Pengertian dan Contoh Usaha Mikro

Pengertian dan Contoh Usaha Mikro Yang Bisa Menjadi Inspirasi Bisnis

Seiring berjalannya zaman, kini beberapa contoh usaha mikro pun mendapatkan sorotan karena dinilai memiliki pendapatan yang lumayan. Seperti yang diketahui untuk memulai usaha tidak harus langsung besar. Bisa juga dimulai dari kecil, sehingga segala proses lebih terasa.

Ada beberapa contoh usaha yang biasanya digunakan oleh para pengusaha bisnis mikro. Barangnya tersebut ada yang dijual melalui marketplace dan ada pula yang dijual atau dibeli secara bebas dari tokonya langsung.

Pengertian Usaha Mikro

1. Pengertian Usaha Mikro Berdasarkan Undang-Undang

Usaha mikro adalah jenis usaha yang dimiliki oleh perorangan dengan kriteria berdasarkan Undang-Undang (UU) Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah, yakni sebagai berikut:

  • Memiliki aset atau kekayaan bersih hingga Rp 50 juta, tidak termasuk tanah atau bangunan tempat usaha.
  • Omzet penjualan tahunan hingga Rp 300 juta.
Baca juga:  Mengapa Harus Memulai Usaha di Usia Muda? ini Alasannya

2. Pengertian Usaha Mikro Berdasarkan Perkembangannya

Pengertian usaha mikro berdasarkan perkembangannya terbagi menjadi dua sebagai berikut:

  • Livelihood, yaitu usaha mikro yang sifatnya hanya untuk mencari nafkah. Jenis usaha mikro yang satu ini dikenal luas sebagai sektor informal. Contohnya, pedagang kaki lima.
  • Micro, yakni usaha mikro yang sudah cukup berkembang, namun memiliki sifat kewirausahaan dan belum bisa menerima perkerjaan subkontraktor serta belum bisa melakukan kegiatan ekspor.

6 Contoh Usaha Mikro

Contoh usaha yang akan diuraikan di bawah, diperkirakan memiliki penghasilan yang lumayan. Sehingga, bagi kamu yang ingin mulai berwirausaha, beberapa usaha tersebut dapat dijadikan sebuah referensi. Khususnya, bagi kamu yang masih bingung untuk berfokus pada bidang apa.

1. Usaha Laundry Kiloan

 Laundry Kiloan ini dapat menjadi pilihan yang tepat, apabila kamu menyukai kegiatan yang tidak terlalu banyak gerak dan sudah terbiasa mencuci baju sendiri. Untuk pendapatan yang ditawarkan oleh usaha ini, dapat dikatakan lumayan. Meskipun, sudah orang yang terjun dalam usaha tersebut.

Jika kamu tertarik atau berminat memulai usaha ini, maka belilah tiga unit mesin cuci, satu unit setrika, etalase, rak pakaian, kertas nota, detergen, dan pewangi. Untuk tempatnya pun, tidak perlu menghabiskan terlalu banyak ruang. Sehingga, kamu bisa memulainya di garasi atau depan rumah.

Namun apabila kamu memiliki uang yang cukup, maka carilah lokasi-lokasi strategis, seperti di kampus, kantor, kos, dan lain sebagainya. Lalu berapakah modal untuk usaha ini? Yaitu sekitar Rp 10 Jt-20 Jt. Dari dana nya, dapat disimpulkan bahwa usaha ini merupakan contoh usaha mikro menengah

2.  Bisnis Ayam Potong

Peluang bisnis ini untuk sukses, itu besar. Hal ini dikarenakan ayam menjadi lauk makanan yang banyak digemari oleh sebagian besar orang di Indonesia.  Daging ayam ini, memang lebih murah dibandingkan dengan daging sapi.

Selain itu, ketika dimasak daging ini dapat diracik menjadi berbagai macam hidangan. Sehingga, dapat disajikan dengan menu yang berbeda setiap harinya. Untuk memulai usaha ini, kamu hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 1Jt sampai dengan 2Jt.

Baca juga:  Tips Memulai Usaha Ternak Bebek Pedaging

Jumlah biaya tersebut cukup untuk merintis usaha ayam potong ini. Untuk tempatnya sendiri, sebaiknya mencari terlebih dahulu lahan kosong di depan rumahmu. Maka, apabila luas halaman rumah lumayan, kamu dapat menjadikannya tempat usaha. Namun, perlu dipertimbangkan mengenai apa saja dampak dari hal tersebut.

3.  Bisnis Sayuran Organik

Sayuran menjadi salah satu makanan terpenting untuk manusia. Pasalnya, kandungan yang ada dalam sayuran memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Sehingga, bisnis ini tampak menjanjikan untuk dicoba. Perlu diperhatikan, untuk membuat bisnis ini lebih menarik bagi para calon customer, sebaiknya menggunakan packing menarik.

Sehingga para calon customer atau pelanggan memiliki antusias terhadap usaha ini. Jika kamu ingin membuka toko, maka usahakan menata sayuran dengan sangat rapi. Klasifikasikanlah sayuran tersebut berdasarkan jenisnya.

Dengan begitu, para calon pelanggan dapat memilih sayuran dengan lebih leluasa dan nyaman. Berapakah kisaran modal untuk memulai usaha ini? Kisarannya adalah antara Rp 1 Jt sampai Rp 10 Jt.

4. Bisnis Kuliner

Bisnis ini sangat populer dan tidak akan lekang oleh zaman. Hal ini terbukti, ketika contoh usaha mikro yang sukses ini mampu membuat banyak orang meraup banyak keuntungan dari sana. Namun, tentunya tidak hanya menjual makanan saja. Melainkan perlu ada strategi yang matang, agar usaha tersebut pun mendapatkan hasil yang sesuai.

Untuk pertama kali memulai, tidak memerlukan sebuah fasilitas gedung. Sehingga, kamu tidak perlu menyewa sebuah gedung untuk usaha mu ini. Lalu berapakah modal pertama untuk usaha kuliner ini? Yaitu sekitar Rp 5 Jt.

Baca juga:  Usaha yang Cocok Untuk Anak Muda Dengan Modal Minim

Untuk mendapatkan banyak pelanggan, kamu bisa memanfaatkan keberadaan para ojol atau ojek online. Sehingga, baik kamu maupun pelanggan sama-sama diuntungkan satu sama lain. Bisnis ini pun tidak akan pernah cepat usang. Karena makanan akan selalu dibutuhkan oleh manusia. Maka, pilihlah jenis usaha makanan yang cocok untukmu dan sesuai dengan target market.

5. Bisnis Fashion Online

Bukankah bisnis ini sangat familiar terdengar? Hal tersebut memang benar adanya. Pasalnya, sekarang makin marak orang yang terjun dalam bidang ini. Namun, bagi kamu yang ingin memulai usaha di bidang tersebut, jangan khawatir mengenai persaingan yang ketat!

Hal ini dikarenakan, setiap usaha sebenarnya memiliki pesaing nya tersendiri. Dengan begitu, sebaiknya kamu menyediakan produk yang berbeda dari kebanyakan orang jual. Misalnya, pesaing kamu kebanyakan yang jualan baju pesta perempuan. Maka, cobalah jual dalaman perempuan atau baju santai yang sering digunakan ketika di dalam rumah.

Modal yang dibutuhkan untuk merintis usaha ini pun beragam. Jika kamu sudah memulainya, sebaiknya tidak perlu menyewa toko terlebih dahulu. Gunakan market place saja, untuk menghemat pengeluaran sewa. Selain itu kamu pun dapat mempromosikannya melalui akun sosial yang kamu miliki. Untuk memperoleh harga yang lebih murah, sebaiknya kamu perlu menemukan konveksi untuk kerjasama.

Baca juga:  11 Rekomendasi Bisnis online untuk Pelajar Tanpa Modal, Berani Coba?

6. Bisnis Souvenir

Contoh usaha mikro selanjutnya adalah bisnis souvenir. Usaha ini terbilang menjanjikan, meskipun untung dari tiap barangnya sedikit. Namun, orang membeli souvenir tidak mungkin hanya beberapa buah saja. Melainkan ratusan, paling sedikit membeli souvenir jumlahnya paling sekitar 50 buah.

Untuk memulai usaha ini, kamu hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp 1 Jt sampai Rp 5 Jt. Selain itu, pilihlah souvenir-souvenir yang unik dibandingkan dengan para penjual lainnya. Untuk hal tersebut, kami perlu mengatakan siapa yang akan menjadi sasaran market usahamu.

Baca juga:  13 Bisnis yang Akan Booming di Tahun 2022 Bisa Anda Pilih