bisnis catering

6 Tips Memulai Bisnis Catering Modal Kecil

Bisnis catering merupakan salah satu bisnis yang paling banyak digemari oleh para pengusaha. Selain karena bisa mendapat untung yang cukup banyak, usaha catering ini juga sering disebut sebagai hobi yang dibayar untuk orang-orang yang suka atau hobi memasak.

Untuk menjalankan usaha katering ini tentu tidak semudah yang dibayangkan. Pasti ada tantangan baik itu besar atau kecil yang menghadang. Oleh karena itulah sangat penting untuk menentukan langkah awal dalam memulai usaha catering

Tips Memulai Bisnis Catering

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan beberapa tips untuk memulai usaha catering sendiri di rumah dengan modal yang kecil. Jadi bagi Anda yang ingin memulai usaha catering tapi tidak punya modal banyak, simak artikel ini

Baca juga:  Mau Tahu Contoh Bio IG Untuk Jualan Yang Menarik?

1. Tentukan Jenis Catering

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk memulai usaha catering adalah menentukan jenis hidangan apa yang ingin Anda buka. Secara garis besar ada dua jenis catering, yaitu aneka menu dan satu menu spesifik.

Keunggulan aneka menu adalah Anda bisa menerima lebih banyak pesanan, namun dibutuhkan keahlian memasak tinggi supaya bisa melayani semua pesanan. Sedangkan untuk satu menu lebih mudah, namun saingannya lebih banyak.

2. Lakukan Riset Supplier

Selanjutnya, Anda harus melakukan riset pasar untuk bisnis catering Anda. Riset ini dilakukan supaya usaha catering Anda bisa maksimal. Sebisa mungkin, banung hubungan baik dengan para suplier berkualitas dengan harga terjangkau di tempat Anda.

Semakin banyak pilihan supplier, semakin mudah Anda menentukan supplier mana yang bisa menyediakan bahan yang Anda butuhkan dengan harga dan kualitas yang terbaik.

3. Hitung Budget yang Dibutuhkan

Supaya modal bisnis rumahan catering Anda bisa di gunakan dengan efisien dan terbuang sia-sia, jangan lupa untuk selalu menghitung estimasi budget sebelum mulai membeli bahan-bahan.

Baca juga:  Grosir Barang Yang Cepat Laku Di Pasaran : Ini 7 Idenya!

Dalam menentukan estimasi budget ini bisa Anda lakukan ketika bernegosiasi dengan pelanggan Anda. Jadi ketika pelanggan menawar harga, Anda sudah punya panduan berapa batas maksimal diskon yang bisa diberikan supaya tidak rugi.

4. Buat Sampel Makanan untuk Konten

Tips memulai bisnis catering yang berikutnya adalah membuat sampel makanan untuk dijadikan konten. Sampel makanan ini sangat penting untuk promosi, terutama jika nada membuka usaha catering ini secara online.

Untuk menarik lebih banyak pelanggan, Anda bisa membuat sampel makan dan membuatnya terlihat estetik kemudian memotretnya. Setelah itu Anda bisa memposting foto-foto makanan tersebut di media sosial khusus akun catering Anda.

5. Promosi di Media Sosial

Langkah berikutnya adalah mempromosikan usaha catering Anda di sosial media. Media sosial merupakan salah satu alat promosi gratis yang jangkauannya sangat luas. Bahkan bisa menjangkau konsumen dari luar daerah dan negara.

Baca juga:  Cara Menjadi Dropship di Lazada: Cuan Tanpa Modal

Oleh karena itulah, selain menjalankan usaha catering secara offline. Anda juga bisa coba membuka usaha ini secara online dengan memanfaatkan media sosial yang ada. Anda bisa promosikan menu-menu catering Anda setiap harinya lewat konten-konten yang menarik.

6. Jaga Kualitas Masakan

Tips terakhir dalam memulai bisnis catering adalah dengan menjaga kualitas makanan. Hal ini karena kualitas makanan dalam bisnis catering adalah segalanya. Apalagi dalam aspek kebersihan, jika Anda lalai sedikit tentang kebersihan makanan, maka bisa jadi pelanggan akan menolak melakukan pembayaran.

Bahkan yang lebih buruknya lagi adalah layanan catering milik Anda mendapat reputasi yang buruk. Reputasi yang buruk ini tentu akan berakibat fatal untuk bisnis Anda kedepannya, bahkan bisa mengakibatkan kegagalan.

Nah itulah beberapa tips dalam memulai bisnis catering untuk pemula dengan modal kecil. Jika Anda tertarik dan ingin memulai usaha catering, pastikan perhatikan beberapa tips di atas.