Macam-Macam Strategi Pemasaran Online

Apa Saja Macam-Macam Strategi Pemasaran Secara Online?

Macam-macam strategi pemasaran digunakan untuk memasarkan sebuah produk dari perusahaan. Sehingga public pun mengetahui keberadaannya. Selain itu, strategi dalam marketing pun tidak hanya satu, tetapi dua bahkan lebih banyak dibanding itu.

Biasanya strategi yang digunakan akan disesuaikan dengan produk yang akan launching kan atau dalam masa promosi. Bahkan tidak jarang, untuk melakukan promosi ini menggunakan jasa dari luar sebuah perusahaan.

Baca juga:  Teknik dan Strategi Pemasaran Untuk Segala Bidang Bisnis

Macam-Macam Strategi Pemasaran Online

Macam-macam-strategi pemasaran online ini dapat kamu pilih, mana yang sesuai untuk usahamu. Terlebih di era sekarang, strategi tersebut sangat dibutuhkan. Untuk menunjang pemasaran sebuah produk hingga sesuai dengan target pasar. 

Pasalnya, semua orang sudah hidup berdampingan dengan teknologi. Bahkan, untuk memenuhi kebutuhan hidup pun, teknologi ikut terlibat. Sehingga cara ini dinilai efektif. Inilah beberapa macam strategi pemasaran online!

1.  Strategi Content Marketing

Strategi pertama yaitu content marketing.  Strategi ini merupakan sebuah upaya pemasaran dalam memberikan berbagai informasi yang berguna kepada target market perusahaan. Tentu, hal ini tidak lepas dari tujuan perusahaan produk tersebut.

Informasi yang disajikan bisa saja berupa sejarah, value, keunggulan, dan lain sebagainya. Tidak jarang kontennya pun disajikan secara rinci untuk calon konsumen. Ini tentunya bertujuan untuk memberikan sebuah informasi dan mendapatkan interest yang lebih banyak.

Bentuk lain dari konten yang disajikan adalah berupa info produk, tips and trik, pengetahuan umum, dan lain sebagainya. Untuk medianya sendiri, dapat menggunakan youtube, website, bahkan sosial media. Sehingga, dapat disesuaikan dengan apa yang kamu butuhkan.

Baca juga:  Contoh Strategi Pemasaran Produk Yang Harus Dicoba

2. Strategi Visual Marketing

Sebenarnya, strategi ini masih bagian content marketing. Namun, lebih berfokus kepada bagian visualnya. Sehingga, produk maupun hal lainnya akan dipersiapkan supaya mendapatkan gambar, desain, maupun video yang menarik.

Teknik ini pun disebut-sebut, sebagai salah satu strategi yang efektif untuk mengenalkan sebuah produk pada publik. Dalam membuat visualisasi dari konten ini pun tidak sembarangan. Pasalnya, karya tersebut haruslah dapat menggambarkan tujuan dari perusahaan.

Sudah banyak orang atau company yang mencoba bagian dari macam-macam strategi pemasaran. Untuk tetap menjaga eksistensi dari sebuah produk. Bahkan, cara pemasaran ini dinilai efektif. Sehingga, tidak perlu banyak melakukan hard selling pada proses pemasarannya.

3.  Strategi Mobile Marketing

Biasanya cara ini digunakan untuk target market yang menggunakan tablet maupun smartphone. Sebenarnya, ini adalah bagian dari content marketing. Hanya saja lebih berfokus kepada user atau pengguna ponsel pintar maupun tablet dan telah mengalami perkembangan.

Semua konten yang bertujuan untuk pemasaran akan disesuaikan dengan ponsel pintar maupun tablet. Dari mulai tampilan website, aplikasi, dan lain sebagainya. Dengan demikian, calon pengguna pun akan lebih nyaman untuk menggali informasi atau mendapatkan apa yang mereka mau.

Jika tidak memiliki orang yang memiliki kemampuan seperti itu dalam perusahaan, maka kamu bisa menggunakan strategi ini melalui bekerjasama dengan jasa yang menyediakan pelayanan tersebut. Atau kamu bisa merekrut orang yang memiliki kompetensi dalam bidang tersebut untuk mewujudkan strategi ini dengan baik.

Baca juga:  Strategi Pemasaran 4P Lengkap dengan Penerapan juga Contohnya

4. Strategi Search Engine Optimization

Kamu pasti sudah tahu mengenai SEO atau Search Engine Optimization, bukan? Hal ini sering menjadi pembahasan hangat para pelaku pemasaran, khususnya pada media yang menggunakan website.  SEO dianggap komponen sangat penting dalam meningkatkan optimasi atau performance sebuah website.

Pasalnya, website yang memiliki artikel dengan SEO yang baik, memiliki peluang untuk berada di page one halaman google. Dimana hal tersebut, meningkatkan peluang para pembaca untuk berkunjung dan membaca website tersebut.

Secara tidak langsung, SEO membantu sebuah website untuk mendapatkan visitor lebih banyak. Bukan kah kamu pun, sering membaca atau membuka terlebih dahulu artikel yang ada pada halaman page one?

Dengan calon konsumen yang sering terlibat untuk menggali informasi di website mu, itu akan menimbulkan trust pada user tersebut dan kemungkinan menggunakan produk yang ditawarkan. Apabila kamu menjual produk pula di website mu. Dalam strateginya, sebelum mempublish artikel, kamu harus mengisi meta description, tag, dan lain sebagainya.

5.  Strategi Continuous Marketing

Strategi ini, mengharuskan orang-orang yang menggunakan cara tersebut yang tepat. Biasanya, bila strategi ini dilakukan, maka postingan di sosial media akan berganti secara berkala. Macam-macam strategi pemasaran jasa ini bisa dibuat sendiri atau menggunakan layanan orang lain.

Seperti halnya strategi sebelumnya, hanya saja media yang digunakan adalah media sosial. Continuous Marketing mampu menganalisa konten mana yang bisa meningkatkan algoritma pada media sosial. Sehingga, meningkatkan banyak pengunjung yang berinteraksi dengan pemilik akun tersebut.

Untuk menggunakan jasa tersebut, kamu perlu menggali semua identitas customer. Dari mulai minat, usia, wilayah, jenis kelamin, pekerjaan, jumlah pendapatan. Tujuan dari sebuah perusahaan terhadap produk pun, perlu diketahui. Dengan demikian, konten yang dibuat akan sesuai dengan kebutuhan company maupun customer.

Baca juga:  Pengertian dan Contoh Usaha Mikro Yang Bisa Menjadi Inspirasi Bisnis

6.  Strategi Sosial Media Marketing

Dari namanya sudah diketahui bahwa strategi ini diterapkan untuk sosial media. Mencakup LINE, twitter, facebook, instagram, dan lain sebagainya. Salah satu yang masuk dalam macam-macam strategi pemasaran ini, bukan tanpa sebab menjadi salah satu solusi dalam dunia pemasaran.

Hal ini dikarenakan, hampir semua masyarakat menggunakan aplikasi di atas untuk saling berinteraksi satu sama lain. Pemasaran melalui cara ini dapat dilakukan dengan baik, jika content marketingnya pun juga berjalan dengan baik.

Selain itu, strategi ini dinilai efektif untuk menarik perhatian calon pelanggan atau customer. Bahkan, tidak hanya untuk urusan komersial. Namun, sudah banyak pula orang yang menggunakan strategi ini untuk pendidikan. Sehingga, dengan begitu salah satu bagian macam-macam pemasaran pendidikan ini sangat efektif digunakan.