ibunda-amanda-manopo-meninggal-dunia

Inilah Kronologis Ibunda Amanda Manopo Meninggal Terpapar Covid 19 dengan Diabetes

Kabar duka terbaru dari dunia artis berasal dari ibunda Amanda Manopo meninggal dunia. Pemeran Andin dalam film Ikatan Cinta tersebut sedang berduka karena orang yang sangat dicintainya sudah meninggalkan dia selamanya. 

Berita tersebut sudah dikonfirmasi sebelumnya oleh Manajer Amanda, Ricco Ricardo. Dia bercerita bahwa ibunda Amanda Manopo, Henry Manopo, meninggal dunia. Sebelumnya almarhum sudah terkena virus Covid 19. Apalagi memiliki riwayat penyakit komorbid diabetes. Berikut cerita kronologisnya seputar Ibunda Amanda. 

 

Kronologis Ibunda Amanda Manopo Sebelum Meninggal

Sebelumnya semua keluarga Amanda mencari rujukan rumah sakit yang memiliki fasilitas untuk menerima pasien Covid 19. Selain itu, kondisi Henny juga menurun.

 Bukan hanya itu saja, penyakit lamanya komorbit diabetes juga menyebabkan drop. Untuk lebih jelasnya, berikut kronologis kondisi sebelum ibunda Amanda Manopo meninggal. 

Pernah isolasi mandiri

Menurut kabar, sebelumnya Henny Manopo telah melakukan isolasi mandiri selama 14 hari. Awal mula  gejala  hanya batuk kering. Namun, karena memiliki riwayat penyakit komorbit diabetes. Maka virus Covid 19 semakin kuat untuk menyerangnya. 

Mulai sesak napas

Tidak akan ada yang menyangka bahwa ibu Amanda meninggal dunia. Padahal sebelumnya dia berkata baik-baik saja. Namun kecurigaan dari manajer Amanda Manopo, Ricco Ricardo, yang sering kontak dengan Henny Manopo mulai terasa. Karena ketika ditelepon, suaranya agak terbata-bata. 

Baca juga:  Artis Film Azab Indosiar Dikabarkan Jadi Pelakor

Ricco mulai menyarankan supaya ibunda Amanda Manopo segera dibawa ke ICU. Tapi, waktu itu Henny menolak untuk berangkat. Alasannya dia masih merasa baik-baik saja. Sejak itu, Ricco mulai membawakan tabung oksigen untuknya. 

Tangan tidak bisa bergerak

Keesokan harinya tangan ibunda Amanda Manopo tidak bisa digerakkan. Berita tersebut didapatkan Ricco ketika mengontak Henny. Katanya setelah sarapan, tangannya tidak bisa bergerak. 

Akhirnya Henny segera dibawa ke rumah sakit oleh pihak keluarga ke RS Premier Bintaro, kemudian dirujuk ke RS Mitra Keluarga Kemayoran. 

Berjuang melawan virus Covid 19

Rujukan ke Rumah Sakit Mitra Keluarga Kemayoran, tujuannya supaya Henny bisa mendapatkan perawatan ICU. Ketika dipindah ke rumah sakit tersebut. Keadaan Henny juga sempat membaik, karena perawatannya sudah maksimal. Mulai dari pemberian ventilator sampai monitor. 

Ricco mengatakan bahwa waktu itu mendiang ibu Henny mulai kelihatan baik, meskipun ternyata ada efek samping karena telat untuk perawatan ke rumah sakit. Yaitu terdapat gejala stroke. Tapi waktu itu saturasi oksigennya sudah menunjukkan peningkatan. 

Penyakit Diabetes

Semua mengira bahwa ketika ibu Amanda meninggal dunia karena adanya infeksi virus Covid 19 dengan diabetes yang dimilikinya. 

Banyak yang berpendapat bahwa penyakit bawaannya memperparah virus tersebut. Bukan hanya Covid 19 saja yang membuat ibunda Amanda Manopo meninggal dunia, tapi penyakit bawaannya juga menjadi faktor. 

Baca juga:  Andika Kangen Band Tunangan? Ini Dia Deretan Faktanya

Itulah kronologis sebelum ibunda Amanda Manopo meninggal. Semua usaha demi kesembuhan Henny sudah dilakukan, namun Tuhan memiliki kehendak lain.  Semoga semua keluarga Amanda diberikan ketabahan dan kesabaran. Sehingga ibunda Henny Manopo bisa tenang di sisi-Nya. 

Peristiwa yang dialami oleh mendiang Henny Manopo memberikan sebuah pertanyaan, apakah penyakit diabetes bisa memperparah kondisi pasien yang terkena Covid 19? Benar atau tidaknya, sebaiknya sedari awal mulai menjaga kesehatan. Seperti tips di bawah ini. 

Tips Mencegah Komplikasi Penyakit Diabetes pada Pasien Covid 19

Ibunda Amanda Manopo meninggal dunia karena terkena Virus 19, namun infeksi bertambah parah karena penyakit bawaan, yaitu diabetes. Bukan hanya diabetes, masih banyak penyakit lainnya yang bisa memperparah keadaan ketika terpapar Covid 19. Tidak perlu khawatir bagi penderita diabetes, berikut ada beberapa tips mencegah komplikasi ketika terpapar Covid 19. 

Pengetahuan tentang penyakit diabetes

Banyak yang mengira bahwa penyakit diabetes sangat mengerikan. Diabetes merupakan penyakit yang memiliki ciri adanya peningkatan kadar gula darah. Jangan panik ketika memiliki ciri tersebut. 

Ketahui tentang semua penyakit diabetes, mulai dari makanan yang bisa menaikkan kadar gula dan yang tidak, jenis olahraga yang bisa dilakukan, sampai durasi yang tepat untuk olahraga. 

Diet sehat

Langkah selanjutnya adalah melakukan diet. Tentu saja berbeda dengan diet untuk menguruskan badan. Diet diabetes bertujuan untuk membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. 

Baca juga:  8 Aplikasi Android Yang Wajib Dihindari Akibat Virus Joker

Perlu diketahui bahwa penderita diabetes membutuhkan gizi yang sama dengan orang pada umumnya. Penderita harus memperhatikan makanannya, mulai dari kualitas sampai kuantitas yang masuk dalam tubuh. 

Penderita diabetes harus mulai menjauhi makanan yang mengandung kadar gula tinggi, seperti nasi, roti, kentang. Sekaligus menghindari minuman-minuman manis, terutama dalam bentuk kemasan.  

Banyak konsumsi sayuran dan buah-buahan. Alasannya kedua makanan tersebut memiliki kadar gula rendah, sehingga harus dikonsumsi setiap hari. Bahkan minuman juga harus mulai diperhatikan. 

Olahraga

Olahraga rutin harus dilakukan oleh penderita diabetes. Tujuannya untuk menjaga kadar gula dalam darah. Hanya olahraga ringan, seperti joging, sepeda, dan lain sebagainya. Cukup maksimal 30 menit setiap harinya. 

Terapi rutin

Penderita diabetes boleh melakukan terapi dari dokter. Lanjutkan jika harus rutin mengkonsumsi obat yang diresepkan oleh dokter pribadi.  Rutin cek kadar gila darah, untuk memastikan bahwa terapi dari dokter tersebut sesuai dengan keadaan tubuh milik sendiri. 

 

Pengetahuan tentang tips diatas semoga bisa menjadi rujukan bagi penderita diabetes, apalagi yang terkena paparan Covid 19. 

Seperti yang dialami ibunda Amanda Manopo meninggal dunia. Lakukan pencegahan sedari awal sehingga bisa mempersiapkan diri. Jangan lupa disiplin diri supaya bisa membentengi dari paparan Covid 19. Semoga bermanfaat. 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.