega 6. Selain itu perbanyak lah makan makanan yang mengandun protein seperti ikan dan telur.

8. Konsumsi makanan hangat 

Makanan hangat seperti sup hangat adalah menu terbaik untuk memperbaiki sistem pernapasan. Begitupun sebaliknya makanan dan minuman dingin dapat menurunkan fungsi pernpasan dan menurunkan sistem kekebalan tubuh.

9. Memperbanyak teman atau bersosialisasi

Seseorang yang sulit bergaul akan menghabiskan waktu untuk menyendiri. Padahal dengan kita berkumpul dan bersosisalisasi dengan teman dan sanak kerabat akan meningkatkan kesehatan fisik dan mental. Ber sosisal dapat menjadikan pikiran menjadi fresh dan rileks. Dengan demikian sistem imunitas tubuh juga akan meningkat.

10. Berjemur 

Berjemur dapat menjadi Cara Meningkatkan Imun Tubuh yang ampuh. Berjemur dengan cara yang tepat dapat  meningkatkan kekebalan imunitas tubuh manusia. Sinar matahari pagi dapat meningkatkan produksi vitamin D.

Sinar matahari yang baik Yaitu antara pukul 08.00-10.00 WIB. Dengan tubuh yang mendapat paparan sinar matahari secara tidak langsung dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Penderita virus covid-19 di indonesia masih sangat tinggi, kamu bisa memperbaiki imun tubuh agar terhindar dari paparan virus yaitu dengan menerapkan beberpa tips yang sudah diuraikan diatas. Jika merasa kurang sehat segeralah mengonsumsi suplemen atau obat penambah imun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.