Contoh Strategi Pemasaran Unik

Contoh Strategi Pemasaran Yang Unik Dalam Bisnis

Contoh strategi pemasaran berikut ini bisa menjadi salah satu referensi bagi Anda yang ingin memulai bisnis dan usaha dengan menerapkan strategi yang cocok dengan bidang bisnis Anda. Karena setiap strategi pemasaran yang dilakukan harus memperhatikan beberapa hal termasuk jenis bisnis yang sedang digeluti.

Strategi pemasaran di era sekarang ini sudah memiliki banyak elemen. Mulai dari sosial media, proses pembuatan yang canggih, distribusi, dan lain sebagainya. Strategi yang bijak membantu bisnis Anda menjadi sangat populer.

Dan sebaliknya, strategi yang salah akan membawa Anda pada kerugian.

Baca juga:  Apa Saja Macam-Macam Strategi Pemasaran Secara Online?

Contoh Strategi Pemasaran yang Unik

Pada artikel ini kami membahas beberapa contoh strategi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan terkenal. 

Strategi ini bukan hanya sudah terbukti keberhasilannya karena sudah diterapkan oleh beberapa perusahaan ternama. Anda dapat mencontoh beberapa strategi berikut ini.

1. Trik Marketing dengan Strategi Diskon Besar-Besaran

Teknik diskon besar-besaran atau trik Costco menjadi contoh strategi pemasaran yang unik, tetapi banyak diterapkan. Terkadang trik diberlakukan saat hari-hari besar atau perayaan tertentu. Pasalnya kata diskon selalu ampuh untuk menarik perhatian pembeli.

Ada baiknya trik ini dibarengi dengan meningkatkan omset agar banyak barang yang terjual. Hal ini untuk antisipasi agar keuntungan tidak menurun akibat diskon.

Baca juga:  Apa itu Pemasaran Langsung? Berikut Manfaat dan Contohnya

2. Memasang Harga Pembanding untuk Produk yang Sama

Misalkan saja Anda menjual produk kecantikan yang dibedakan dari kemasan. Kemasan berukuran kecil Anda jual seharga dua puluh ribu rupiah, sementara kemasan besar Anda jual seharga dua puluh lima ribu rupiah.

Dengan demikian pembeli akan membeli produk dengan kemasan besar karena selisih harganya tidak terlalu jauh. Terlebih kemasan besar memiliki kuantitas yang lebih baik.

3. Dengan Trik Penawaran Terbatas

Tujuan dari trik ini adalah membuat pembeli merasa terdesak untuk membeli suatu produk.

Dengan kata lain, produk yang Anda jual dalam edisi terbatas. Barang yang Anda jual hanya ditawarkan sekarang. Hal ini kemudian akan membuat pembeli merasa takut tidak akan mendapatkan produk edisi terbatas di lain kesempatan.

Hal inilah yang kemudian mendorong pembeli untuk segera membeli produk tersebut.

Baca juga:  Strategi Pemasaran 4P Lengkap dengan Penerapan juga Contohnya

Contoh Strategi Pemasaran Produk Makanan

Semakin hari penjual makanan semakin ramai, mulai dari penjual kaki lima hingga penjualan melalui toko online.

Ramainya pasar makanan ini pun mendorong para penjual untuk menerapkan strategi yang apik agar barang dagangannya laku keras. 

Tak jarang para penjual mencari contoh strategi pemasaran produk makanan lewat internet. Berikut empat strategi pemasaran produk makanan yang bisa kamu terapkan.

1. Buat Foto Produk yang Menghipnotis

Strategi ini menjadi cara penting agar pembeli tertarik dengan produk Anda melalui foto. Karena pada dasarnya dengan visual orang akan terdorong untuk membeli produk Anda.

Bahkan sangat disarankan agar Anda mencari orang yang ahli dalam fotografi produk.  

2. Buat Website Perusahaan

Website diibaratkan sebagai rumah tempat berdagang dengan media sosial sebagai tempat promosi produk Anda.

Website ini berfungsi untuk menampung semua informasi mengenai produk Anda. Tentunya dengan strategi ini akan membantu pemasaran produk Anda.

Dengan demikian pembeli bisa mengunjungi website Anda dan mengetahui lebih jauh tentang produk makanan Anda.

Website juga sangat berguna untuk memberikan kepercayaan pada customer. Dengan adanya website ini customer akan menganggap bahwa bisnis Anda profesional. 

Baca juga:  Mengenal pemasaran; Pengertian, Tujuan dan Manfaatnya Secara Lengkap

3. Merekrut Reseller untuk Pemasaran Produk Makanan

Penjualan produk makanan Anda akan terbantu dengan adanya reseller. Reseller-lah yang akan membantu memasarkan produk makanan Anda. 

Jika Anda memiliki sepuluh reseller artinya penjualan Anda akan terbantu sepuluh kali lipat.

Untuk merekrut reseller pastikan produk Anda demand-nya tinggi. Tentunya reseller akan tertarik bila produk makanan Anda sangat diminati pasar.

Sebelum merekrut reseller pun Anda harus mempelajari komunikasi nonverbal dalam berbisnis. Hal ini sangat penting untuk mengetahui latar belakang reseller Anda.

4. Buat Give Away Sebagai Bentuk Pemasaran Produk Makanan Anda

Give away bisa dilakukan dengan mengajak seorang publik figur yang sudah terkenal dan memiliki nama besar. Tak hanya terkenal, pastikan seseorang yang dipilih mampu mewakili produk Anda.

Pemenang yang beruntung akan mendapatkan barang dagangan Anda sekaligus menjadi branding. Dengan demikian produk Anda akan lebih dikenal banyak orang.

Dengan strategi pemasaran ini barangkali Anda akan mendapatkan nomor WhatsApp, followers Instagram, atau email calon customer. Data-data tersebut bisa menjadi sarana promosi barang dagangan Anda.

Contoh Strategi Pemasaran Produk Pakaian

Pakaian pun menjadi produk yang banyak dipasarkan. Pada masa sekarang ini pun sudah semakin banyak model pakaian terbaru.

Pemasaran produk pakaian ini pun tentunya harus dibarengi dengan strategi dagang yang apik agar para pembeli berdatangan.

Berikut ini beberapa tips dan contoh strategi pemasaran produk pakaian dari beberapa referensi.

1. Menentukan Ciri Khas Usaha Anda

Carilah keunikan dari toko agar usaha Anda tampak berbeda dengan usaha yang lain. Keunikan bisa dilihat dari segi barang yang dijual atau pelayanan yang ditawarkan.

Dengan ciri khas, orang lain akan mudah mengenali usaha Anda.

2. Update Model Fashion

Mengingat bisnis fashion terus berkembang maka Anda pun harus berupaya untuk memperbarui barang dagangan. Dengan mengikuti trend fashion, Anda sudah menarik minat konsumen untuk datang ke toko Anda.

3. Merekrut Reseller untuk Harga Grosir

Sebagaimana trik jual beli makanan, usaha pakaian pun diharapkan memiliki reseller.

Anda dan reseller akan sama-sama untung. Reseller memberikan harga grosir dan Anda mendapatkan ruang promosi gratis.

4. Memberikan Pelayanan yang Memuaskan

Kepuasan pelanggan tergantung pelayanan yang Anda berikan. Maka dari itu apabila pelayanan Anda selama ini kurang memuaskan segera tingkatkan. 

Dengan pelayanan yang baik toko Anda akan banyak dicari pelanggan. Mereka tidak akan segan-segan untuk kembali ke toko Anda.

5. Berikan Display yang Menarik

Mengingat jumlah pesaing yang banyak di bidang pakaian, buatlah desain yang menarik untuk toko Anda.

Anda bisa memulainya dengan memasang banner di depan toko. Dengan hal-hal sederhana pun pelanggan akan mulai berdatangan.

Bahkan disarankan untuk tidak mendesain toko Anda dengan tampilan yang mewah. Terkadang tampilan yang mewah pun akan membuat pelanggan ragu. Pasalnya mereka sering mencari toko sederhana dengan harga produk yang terjangkau.

Praktikkan contoh strategi pemasaran ini tanpa neko-neko. Selalu kembangkan toko tanpa melupakan strategi pemasaran yang lain, yang tentunya akan lebih membantu meningkatkan penghasilan usaha Anda.

Baca juga:  Contoh Strategi Pemasaran Produk Yang Harus Dicoba