Usaha yang Cocok Untuk Pemula di Pedesaan

Dariberita – Pada dasarnya, bisnis tidak hanya berpusat di perkotaan saja. Di pedesaan pun ada aktivitas ekonomi ini. Pilihan usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan pun ada banyak.

Meskipun demikian, sebelum merintis usaha di mana pun, tetap perlu pertimbangan dan perhitungan mendetail. Tujuannya adalah agar bisnis bisa berkembang baik dan menghadapi kendala tanpa ada goncangan berarti.

Usaha Yang Cocok Untuk Pemula Di Pedesaan

Salah satu pertimbangan dalam memulai usaha adalah kebutuhan pasar. Hal ini penting karena berkaitan dengan potensinya. Jika tidak memperhitungkannya, usaha akan sepi dan akhirnya gulung tikar. Jadi, silakan simak ide bisnis di desa berikut ini.

1. Menyewakan Alat Pertanian

Mengingat di desa banyak kegiatan pertanian dan perkebunan, ide menyewakan alat ini menjadi potensial. Contohnya, bisa dengan menyewakan traktor, bajak singkal, garu sisir, garu piring, dan lainnya.

Meskipun penting, banyak petani yang tidak memiliki alat tersebut karena tergolong mahal. Oleh sebab itu, pilihan menyewa bisa menguntungkan bagi kedua pihak. tipsnya, Anda sebaiknya menetapkan harga sewa yang mampu bersaing.

Selain menyewakan alat, Anda juga bisa menyediakan bibit, pupuk, dan sejenisnya. Dengan demikian, ada pemasukan lainnya. Jangan lupa menambahkan layanan antar, sehingga pembeli merasa terbantu dan akan menjadi langganan.

2. Beternak Ayam Kampung

Kedua, Jika memiliki lahan yang memadai, bisa juga merintis usaha beternak ayam kampung. Untuk awalnya, tidak perlu langsung memelihara dalam jumlah banyak. bisa saja memulai dengan 10 atau 15 ekor dahulu.

Sebenarnya, ada dua potensi pendapatan dari bisnis ini. Pertama, Anda bisa menjual ayam kampung tersebut. Selain itu, bisa juga menjual telurnya, sebab banyak juga yang membutuhkannya.

Baca juga:  Peluang Usaha Di Desa Yang Menjanjikan Keuntungan Besar

3. Membuat Kerajinan Tangan

Selanjutnya, jika tinggal di desa, masih banyak bahan alam yang bermanfaat sebagai bahan baku pembuatan kerajinan tangan. Contohnya, eceng gondok, batok kelapa, ranting kayu, dan biji-bijian.

Anda bisa membuat mangkok dari batok kelapa, tas eceng gondok, dan aneka hiasan rumah. Selain membuat kerajinan tangan jadi, bisa juga menjual dalam bentuk bahan. Contohnya, bulu angsa berwarna, atau biji-bijian yang sudah dipernis.

4. Usaha yang Cocok untuk Pemula di Pedesaan Melalui Jasa Titip

Berikutnya, bisa juga mencoba usaha jastip (jasa titip). Caranya, tawarkan kepada tetangga atau teman yang ingin membeli barang di kota. Jadi, tinggal membelikannya dan meminta ongkos kepada mereka.

Bisnis ini cukup menjanjikan, karena tidak semua orang memiliki kesempatan atau sarana untuk membeli kebutuhannya di kota. Namun, terapkan perjanjian agar pemesan sudah pasti membeli barang tersebut.

Baca juga:  Jualan Apa yang Laku di Kampung? Cek Ini

5. Buka Usaha Homestay

Kelima, Anda bisa merintis usaha homestay. Ini sangat cocok jika lokasi rumah dekat dengan tempat wisata. Nyatanya, banyak wisatawan, terutama dari mancanegara, memilih menginap di homestay.

Hal ini karena mereka ingin merasakan suasana pedesaan yang sesungguhnya. Jadi, ketika berbisnis homestay utamakan kenyamanan dan keramahan pada tamu. Dengan demikian, mereka akan merasa kerasan.

6. Memproduksi Snack

Selanjutnya, usaha yang cocok untuk pemulawalau ada di pedesaan adalah memproduksi camilan. Oleh karena lokasinya di desa, sebaiknya memilih jenis camilan yang bahannya melimpah. Contohnya, keripik singkong, pisang, dan nangka.

Bahan tersebut tersedia banyak dan bisa membelinya dari petani langsung. Jelas ini akan menghasilkan keuntungan lebih. Di samping itu, jenis camilan kering ini bisa menjangkau pasar yang luas, karena tidak cepat basi.

Jadi, jangan hanya menyasar pembeli di lingkungan saja. Sebaiknya, mengemas dengan menggunakan kemasan yang bagus, agar bisa sekaligus membidik pasar di kota.

Siap mencoba beberapa usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan? Sebagai pemula, Anda bisa merintis mulai skala kecil dahulu. Nantinya, jika modal sudah terkumpul, tentunya bisa mengembangkannnya.