mengobati-telinga-tersumbat

Nggak Usah Panik! Ini 5 Cara Menyembuhkan Telinga Tersumbat

Telinga sebagai salah satu alat indera pada manusia yang mesti dijaga dan dirawat dengan baik. Saat mengalami telinga tersumbat perlu melakukan pengecekan sebab keadaan itu harus segera mendapat tindakan tepat. Meskipun, sudah lakukan cara menyembuhkan telinga tersumbat, namun masih terasa kurang nyaman. 

Penyebab Telinga Tersumbat

Malas membersihkan bisa jadi kotoran dalam telinga semakin menumpuk sehingga mempengaruhi pendengaran. Jika, hal itu terjadi akan menyebabkan kesulitan berkomunikasi ataupun merasa nggak nyaman. Mengalami telinga tersumbat dapat menimbulkan bunyi berdengung, pusing, nyeri, gangguan keseimbangan, dan terasa penuh. Maka, memerlukan cara mengatasi telinga tersumbat. 

Bindeng atau telinga tersumbat penyebabnya bisa berbagai macam, misalnya sedang berada di tempat tertentu, kemasukan air, atau benda dan binatang kecil. Telinga tersumbat juga bisa menunjukkan sebagai tanda adanya penyakit telinga. Gangguan telinga tersumbat dapat timbul perlahan ataupun mendadak. Nah, di bawah ini ada beberapa kondisi penyebab yang memicu telinga tersumbat: 

1. Kotoran Pada Telinga yang Menumpuk 

Keadaan yang sering memicu telinga tersumbat adalah kotoran di telinga yang menumpuk. Adapun kotoran telinga atau cerumen terbentuk dari lilin di telinga dapat membantu melindungi telinga daru infeksi. Cara menyembuhkan telinga tersumbat sebagai bagian dari menjaga kesehatan telinga, sehingga tetap pendengaran tetap terjaga baik. 

Ketahui saat menguap, berbicara, dan mengunyah, lilin yang terdapat pada telinga akan berpindah dari bagian dalam telinga ke bagian luar. Hal itu membuat lilin menjadi kering serta terkelupas. Membersihkan kotoran menggunakan cutton bud, memungkinkan kotoran terdorong ke dalam dan dapat menimbulkan penumpukan serta sukar dibersihkan. 

Baca juga:  4 Obat Imun Terbaik Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Cara mengatasi telinga bindeng dengan membersihkan memakai cutton bud dapat menimbulkan kotoran menumpuk lalu menyumbat. Jika kotoran menyumbat telinga maka bisa menimbulkan masalah dan membuat telinga meredam. Sebaiknya, bersihkan telinga dengan alat khusus untuk membersihkan telinga dan pastikan aman ketika digunakan. 

2. Mendengar Suara Terlalu Keras 

Penyebab telinga meredam adalah akibat suara terlalu keras. Suara keras dapat timbul melalui earphone, suara bising dari pabrik, mendengar ledakan, dan nonton konser. Orang yang bersinggungan dengan kegiatan atau aktivitas yang berkaitan dengan telinga, sering menggunakan alat penutup telinga supaya suara yang memekakan telinga teredam. 

Suara yang begitu keras atau kencang nggak cuma menimbulkan tersumbat tetapi bisa membuat gendang telinga sakit bahkan pecah. Menghindari kejadian itu, maka lebih mengutamakan safety dengan memakai alat pengaman bagi telinga. Apalagi kalau sering bersinggungan dengan suara-suara keras diperlukan juga cara mengatasi telinga bindeng.

3. Otitis Media atau Infeksi Telinga Tengah

Penyebab lain telinga tersumbat ialah Otitis media. Umumnya terjadi pada bayi dan anak-anak. Pada kondisi Otitis media menyebabkan telinga bagian tengah meradang. Hal itu terjadi karena adanya penumpukan cairan maupun infeksi. Sehingga, memerlukan penanganan medis supaya cepat teratasi. 

3. Adanya Penyakit Meniere 

Adapun gejala pada telinga dengan penyakit Meniere adalah pendengaran terganggu, vertigo, telinga berdenging, dan merasa penuh akibat ada tekanan. Penyakit Meniere pada telinga bisa mengakibatkan kerusakan permanen. Waspadai gejalanya sebagai bentuk tindakan berjaga-jaga dan meminimalisir terkena dengan cara menyembuhkan telinga tersumbat. 

Baca juga:  Cara Edit Foto Wajah Pengantin Gunakan Aplikasi Tempo

4. Pertanda Tinnitus 

Merasakan telinga telinga tersumbat diikuti dengan dengingan, seperti dengung, siulan, desis, decak, dan deru. Itu menunjukkan ke arah gejala tinnitus yang terjadi akibat telinga mendengar suara bising yang terlalu keras. Maupun, pemakaian obat-obatan antiradang non-steroid. 

Cara Menyembuhkan Telinga Tersumbat

Setelah mengetahui penyebab telinga tersumbat, akan lebih gampang mengobati sendiri. Akan tetapi, ada beberapa penyebab memerlukan cara mengatasi telinga tersumbat melalui penanganan medis. Terkait dengan penggunaan obat-obatan tertentu yang sesuai. Di bawah ini ada beberapa pilihan cara untuk mengatasi telinga tersumbat: 

1. Mengompres Telinga Menggunakan Air Hangat 

Lendir menumpuk dapat mencair dan pembuluh darah melebar pada telinga bindeng bisa menggunakan air hangat. Dengan begitu, sirkulasi darah dan pasokan oksigen dapat lebih gampang mencapai bagian tubuh yang sakit. Sehingga, membantu otot untuk santai serta mengurangi rasa nyeri. 

2. Meminum Obat Dekongestan 

Cara menyembuhkan telinga tersumbat akibat pilek atau flu dengan mengompres air panas. Selain itu, untuk meringankan gejalanya dengan minum obat dekongestan yang mampu mengecilkan pembuluh darah di hidung. Kemudian, mengurangi pembengkakan selaput lendir serta tekanan pada telinga.

Pada waktu akan melakukan penerbangan dengan jarak panjang bisa minum obat ini satu jam sebelum terbang dan setelah terbang. Saat penerbangan panjang, obat dekongestan membantu mencegah tersumbatnya telinga, sehingga lebih rileks dalam penerbangan. 

Baca juga:  Apa Insured Asuransi? Berikut Adalah Penjelasanya

3. Menggunakan Minyak Esensial atau Baby Oil 

Cara menyembuhkan telinga tersumbat akibat kotoran mengering dan menumpuk menggunakan baby oil ataupun minyak esensial. Telinga tersumbat karena kotoran bisa menimbulkan rasa gatal, maka mengatasi dengan meneteskan baby oil, gliserin, atau minyak zaitun ke telinga. 

4. Melakukan Manuver Valsava (Teknik Pasif) 

Manuver Valsava bisa untuk mengatasi telinga tersumbat. Teknik pasif ini bisa dipraktikkan dengan cara minum air putih dan mengunyah permen karet. Pada teknik ini akan mampu membantu tabung eustachius yang tersumbat menjadi terbuka. Maka, bisa mengurangi tekanan pada telinga yang tersumbat. 

5. Menggunakan Hair Dryer Atau Miringkan Kepala

Melalukan aktivitas berenang memungkinkan telinga kemasukan air yang menyebabkan kondisi telinga jadi basah dan tersumbat. Bakteri akan senang pada telinga yang basah. Untuk itu cara mengatasi telinga tersumbat air supaya nggak terjadi infeksi dengan sesegera mungkin untuk mengeringkan telinga. 

Mengatasi dengan memiringkan kepala dalam waktu beberapa lama. Dengan mengubah posisi kepala akan membawa air tersumbat keluar. Jika belum berhasil, posisikan badan berbaring lalu letakkan telinga di atas handuk dengan posisi tidur menyamping hingga air keluar. 

Kalau waktu mepet maka bisa menggunakan hair dryer sebagai cara menyembuhkan telinga tersumbat akibat air. air akan kering karena udara panas yang dihasilkan oleh hair dryer, sehingga telinga menjadi kering dan nggak tersumbat. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.