bisnis pertanian

8 Ide Bisnis Pertanian Yang Potensial

Ada banyak sekali ide bisnis yang bisa Anda mulai di pedesaan, salah satunya adalah bisnis pertanian. Potensi dari bisnis ini masih sangat besar, selain itu sekarang ide usaha bisnis di bidang pertanian ini juga mulai banyak diminati. Terlebih lagi sekarang mulai banyak orang yang menggeluti hobi bercocok tanam.

Tren budidaya tanaman ini sekarang sedang banyak dibicarakan dan bergerak ke arah yang  positif. Selain itu, Anda juga bisa mencoba usaha pertanian yang berhubungan dengan kebutuhan pokok manusia.

Ide Bisnis Pertanian Potensial

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan beberapa ide bisnis di bidang pertanian yang potensial dan bisa Anda coba. Bagi Anda yang tertarik dengan bidang bisnis ini, bisa pertimbangkan beberapa ide berikut ini.

Baca juga:  5 Tips Memulai Bisnis Pakaian, Jangan Asal Mulai!

1. Budidaya Tanaman Hias

Tanaman hias menjadi salah satu tren yang populer beberapa tahun belakangan ini. Peluang ini bisa menjadi usaha pertanian yang menguntungkan. Bukan cuma itu saja, tanaman hias ini juga bisa dijadikan sebagai ide bisnis untuk hadiah wisuda, pernikahan, ulang tahun, dan lain sebagainya. Jadi selain dijual secara utuh, Anda juga bisa mengkreasikannya menjadi sebuah hadiah yang unik dan menarik.

2. Tanaman Hidroponik

Jika Anda tidak mempunyai lahan yang luas untuk memulai bisnis pertanian, maka Anda bisa coba memulai usaha tanaman hidroponik. Dengan menggunakan metode cocok tanam ini, maka Anda juga tidak memerlukan media tanam berupa tanah. Ini bisa menjadi peluang bagi anda yang hidup di perkotaan dan mulai beralih ke gaya hidup sehat.

3. Budidaya Rempah

Indonesia merupakan sebuah negara yang terkenal akan rempah-rempahnya yang sangat beragam dan kaya. Rempah-rempah ini sangat dibutuhkan untuk keperluan kesehatan, kecantikan, gaya hidup, sampai dengan kebutuhan dapur. Jika Anda menekuni budidaya rempah-rempah ini, Anda bisa menjadikannya peluang yang menarik.

Baca juga:  5 Ide Bisnis Start up Untuk Kalangan Milenial

4. Buah dan Sayur Organik

Ide bisnis pertanian selanjutnya yang sangat potensial adalah usaha buah dan sayur organik. Jika Anda ingin memulai bisnis ini, maka Anda bisa menargetkan pasar menengah ke atas. Dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan kesehatan sejak pandemi, peluang bisnis ini semakin terbuka lebar dan memiliki potensi tinggi.

6. Jamur Tiram

Budidaya jamur tiram merupakan salah satu bisnis pertanian yang bisa menghasilkan untung luas biasa jika dijalankan dengan baik. Dengan modal awal kurang dari Rp20 juta, maka and abisa memulai bisnis jamur tiram ini secara profesional. Bahkan Anda bisa memangkas modal tersebut jika mempunyai tanah atau tempat pribadi.

7. Bibit Tanaman

Ide bisnis selanjutnya yang juga tidak kalah potensial adalah usaha bibit tanaman. Peluang bisnis bibit tanaman ini berpotensi mengingatkan banyaknya masyarakat yang ada di rumah dan tren budaya tanaman yang semakin meningkat. Namun jika Anda tidak mempunyai pengetahuan tentang bibit tanaman yang mumpuni, Anda bisa menjadi reseler sebagai alternatif.

Baca juga:  Jualan Apa yang Laku di Kampung? Cek Ini

8. Alat Pertanian

Kegiatan pertanian di Indonesia masih sangat tinggi di karenakan kebutuhan masyarakat akan produk pertanian sebagai makanan pokok sangat besar. Melihat bahwa kebutuhan bertani ini sangat tinggi, Anda bisa memanfaatkannya untuk membuka bisnis alat pertanian. Pasar dari alat pertanian ini cukup besar dan potensial, hal ini karena kegiatan pertanian tidak bisa berjalan tanpa alat pertanian.

Nah itulah tadi beberapa ide bisnis pertanian yang bisa Anda pertimbangkan untuk dicoba. Bagi Anda yang memiliki hobi bertani dan ingin memulai bisnis sendiri di rumah, Anda bisa coba ide bisnis yang kami bagikan di atas.