Ide Bisnis Kreatif Menguntungkan dan Patut Dicoba

Ide Bisnis Kreatif Menguntungkan dan Patut Dicoba

Apa itu bisnis kreatif? Ialah bisnis yang mempunyai gagasan baru dalam berbisnis dan terkesan tidak pasaran dan memiliki daya tarik tersendiri.

Ide bisnis seperti ini, bisa dimunculkan sesuai dengan keadaan dan kondisi. Misalnya, ketika pada suatu daerah, sedang dilanda kebanjiran, maka ide bisnis yang kreatif ini muncul dengan cara memanfaatkan situasi dan kondisi. Bisa memulai bisnis dengan antar jemput menggunakan perahu karet, berjualan obat penyakit kulit, dan lain sebagainya.

Jadi, ide bisnis kreatif bisa saja muncul dari apa yang dirasakan dan apa yang dibutuhkan oleh suatu wilayah dan banyak orang. Berbeda dengan bisnis pasaran seperti menjual sembako yang menjadi kebutuhan pokok setiap orang.

Apa bukti sebuah ide bisnis yang kreatif dapat muncul sesuai dengan keadaan dan kondisi? Sebagai contoh, ada bisnis kreatif yang cocok untuk anak muda, ini sesuai dengan keadaan dari pelaku bisnis. Ada juga yang sesuai dengan kondisi, misalnya bisnis di tengah pandemi dan di era digital.

Berikut pembahasan mengenai bisnis kreatif apa saja yang cocok untuk anak muda, di masa pandemi, dan di era digital.

Baca juga:  Beragam Ide Jualan Makanan Yang Layak Dicoba Anak Muda!

Bisnis Kreatif Anak Muda

Untuk bisnis kreatif anak muda, sebenarnya tergolong dalam bisnis yang fleksibel. Anak muda sendiri, cenderung menyukai bisnis yang tidak terlalu merepotkan dan mengekang.

1. Bisnis Jasa Mentoring dalam Urusan Cinta

Kamu punya pengalaman atau bakat dalam menangani urusan percintaan? Jangan dipendam karena bisa kamu jadikan sebagai lahan mendapatkan cuan.

Anak muda, erat kaitannya dengan urusan percintaan. Ada berapa banyak anak muda di daerahmu yang patah hati karena persoalan cinta? Seharusnya, kamu bisa melihat ini sebagai ide bisnis kreatif yang cukup menjanjikan.

Kamu bisa menjadi penasehat untuk tiap anak muda yang sedang patah hati. Kamu juga bisa memberikan tips apa saja yang masih relevan atau berkaitan. Walau bisnis jasa mentoring dalam urusan cinta ini, terdengar sedikit aneh, tetapi tidak mengherankan karena ide bisnis ini cukup kreatif dan patut dicoba.

2. Bisnis Daur Ulang Sampah

Ide bisnis selanjutnya yang cocok untuk anak muda adalah dengan memanfaatkan barang bekas. Mengapa? Karena diharapkan kreatifitas yang ada pada anak muda, mampu mengubah hal yang tadinya hanya bernilai sampah, menjadi sesuatu yang punya nilai jual tinggi.

Bisnis daur ulang sampah juga, termasuk dalam bisnis yang minim modal. Untuk bahan pokoknya yakni sampah, dapat dengan mudah ditemukan diberbagai tempat.

3. Bisnis Makanan Penutup Beraneka Ragam

Bisnis kreatif yang menjadi pembeda dengan bisnis lainnya adalah adanya kreatifitas, ide yang baru untuk menjalankan bisnis. Bisnis makanan penutup, sudah mulai banyak digandrungi, tetapi kamu bisa memulai bisnis ini dengan menggunakan kreatifitas untuk mendapatkan keuntungan.

Kamu bisa menggunakan bahan-bahan yang unik dan tentunya menyehatkan untuk bisnis makanan penutup yang kreatif. Perbedaan dengan kompetitor lah yang membuat bisnis kamu, ramai pengunjung.

Baca juga:  Ide Bisnis Kreatif Menguntungkan dan Patut Dicoba

Bisnis Kreatif di Masa Pandemi

Bisnis kreatif selanjutnya adalah bisnis di masa pandemi. Pandemi membuat banyak orang dituntut untuk menjadi lebih mandiri dan kreatif. Dalam berbisnis di masa ini, sebenarnya cukup sulit, tetapi akan sangat berbeda jika bisnis yang kamu jalani adalah bisnis yang kreatif.

1. Menjual Peralatan Kesehatan

Peralatan kesehatan yang bisa kamu jual ketika di masa pandemi adalah peralatan kesehatan dasar. Misalnya peralatan makan dan minum, cairan disinfektan, pembersih tangan, masker pelindung mulut, tisu, dan masih banyak lagi.

Peralatan-peralatan yang seperti ini, akan banyak dicari dan dibutuhkan oleh orang. Khususnya di masa pandemi. Kamu bisa kreasikan bisnis ini dengan ide yang kreatif. Misalnya, kamu membungkus semua alat kebersihan yang kamu jual dan satu paket all in one.

2. Alat Permainan yang Mengasah Otak

Masa pandemi, membuat banyak orang enggan untuk keluar rumah dan lebih memilih untuk duduk berdiam diri di rumah. Ini sebenarnya, mampu menjadi peluang bisnis kreatif yang cukup untuk mendapatkan keuntungan.

Dengan berjualan alat permainan yang mengasah otak, kamu bisa dengan mudah mendapatkan pembeli. Pasalnya, banyak orang yang duduk berdiam di rumah, hanya melakukan aktifitas yang itu-itu saja. Itu pasti sangat membosankan. 

Kamu bisa berjualan alat permainan yang mengasah otak seperti kubus rubrik, puzzel, atau bahkan papan catur.

3. Alat untuk Berkebun

Bisnis kreatif di masa pandemi terakhir adalah dengan berjualan alat berkebun. Banyak orang menghabiskan waktu di rumah dengan aktifitas berkebun. Berkebun dianggap sebagai aktifitas yang menyehatkan dan menghilangkan stres.

Untuk itu, kamu bisa memanfaatkan ini sebagai ide bisnis kreatif yang cukup potensial. Alat yang bisa kamu jual misalnya sekop mini, pot, gunting rumput, dan lain sebagainya.

Baca juga:  Ide Bisnis Cara Jualan Online Tanpa Modal Paling Cuan Tahun Ini!

Bisnis Kreatif di Era Digital

Tantangan akan sangat terasa jika memulai bisnis kreatif di era digital. Pasalnya, bisnis di era digital, harus punya inovasi yang menarik. Jika tidak, maka akan kalah dengan bisnis di era digital yang lain.

1. Bisnis Foto dengan Latar Belakang Unik

Bisnis yang satu ini, masih banyak dibutuhkan oleh orang banyak dan masih booming sampai saat ini. Anda bisa membuat kreasi sendiri pada latar belakang yang akan digunakan berfoto. Misalnya, Anda membuat studio yang temanya adalah rumah terbalik, dan lain sebagainya.

Nantinya, pengunjung akan melakukan sesi foto di tempat yang bertema rumah terbalik yang sudah Anda sediakan.

2. Animator

Bisnis kreatif di era digital selanjutnya adalah dengan menjadi animator. Membuka bisnis menjadi seorang animator, dinilai cukup menjanjikan. Apa lagi, saat ini sedang pesat-pesatnya dunia advertising.

Ada banyak agensi, brand yang selalu mencoba untuk memperbaiki kualitas kontennya. Sering kali juga, iklan sudah banyak dikemas dalam bentuk video. Tidak hanya iklan, bahkan pengumuman atau profile sebuah agensi, sekarang sudah menggunakan video.

Baca juga:  Jualan Produk Digital Yang Paling Menguntungkan

3. Membuka Jasa Sebagai Admin Akun Media Sosial

Ada banyak brand yang harus aktif di media, tetapi karena sibuk, membuat media sosial tidak lagi terurus. Padahal melakukan promosi di akun media sosial, berpotensial dilirik banyak orang. Mayoritas masyarakat Indonesia, cenderung aktif di media sosial, sehingga pasarnya cukup baik.

Di sini peran para influencer atau content creator yang bekerja sebagai admin akun media sosial. Tugas admin di sini adalah mengunggah konten di hari dan waktu yang tepat untuk berinteraksi dengan para followers di akun media sosial.

Jasa yang satu ini juga, terbilang fleksibel. Anda hanya memantau akun media sosial dan mencari apa saja yang hangat dan baik untuk diangkat menjadi sebuah konten.

Nah, itulah tadi pembahasan mengenai bisnis kreatif di segala bidang. Ada bisnis untuk anak muda, di masa pandemi, dan di era digital. Apa pun bisnisnya, semuanya harus tetap dijalankan dengan kesungguhan dan keikhlasan hati. Dengan begitu, kebaikan akan senantiasa terpancar dan hasil akhir juga pastinya menjadi positif.