slogan dan deskripsi toko online

5 Tips Menulis Slogan dan Deskripsi Toko Online

Belanja online kini telah menjadi kegiatan yang banyak dilakukan orang saat ini. Bahkan diperkirakan kegiatan ini akan menjadi suatu hal yang menjamur di semua kalangan. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi pebisnis untuk membuat slogan dan deskripsi toko online semenarik mungkin dimata konsumen.

Selain menjadi daya tarik, slogan atau deskripsi toko juga bisa memperkenalkan brand secara efektif. Maka tidak heran saat ini slogan menjadi hal yang wajib dipikirkan bagi anda yang ingin mengembangkan sebuah brand.

Mengingat jangkauan internet yang sangat luas, maka saat ini calon konsumen cenderung tertarik pada produk yang memiliki ciri khas unik. Oleh karna itu, peran slogan memang sangat penting agar terlihat menonjol dari ribuan produk serupa lainya.

Tips Menulis Slogan dan Deskripsi Toko Online yang Baik

Sebelum anda memulai membuat slogan dan deskripsi toko online, sebaiknya anda sudah mengenal betul apa itu slogan. Meskipun terlihat sederhana, membuat slogan yang menarik tidak semudah itu.

Pasalnya, butuh pemahaman mendalam tentang produk dan kombinasi kalimat ajakan yang singkat dan menarik tapi tetap unik. Untuk itu, berikut ini beberapa strategi menulis slogan yang mesti anda pahami terlebih dahulu:

1. Mengenali Siapa Target Pembelinya

Tips pertama dalam membuat slogan dan deskripsi toko online adalah mengenali dulu siapa target pembelinya. Hal ini dilakukan untuk menentukan gaya bahasa yang tepat dengan acuan target pembeli. Misalnya Anda menyediakan produk untuk ibu-ibu usia 30-50 tahun maka gunakan sapaan yang lebih sopan.

Sementara itu apabila produk yang dijual untuk ibu-ibu yang mempunyai anak kecil maka bisa menggunakan sapaan mommies, bunda, mama, mommy, dan lain sebagainya. Kemudian padukan sapaan tersebut dengan kalimat formal atau semi formal.

2. Harus Fokus Pada Manfaat Dari Produk yang Dijual

Orang mau membaca deskripsi toko Anda adalah untuk mengetahui apa sih produk yang dijual dan bagaimana manfaatnya. Oleh karena itu tips kedua akan mengajak Anda untuk membuat deskripsi yang terfokuskan pada manfaat dari produk yang akan dijual.

Mungkin awalnya dapat dibuat dengan pengenalan produk secara umum, kemudian mengerucut pada pembahasan manfaat, keunggulan, kemudian harga. Dengan begitu pelanggan akan lebih tahu terkait produk tersebut sebelum membelinya.

Baca juga:  Teks Iklan Slogan dan Poster Apakah Sama?

3. Berikan Sedikit Sentuhan Emosional Dalam Story Telling

Teknik story telling menjadi salah satu cara membuat slogan dan deskripsi toko online yang banyak dipraktekkan oleh para penjual. Hal ini dilakukan agar terdapat sisi sentuhan terhadap emosional calon pembeli.

Dengan begitu mereka tidak hanya akan membaca deskripsi kemudian menutup halamannya saja melainkan akan melakukan closing dan pemesanan.

Teknik ini tidak bisa ditulis secara sembarangan. Butuh belajar agar mampu membuat kalimat yang memikat. Karena dalam sebuah studi menjelaskan bahwa ketertarikan orang dalam membeli produk itu dipengaruhi oleh emosional bukan hanya keinginan belaka.

4. Manfaatkan Bahasa Interaksi

Cara keempat dalam membuat slogan dan deskripsi toko online adalah dengan memanfaatkan bahasa interaksi. Disini Anda perlu menggunakan kalimat yang berpotensi memunculkan interaksi diantara penjual dengan pembeli.

Dalam membuatnya Anda perlu berimajinasi sejenak dengan membayangkan calon pembeli benar-benar di hadapan dengan sedang mengobrol langsung. Kalimat yang dibuat nantinya bisa berupa kalimat tanya, menyinggung masalah yang dihadapi, kemudian solusi yakni dengan menawarkan produk yang Anda jual.

Baca juga:  50 + Daftar Slogan Makanan Menarik dan Mudah Diingat

5. Gunakan Kosa Kata yang Bervariasi

Kosa kata yang bervariasi akan memberikan kreatifitas tersendiri dalam menyusun slogan dan deskripsi toko online. Selain itu pelanggan akan lebih mudah tertarik dengan kalimat yang unik dan nyambung daripada kalimat yang bertele-tele dan monoton.

Jika membuat kalimat yang seperti itu maka kemungkinan besar susunan kalimat akan menjadi kurang efektif sehingga pembeli bisa merasa bingung bahkan terjadi miss komunikasi. Oleh karena itu sebaiknya perbaiki kualitas tulisan agar lebih menarik dan membangkitkan minat pembeli.