toko kelontong modal 20 juta

Strategi Pemasaran dalam E Commerce, Ini 5 Kuncinya

Penjualan melalui e-commerce ada sejak dua dekade yang lalu. Oleh karena itu, hampir semua pengguna internet mempelajari agar lebih akrab dengan penjualan secara online. Bukan hanya itu saja, semakin lama masyarakat Indonesia mulai menyadari mudahnya melakukan belanja online. Tentu saja ada strategi pemasaran dalam e commerce yang berhasil diterapkan. 

Startegi e commerce adalah praktik penggunaan promosi guna meningkatkan traffic dalam penjualan online. Jadi, pembelian yang dilakukan oleh calon pembeli akan terus berlanjut untuk menambah jumlah orderan. Oleh karena itu, ketahui beberapa cara strategi pemasaran yang akan berguna dalam e-commerce

5 Kunci Strategi Pemasaran dalam E Commerce

Strategi pemasaran dalam e commerce yang baik tentunya berisi taktik yang juga baik di dalam dan luar website yang dimiliki. Strategi pemasaran yang tepat akan membantu dalam membangun kesadaran brand, loyalitas customer, dan meningkatkan penjualan online. Oleh karena itu, ketahui strategi pemasaran yang tepat untuk memulai penjualan di e commerce. 

Menentukan target pasar dan iklan

1. Menentukan target pasar dan iklan

Langkah ini harus ditentukan  dari awal. Tujuannya adalah mengarahkan konsumen agar fokus terhadap produk yang akan dijual. Cara menentukan target pasar  dan iklan yang tepat yaitu  sesuai dengan jenis kelamin, usia, lokasi, dan status. 

Dengan mengenali target pasar secara jelas, maka akan mudah menentukan produk yang tepat. Selain itu juga dapat membuat pendekatan promosi yang sesuai. Strategi ini jelas akan mendatangkan efisiensi biaya.

Baca juga:  Ide Bisnis Cara Jualan Online Tanpa Modal Paling Cuan Tahun Ini!

2. Strategi E Commerce dengan Membuat Deskripsi dan Foto Produk  Menarik

Karena akan melakukan penjualan online, maka deskripsi dan foto produk merupakan hal sangat penting untuk menarik perhatian konsumen. Apalagi jika penjualan produk tersebut dilakukan dalam e commerce. 

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika mengunggah produk jualan. Seperti ukuran, dimensi, warna, manfaat, dan cara pengiriman. Jangan lupa untuk membuat foto produk yang menarik. Ada banyak aplikasi foto yang bisa digunakan untuk mempercantik hasil jepretan. 

3. Memberikan Pelayanan yang Baik

Seringkali calon pembeli akan menanyakan perihal produk yang akan dibelinya. Walaupun pertanyaan yang diajukan sederhana, alangkah baiknya menerapkan layanan customer yang baik atau good customer service. 

Pemberian jawaban yang informatif dan ramah akan membuat calon pembeli tidak kecewa dengan jawaban yang diberikan. Ia akan merasa mendapatkan perhatian dan lebih tertarik melakukan pembelian.

strategi pemasaran dalam e commerce

4. Mengelola Media Sosial dengan Baik

Strategi pemasaran dalam e commerce agar bisa berhasil harus bisa mengelola media sosial dengan baik. Bukan hanya diunggah dalam marketplace, ada juga memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi. 

Perlu diketahui bahwa tidak mudah untuk mengunggah konten. Perlu rencana langkah promosi yang matang untuk ke depannya. Bahkan strategi e commerce yang paling efektif adalah melalui pengelolaan media sosial yang baik. 

Adanya foto dan konten yang menarik, interaksi dengan pengguna media sosial, kolaborasi dengan influencer, memberikan edukasi dan informasi merupakan cara pemasaran yang sering dilakukan di media sosial. Lakukan semuanya dengan penuh rencana dan perhitungan. 

Stratergi Pemasaran dalam E Commerce Memakai SEO

5. Stratergi Pemasaran dalam E Commerce Memakai SEO

SEO atau search Engine Optimization bisa dimanfaatkan dalam menentukan keyword yang tepat untuk memperkenalkan dan menawarkan produk yang akan dijual. Kalau bisa produk tersebut menempati tempat pertama dalam halaman pencarian. 

Baca juga:  Barang yang Cepat Laku Dijual Online, Cek Disini!

Penggunaan SEO tidak bisa terlepas dari website. Media sosial, dan situs e commerce yang dipakai. Jika penggunaannya sudah benar, maka jangan heran kalau pembeli akan lebih banyak datang. 

Jika menginginkan strategi pemasaran dalam e commerce berhasil., maka dari sekarang mulai rencanakan, eksekusi, dan evaluasi. Selanjutnya, hasil evaluasi tersebut bisa digunakan memulai ulang target pasar dan melakukan promosi yang tepat sasaran.