cara mengambil keuntungan jualan baju

5 Cara Mengambil Keuntungan Jualan Baju

Meskipun terlihat sederhana, faktanya masih banyak yang belum memahami cara mengambil keuntungan jualan baju secara maksimal. Ketika memutuskan untuk membuka bisnis tentunya Anda menginginkan memperoleh keuntungan dalam setiap penjualan kan?

Hal ini wajar mengingat modal yang dikeluarkan pasti jumlahnya tidaklah sedikit. Sehingga membutuhkan perhitungan yang matang agar tidak terjadi kerugian.

Bagi Anda yang sedang menggeluti bisnis ini, berikut adalah penjelasan mengenai langkah yang harus dilakukan jika ingin mendapatkan keuntungan dalam penjualan baju yang dilakukan.

Cara Mengambil Keuntungan Jualan Baju

cara mengambil keuntungan jualan baju

1. Tentukan Jumlah Profit Bagi Setiap Produk

Hal pertama yang harus dilakukan agar cara mengambil keuntungan jualan baju bisa maksimal adalah menentukan jumlah profit bagi setiap produk yang dijual. Adapun rumus menghitung profit adalah sebagai berikut:

Profit = Penjualan bersih – Semua Biaya: Penjualan Bersih

Tujuan utama menentukan profit ini adalah memastikan bahwa penjualan Anda bisa mencapai BEP dalam skala waktu tertentu. Selain itu strategi perubahan harga dapat dilakukan dengan mudah apabila terdapat reng-rengan dari perhitungan profit yang sudah dilakukan.

2. Mencari Distributor Baju Harga Murah

Sebagai pebisnis tidak hanya kemampuan dalam menjual produk saja yang Anda butuhkan, melainkan juga negosiasi. Langkah awal yang pasti Anda lakukan adalah mencari distributor yang dapat memberikan harga murah.

Dengan begitu Anda memperoleh kesempatan untuk memainkan harga agar mencapai keuntungan secara maksimal.

Misalnya saja Anda membeli 1000 baju dari salah satu distributor. Nah disini Anda tidak harus langsung membayar sesuai dengan harga yang ditawarkan.

Cobalah untuk melakukan negosiasi agar dilepas dengan harga yang lebih murah. Cara mengambil keuntungan jualan baju membutuhkan kesabaran serta komunikasi yang tepat.

Baca juga:  2 Cara Menjadi Distributor Baju Langsung dari Pabrik

3. Meminimalkan Biaya Operasional

Dalam setiap bisnis terdapat biaya operasional yang harus dipertimbangkan oleh pemiliknya. Oleh karena itulah penting bagi Anda untuk bisa meminimalkan biaya operasional untuk menekan pengeluaran yang dibutuhkan.

Maka keuntungan yang didapat bisa lebih besar daripada sebelumnya. Pasalnya, biaya operasional seringkali tidak diperhitungkan, terlebih bagi yang baru membuka usaha baju.

4. Bermain Harga

Untuk cara mengambil keuntungan jualan baju yang keempat adalah bermain harga dengan pesaing. Perlu diketahui bahwa di luaran sana banyak orang menjual produk serupa dengan Anda, terlebih jika produk tersebut memang tidak diproduksi sendiri. Jadi disinilah peran Anda dipertaruhkan.

Permainan harga akan sering terjadi dalam dunia bisnis. Tak hanya produk jasa saja melainkan juga barang. Terlebih sekarang terdapat platform jual beli online yang memudahkan konsumen mengetahui perbandingan harga dengan satu toko dengan yang lain.

Untuk itulah Anda harus pandai mengatur harga yang ditetapkan. Jika Anda menetapkan harga diatas standart maka konsumen akan lari ke toko yang lain. Namun sebaliknya, apabila harga terlalu murah, memang konsumen banyak yang datang namun bagaimana dengan profit yang Anda dapatkan?

Baca juga:  3 Tips Bisnis Baju Modal 1 Juta : Anti Gagal dan Terbukti Works

5. Memaksimalkan Penggunaan Sosial Media

Saat ini sosial media sudah menjadi tempat kedua orang jualan. Oleh karena itu meskipun mempunyai lapak Anda juga harus memaksimalkan pemanfaatan sosial media untuk memperluas pasar. Dengan menyertakan promo-promo menarik pelanggan akan mudah tergiur untuk membelinya.

Maka dari itu kemampuan copywriting juga masuk dalam konsep cara mengambil keuntungan jualan baju secara maksimal. Perlu diingat pelanggan akan membaca kalimat promosi Anda terlebih dahulu sebelum memutuskan pembelian.

Jadi, buat calon pelanggan anda penasaran dengan banyaknya pilihan paket penjualan atau diskon yang sudah terkonsep seelumnya.