bisnis traveling

5 Ide Bisnis Traveling, Bisa Tanpa Modal!

Anda suka traveling ke berbagai tempat dan memiliki keinginan untuk membuka bisnis travel sendiri? Banyak orang yang mengira bahwa bisnis traveling ini hanya menyediakan rental kendaraan atau alat transportasi saja. Padahal bisnis travel ini bisa sangat beragam.

Mulai dari bisnis yang menjual tiket pesawat, hotel, penyedia rental kendaraan, pemandu wisata, sampai dengan paket wisata juga termasuk usaha travel. Bisnis travel ini mempunyai peluang yang cukup menjanjikan dan  bisa dijalankan bahkan tanpa modal.

Ide Bisnis Traveling Terbaik

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan beberapa rekomendasi ide bisnis traveling yang bisa Anda coba. Langsung saja silahkan simak idenya berikut ini.

1. Paket Wisata

Ide yang pertama, Anda bisa membuka usaha travel sebagai penyedia paket wisata. Untuk menyediakan paket wisata ini Anda harus terlebih dahulu mengenal tempat-tempat wisata yang akan ditawarkan ke pelanggan.

Baca juga:  Tinggal Copas, Ini Referensi Caption Jualan Baju Online

Anda harus memilih tempat wisata yang sedang hits karena akan lebih menarik minat calon pelanggan. Jika bisa, pilihlah tempat wisata yang populer di masyarakat dan mempunyai fasilitas lengkap seperti tempat ibadah, toilet, tempat makan enak, dan tempat parkir luas.

Selain itu, pastikan juga lokasi penginapan pelanggan nantinya berada di tempat yang nyaman dan strategis. Untuk budgetnya sendiri, silahkan sesuaikan kelas hotel dengan jenis paket yang Anda buat. Jangan lupa juga untuk bekerja sama dengan restoran yang mempunyai makan lezat.

2. Pemandu Wisata

Selanjutnya, Anda juga bisa membuka bisnis traveling sebagai pemandu wisata. Untuk menjalankan bisnis ini Anda harus menyiapkan beberapa hal. Contohnya jika target pasar Anda adalah wisatawan asing, maka Anda harus menguasai bahasa Internasional seperti bahasa Inggris untuk komunikasi nantinya.

Selain itu, seorang pemandu wisata juga harus bisa memperkenalkan objek wisata dan menjelaskan tentang sejarah tempat tersebut ke pelanggannya. Seorang pemandu wisata harus mempunyai pengetahuan yang luas mengenai tempat-tempat wisata yang nantinya akan Anda kunjungi bersama dengan pelanggan.

Baca juga:  10 Nama Photography yang Unik dan Menarik

3. Fotografer

Mengabadikan momen indah ketika liburan menjadi suatu kesenangan tersendiri, apalagi disaat Anda melakukan traveling ke tempat-tempat yang keren. Selain menjadi pemandu wisata, Anda juga bisa memanfaatkan keahlian memotret Anda sebagai pekerjaan tambahan yaitu sebagai fotografer.

Disini Anda bisa menjalankan dua job sekaligus, yaitu sebagai pemandu wisata sekaligus fotografer untuk pelanggan yang tengah berlibur. Selain itu, fotografer ini merupakan profesi yang cukup menjanjikan di Indonesia mengingat banyak tempat wisata indah di Indonesia.

4. Rental Kendaraan

Ide bisnis traveling berikutnya adalah menjadi penyedia rental kendaraan. Rental kendaraan ini menjadi salah satu jenis usaha travel dengan peluang yang sangat tinggi dan banyak dijalankan di Indonesia. Tidak punya motor atau mobil?

Baca juga:  Ide Bisnis Cara Jualan Online Tanpa Modal Paling Cuan Tahun Ini!

Tenang saja, Anda tetap bisa menjalankan bisnis ini dengan cara bekerjasama dengan pusat rental kendaraan. Anda juga bisa menjadi agen untuk jasa rental mobil atau motor yang menguntungkan. Meskipun tanpa modal, Anda masih tetap bisa menjalankan bisnis ini.

5. Penerjemah Bahasa

Rekomendasi usaha traveling terakhir adalah menjadi penerjemah bahasa. Seperti yang sudah kami katakan sebelumnya bahwa jika target pelanggan adalah wisatawan asing, maka menguasai bahasa internasional merupakan suatu hal yang wajib.

Wisatawan yang datang ke Indonesia biasanya mempunyai kendala dalam berbahasa Indonesia. Disini Anda bisa memanfaatkannya sebagai bisnis baru untuk mendapat penghasilan tambahan, yaitu dengan menjadi penerjemah dari Indonesia ke Inggris atau sebaliknya.

Nah itulah tadi beberapa ide bisnis traveling yang bisa Anda coba. Bagi Anda pecinta traveling, bisnis ini sangat cocok dijalankan. Selain bisa jalan-jalan gratis, Anda juga bisa mendapat penghasilan lewat bisnis ini.