Barang yang Banyak Diminati Masyarakat, Cek Tips Memilihnya

Dariberita – Ingin punya online shop yang laris? Salah satu kuncinya adalah menyediakan barang yang banyak diminati masyarakat. Dengan demikian, potensi terjual cepat juga meningkat. Lantas, Bagaimana cara memilihnya?

Tips Memilih Barang yang Banyak Diminati Masyarakat

Memang benar, setiap produk pasti memiliki pangsa pasarnya sendiri. Meskipun demikian, ada beberapa barang yang mempunyai konsumen lebih banyak. Jadi, berikut ini adalah beberapa cara memilih produk agar laris.

1. Riset Pasar Pesaing

Pertama, jika ingin menjual barang yang laris, sebaiknya melakukan riset pasar dan pesaing. Cek apa jenis produk yang laris di toko pesaing. Selain itu, perhatikan juga demand pasar. Jadi, bisa menyediakan barang sesuai permintaan pasar.

Pertimbangan lainnya adalah jenis produk musiman. Contohnya gamis dan mukena yang meningkat penjualannya saat Ramadan. Menyediakan barang musiman ini juga harus memperhatikan trend yang sedang ramai, sehingga laris.

2. Cek Trend Agar Dapat Barang yang Banyak Diminati Masyarakat

Cara lain agar bisa menjual barang laris adalah dengan memperhatikan trend. Sebagai pemilik online shop, tentu harus peka terhadap hal ini. Segera ikuti trend, atau bahkan lebih baik lagi jika mampu menciptakannya.

Tipsnya, ikuti perkembangan pasar luar negeri. Tentu saja, harus jeli terhadap kecenderungan masyarakat Indonesia. Saat ini, masyarakat Indonesia, kebanyakan menyukai barang-barang ala Korea. Ini merupakan panduan dalam riset trend.

Anda juga bisa melihat dari drama Korea on going yang sedang ramai menjadi perbincangan. Biasanya, ada hal yang dilakukan tokoh, akhirnya menjadi trend. Contoh, outfit-nya, pernak-pernik, bahkan makanannya.

Baca juga:  Apa Saja Macam-Macam Strategi Pemasaran Secara Online?

3. Tentukan Harga yang Bersaing

Saat ini, pembeli barang secara online memiliki keleluasaan dalam memilih. Nyatanya, ada ribuan olshop dengan dagangan yang serupa, bahkan sama persis. Oleh sebab itu, penentuan harga ini sangat penting.

Apabila harga kurang bersaing, yaitu terlalu mahal, tidak menutup kemungkinan, toko online menjadi sepi pembeli. Oleh sebab itu, jika tidak ingin hal ini terjadi, sebaiknya menetapkan harga yang rasional dan mampu bersaing.

4. Sering Mengadakan Promo

Berikutnya, cara agar membuat dagangan di toko online memiliki banyak peminat adalah dengan sering mengadakan promo. Sekalipun memasarkan barang trend, suatu promosi bisa menjadi pendongkrak penjualan.

Ada baiknya juga melakukan optimasi akun toko online. Contohnya menggunakan gambar yang cantik dan jelas, hashtag populer yang relevan, dan penggunaan deskripsi yang unik.

Tulislah deskripsi yang lebih menceritakan nilai suatu produk. Jadi, jangan hanya menonjolkan spesifikasi, melainkan keunggulan dan kegunaannya juga. Oleh sebab itu, sebaiknya tidak terpaku pada deskripsi dari produsen saja.

4. Sediakan Varian Lengkap

Setelah memilih jenis produk yang memiliki banyak peminat, sebaiknya menyediakan all variant. Tujuannya adalah agar bisa menjangkau pasar yang lebih luas.

Contohnya dalam produk snack kekinian. Misalnya, menjual makaroni, sediakan semua rasa yang ada. Jadi, pembeli akan leluasa memilih mana yang menjadi favoritnya.

Baca juga:  Contoh Strategi Pemasaran Yang Unik Dalam Bisnis

Jenis Barang Yang Banyak Diminati Masyarakat

Pada dasarnya, ada beberapa barang dagangan olshop yang saat ini memiliki banyak peminat. Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

  • Produk fashion, meliputi pakaian remaja, anak-anak, baju muslim, hingga mukena.
  • Tas dan sepatu. Juga ikat pinggang dan aksesoris lainnya.
  • Produk peralatan bayi, terutama popok, perlengkapan mandi, dan baju. Termasuk juga stroller, baby walker dan sejenisnya.
  • Produk kesehatan, yaitu vitamin, dan obat. Barang lain yang juga memiliki banyak peminat adalah glucometer, oxymeter, dan alat pengukur tekanan darah.

Dengan mengetahui jenis produk dan cara memilih barang yang banyak diminati masyarakat, potensi toko online menjadi laris pun meningkat. Kendati demikian, penting juga memaksimalkan faktor lain, seperti keramahan dan respon yang cepat.