cara-menyembuhkan-bisul

7 Cara Menyembuhkan Bisul Dengan Bahan Alami : Super Mudah

Saat bisul muncul di bagian tubuh pasti rasanya sangat tidak nyaman, bahkan menimbulkan rasa sakit. Bisul merupakan benjolan merah berisi nanah yang muncul pada kulit. Cara menyembuhkan bisul bisa dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Penyebab Munculnya Bisul

Bisul biasanya muncul di area wajah, bokong, leher, bahu dan ketiak. Tentu, kemunculan bisul bisa terjadi karena beragam sebab. Di antaranya seperti pola makan yang tidak sehat, kurang menjaga kebersihan, atau karena masalah kesehatan tertentu.

Kebanyakan bisul disebabkan oleh bakteri yang biasa ditemukan di kulit dan di dalam hidung, yaitu Staphylococcus aureus. Bisul bisa berkembang biak di bagian-bagian kulit yang telah rusak karena cidera ringan atau gigitan serangga. Sehingga bakteri Staphylococcus aureus mudah masuk.

Jika seseorang mengalami penyakit bisul secara berkali-kali atau sekaligus dalam jumlah banyak, kemungkinan orang tersebut sedang ada penyakit seperti diabetes melitus. Jadi, munculnya bisul bisa karena beberapa sebab tertentu. Ketika muncul bisul sebaiknya segera melalukan pengobatan agar infeksi tidak semakin parah.

Bahan-Bahan Alami Untuk Menyembuhkan Bisul

Cara menyembuhkan bisul bisa menggunakan bahan-bahan alami yang mudah didapatkan. Jika kondisi bisul yang dihadapi masih bersifat ringan, bisa mencoba bahan-bahan alami yang terdapat di rumah. Berikut ini 7 bahan alami untuk mengatasi munculnya bisul pada kulit.

Baca juga:  Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Tubuh pada Masa Pubertas?

1. Bubuk Kunyit

Cara menyembuhkan bisul yang pertama, yaitu menggunakan bubuk kunyit. Kunyit sudah sejak lama dipercaya memiliki banyak manfaat sebagai obat alami pada berbagai penyakit. Salah satu penyakit yang bisa diatasi dengan kunyit, yaitu bisul.

Bubuk kunyit mempunyai sifat antibakteri dan antiinflamasi yang dapat menyembuhkan dan menghilangkan bisul dengan cepat. Untuk menggunakannya bisa dengan dua cara, yaitu diseduh secara langsung atau sebagai salep.

Cara menggunakan dengan diseduh, yaitu cukup merebus satu sendok teh bubuk kunyit dalam air atau susu. Kemudian, rebusan kunyit diminum setiap tiga kali sehari.

Sedangkan cara membuat kunyit untuk dijadikan salep, yaitu cukup campurkan kunyit dengan air dan jahe. Buat menjadi adonan berbentuk pasta. Setelah itu oleskan pasta tersebut pada bisul dua kali sehari.

2. Madu Murni

Cara mengobati bisul secara alami yang selanjutnya, yaitu menggunakan madu murni. Madu mempunyai sifat yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri secara efektif. Itulah mengapa madu murni dapat membantu penyembuhan bisul.

Cara menyembuhkan bisul menggunakan madu, yaitu cukup mengoleskan madu pada bagian bisul. Lalu, tutup bisul yang sudah dioles madu menggunakan kain kasa yang bersih. Biarkan selama semalaman penuh, dan bilas pada pagi harinya.

3. Bawang Putih

Cara mengobati bisul selanjutnya, yaitu menggunakan bawang putih. Bawang putih diyakini mampu mengatasi bisul karena kandungan antibakteri yang baik di dalamnya. Berdasarkan beberapa penelitian, kandungan yang ada pada bawang putih bisa menyembuhkan infeksi kulit akibat jamur dan bakteri.

Baca juga:  Cara Mengecek Resi Pengiriman Pos

Cara menggunakannya sangat mudah, cukup dengan menggiling bawang putih sampai halus. Kemudian, tempelkan pada bisul selama 10 hingga 30 menit. Sebaiknya dilakukan satu hingga dua kali sehari sampai bisul sembuh.

4. Cuka Apel

Bisul bisa disembuhkan dengan menggunakan cuka apel atau dikenal dengan nama apple cider vinegar. Cara menggunakan cuka sari apel untuk mengobati bisul sangat mudah.

Campurkan 2 sendok cuka apel dengan 4 sendok makan air putih. Kemudian, celupkan kapas pada campuran tersebut dan oleskan pada bagian bisul, lalu biarkan hingga kering. Untuk hasil yang maksimal, gunakan setiap malam.

5. Lidah Buaya

Cara menyembuhkan bisul yang selanjutnya, yaitu menggunakan bahan alami lidah buaya. Lidah buaya memang sudah dikenal sebagai tanaman yang kaya dengan manfaat, termasuk untuk menyembuhkan bisul. Caranya dengan mengoleskan lidah buaya pada bisul.

Jika menggunakan lidah buaya asli dari tanamannya, maka lidah buaya harus dikupas dan dicuci bersih terlebih dahulu. Setelah itu, oleskan gel lidah buaya pada area bisul dengan gerakan memutar. Lalu, biarkan hingga 30 menit dan bilas menggunakan air hingga bersih. Agar hasil maksimal, sebaiknya gunakan sebanyak dua kali sehari.

Baca juga:  Kenali Gejala Limfoma atau Kanker Getah Bening Secepatnya

6. Tea Tree Oil

Tea Tree Oil mampu menyembuhkan bisul, karena sifatnya yang antibakteri dan antiseptik. Sehingga mampu mengobati infeksi bakteri yang menyebabkan munculnya bisul pada kulit. Cara menggunakannya mudah, yaitu 5 tetes tea tree oil dicampurkan dengan 1 sendok teh minyak kelapa atau minyak zaitun.

Selanjutnya, rendam kapas pada campuran minyak tersebut dan oleskan pada area bisul sebanyak 2 – 3 kali sehari. Lakukan setiap hari hingga bisul benar-benar membaik. Sebaiknya, tea tree oil tidak dioleskan secara langsung ke kulir, karena bisa menyebabkan efek terbakar pada kulit.

7. Neem Oil

Cara menyembuhkan bisul yang terakhir, yaitu menggunakan Neem Oil. Neem oil adalah obat bisul alami yang ampuh mempercepat penyembuhannya. Neem oil sendiri bersifat antibakteri, antimikroba dan antiseptik yang dapat mengobati infeksi kulit seperti bisul.

Cara menggunakan neem oil, yaitu dengan mengoleskannya pada area yang terkena bisul. Gunakan sebanyak tiga hingga empat kali sehari. Disarankan untuk mencuci tangan menggunakan sabun sebelum dan sesudah mengaplikasikannya.

Itulah 7 cara obati bisul dengan bahan alami. Cara-cara di atas dipercaya ampuh mengatasi bisul ringan. Obat-obat alami tersebut bisa ditemukan di rumah dan mudah menggunakannya.

Cara menyembuhkan bisul dengan bahan alami ini bisa dicoba di rumah. Untuk mencegah munculnya bisul sebaiknya jaga kesehatan dan kebersihan tubuh, agar terhindar dari bakteri yang bisa menyebabkan munculnya bisul.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.