Peluang Usaha Di Desa Yang Menjanjikan Keuntungan Besar

Peluang Usaha Di Desa Yang Menjanjikan Keuntungan Besar

Mengembangkan usaha di Desa bisa Anda lakukan dari sekarang, di Desa ataupun di Kota sama saja. Yang terpenting ciptakan peluang usaha di Desa hingga berhasil mendatangkan keuntungan yang besar seperti Anda membuka usaha di Kota. 

Apalagi saat ini kemajuan teknologi sudah tersebar merata ke pelosok Desa sehingga fasilitas pun mudah terjangkau. Target konsumen juga tidak hanya orang-orang yang ada di desa Anda, bisa menjangkau ke luar desa bahkan ke kota. 

Manfaatkan setiap sumber daya yang ada di desa sehingga potensinya tidak terbuang sia-sia. Bahkan penggunaan teknologi dan digital bisa dimaksimalkan meskipun Anda berada di Desa. 

Baca juga:  Beragam Ide Jualan Makanan Yang Layak Dicoba Anak Muda!

Peluang Usaha di Desa Untuk Pemula

Untuk memulai mengeksekusi berbagai peluang usaha di Desa, Anda hanya perlu menyiapkan modal yang tidak terlalu besar. Apalagi jika bahan bakunya mudah ditemukan di sekitar Desa, bisa didapatkan dengan harga yang murah. 

1. Bisnis makanan ringan

Usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan salah satunya adalah bisnis makanan ringan. Anda bisa membuat keripik singkong, keripik talas, keripik pisang atau olahan makanan ringan lainnya yang berbahan baku dari Desa. 

Makanan ringan tersebut bisa Anda jual ke berbagai tempat, baik di Desa atau ke Luar Desa. Makanan ringan bisa ditawarkan ke warung, toko atau sentra oleh-oleh yang ada di sekitaran Desa. 

Manfaatkan juga kehadiran internet untuk menawarkan produk makanan ringan ke berbagai daerah. Nanti untuk pengirimannya bisa menggunakan jasa ekspedisi pengiriman. 

Bisnis makanan ringan cocok untuk pemula karena modalnya kecil namun perputarannya cukup cepat. Bisnis ini bisa menguntungkan apalagi jika bahan baku yang didapatkan berasal dari tangan pertama para petaninya. 

Baca juga:  Ide Bisnis Keripik Yang Menguntungkan

2. Bisnis Kerajinan Tangan

Masih memanfaatkan bahan baku yang berasal dari Desa, kerajinan tangan bisa menjadi bisnis yang menguntungkan. Apalagi kerajinan tangan ini membutuhkan kreativitas dimana tidak semua orang memiliki kemampuan yang memadai. 

Bisa juga memaksimalkan bakat dan potensi dari masyarakat sekitar seperti Ibu-ibu untuk menghasilkan produk kerajinan tangan. Dengan begitu Anda juga ikut memberdayakan Ibu-ibu dengan menciptakan peluang usaha di Desa yang menguntungkan.

Contoh kerajinannya mulai dari boneka dari cangkang kelapa, anyaman bambu, tas anyaman, keranjang dan masih banyak yang lainnya. Kerajinan tangan asli handmade biasanya memiliki nilai jual yang cukup tinggi. 

Tak perlu khawatir untuk urusan pemasaran dan penjualan, maksimalkan juga media sosial dan situs jual beli online. 

Bahkan jika beruntung, Anda bisa memiliki peluang yang besar untuk bisa mengekspor kerajinan tangan ke luar negeri. Konon masyarakat luar negeri sangat menyukai barang-barang unik asli buatan tangan. 

Baca juga:  Usaha Online di Masa Pandemi, Auto Cuan Setiap Hari

3. Menjual tanaman hias dan sayur organik

Meski berada di Desa, itu bukan halangan bagi Anda yang ingin memulai bisnis. Apalagi peluang usaha di desa 2021 ini sangat beragam, salah satu contohnya jualan tanaman hias dan sayur organik.

Akhir-akhir ini popularitas tanaman hias kembali terangkat karena orang-orang membutuhkan hiburan untuk di rumah. Anda bisa menemukan tanaman hias di hutan dekat Desa atau mengembangbiakkan sendiri. 

Untuk urusan tanah dan pupuk yang digunakan banyak tersedia seperti kotoran kambing atau membuat pupuk kompos sendiri. 

Sayuran organik juga tidak kalah peminatnya, apalagi di masa pandemi seperti sekarang membutuhkan makanan yang sehat. Metode sayuran organik bisa ditanam langsung di tanah dengan pupuk organik ataupun dengan cara hidroponik. 

Meskipun memang untuk teknik hidroponik Anda perlu mengeluarkan modal agak besar di awal, namun untuk pemeliharaannya tidak terlalu besar juga. 

4. Ternak unggas

Peluang usaha di desa selanjutnya adalah ternak unggas, seperti ayam, itik atau bebek. Untuk memulai ternak unggas, Anda bisa membeli sepasang ayam kemudian biarkan proses berkembangbiak terus berlanjut. 

Untuk pemberian pakan bisa dengan cara dilepas di sekitar rumah atau kebun. Bisa juga membeli dedak yang harganya masih cukup terjangkau di tempat penggilingan padi. 

Ternak unggas sangat cocok dilakukan di Desa, apalagi lingkungannya yang masih alami dan banyak kebun tempat si unggas mencari makan sendiri. Selain menjual unggas, Anda juga bisa menjual telur dan kotoran unggas untuk pupuk organik. 

Selalu pastikan kebersihan kandang dan kesehatan unggas agar usaha ini bisa lancar hingga menghasilkan keuntungan. 

5. Bisnis pulsa, voucher kuota dan loket pembayaran

Agar masyarakat di kampung Anda tidak perlu jauh-jauh untuk membeli pulsa, kuota atau loket pembayaran, Anda bisa menyediakan layanan tersebut. Bisnis yang satu ini sifatnya berkesinambungan meskipun dalam setiap harinya tidak akan mendapatkan jumlah yang tetap. 

Loket pembayaran yang dimaksud seperti pembelian token listrik, pembayaran tagihan listrik, top up e-money atau membayar BPJS. Mulailah bisnis ini secara bertahap dari menjual pulsa atau kuota terlebih dahulu. 

Peluang usaha di Desa ini mudah dijalankan karena tinggal mengoperasikannya melalui HP atau komputer. 

6. Pom mini

Membuka usaha seperti pom bensin mini memang harus dilakukan untuk Anda yang berada di pinggir jalan Desa. Sepertinya usaha di daerah sepi yang jauh dari pom Bensin besar akan membuat Anda untung berkali lipat. 

Jadikan area yang sepi itu untuk Anda berjualan bensin ecer atau pom mini. Caranya bisa dengan membangun usaha kemitraan atau franchise dengan Pertamina. 

Cara seperti itu lebih aman dibandingkan Anda menjual bensin eceran dalam botol yang rawan pecah atau berceceran. Tapi jika belum memungkinkan untuk melakukan kemitraan, bisa juga jualan dalam botol yang penting selalu memperhatikan keamanannya. 

Maksimalkan setiap peluang usaha di desa agar Anda mendapatkan penghasilan meskipun jauh dari kota. Mencari penghasilan ternyata tidak melulu harus pergi merantau ke Kota. 

Baca juga:  Berapa Modal Jual Nasi Goreng dengan Gerobak?

7. Jadi Youtuber

Menjadi youtuber mungkin terdengar aneh apalagi jika Anda berada di Desa, namun peluang usaha ini bisa dimaksimalkan karena hanya bermodalkan HP dan internet. Tema vlog yang diambilnya suasana pedesaan saja sehingga channel Anda memiliki ciri khas yang menarik. 

Angkat kegiatan-kegiatan di pedesaan seperti bercocok tanam, memanen hasil pertanian, menangkap ikan, menebang pohon kayu atau kegiatan lainnya. Penghasilan menjadi seorang youtuber juga tidak bisa dianggap remeh terutama yang sudah memiliki banyak subscriber. 

8. Photographer

Suasana Desa yang indah bisa Anda abadikan dengan menggunakan HP atau kamera yang dimiliki. Fotonya semakin menarik karena suasana alami di Desa tidak akan ditemukan di Daerah Perkotaan. 

Jual hasil fotonya di platform online seperti Shutterstock, istockphoto, adobe stock dan lainnya. Biasanya untuk bayaran atau royalti berasal dari seberapa banyak foto Anda didownload oleh orang-orang. 

Setelah mengamati ulasan di atas, apakah Anda masih bingung mencari peluang usaha di Desa? Yang pasti mulailah amati dan analisa potensi apa saja yang dimiliki oleh Desa tempat Anda tinggal. 

Potensi bahan baku yang bisa diolah menjadi makanan, potensi wisata, potensi bahan baku untuk kerajinan atau potensi pemandangan yang indah. Pintar-pintarlah melihat potensi yang ada sebelum dimanfaatkan oleh orang luar dan meraup keuntungannya. 

Peluang usaha di Desa perlu terus digali dengan menyesuaikan terhadap kearifan lokal yang menjadi khazanah kekayaan Desa. 

Baca juga:  10+ Kata Kata Open Reseller, Terbukti Banyak Yang Join
Kata Kunci:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.