Bisnis Budidaya Unik Menguntungkan Yang Masih Jarang Dilakukan

Bisnis Budidaya Unik Menguntungkan Yang Masih Jarang Dilakukan Orang-orang

Bisnis budidaya unik bisa menjadi salah satu cara untuk memenangkan persaingan diantara para pebisnis lain. Ya, saat ini persaingan bisnis semakin ketat maka memerlukan sebuah bisnis budidaya unik menguntungkan agar Anda bisa bertahan. 

Peluang usaha dari budidaya unik tidak hanya bisa dilakukan di Kota. Bagi Anda yang berada di Desa justru peluangnya lebih besar asalkan mau dikembangkan kembali dengan berbagai terobosannya. 

Biasanya budidaya ternak menjadi pilihan bagi Anda yang berada di Desa, ternak apa saja yang termasuk ke dalam budidaya unik? 

Potensi Bisnis Budidaya Unik

Ada banyak bisnis budidaya unik menguntungkan yang bisa Anda coba saat ini, tentunya dengan pangsa Pasar yang jelas. Potensi budidaya unik masih cukup besar mengingat pesaing yang ada juga sedikit sedangkan permintaan pasar sangat tinggi. 

Budidaya unik adalah budidaya yang berkaitan dengan hewan atau tumbuhan namun dengan jenis hewan atau tumbuhan yang jarang dibudidayakan. Artinya jenis bisnis ini membutuhkan keuletan, ketelatenan, kemauan yang kuat untuk terus belajar. 

Di sisi lain potensi kegagalannya juga cukup tinggi, apalagi di awal-awal bisnis yang sangat membutuhkan pembelajaran. Namun jangan dijadikan alasan bagi Anda yang baru saja berkecimpung di bisnis ini, belum banyaknya pengetahuan menjadi cara untuk mempelajari soal budidaya unik tersebut. 

Baca juga:  Penting! Sebelum Memulai Bisnis, Sebaiknya Perhatikan Hal ini

Memang jika ditelisik lebih jauh, permintaan yang masih sedikit bisa menyebabkan keraguan untuk mengeksekusi ide bisnis budidaya ini. Bahkan kurangnya pengetahuan dan manfaat dari produk yang dibudidayakan menjadi salah satu tantangannya. 

Akan tetapi, di sisi lain Anda bisa menciptakan peluang yang besar karena memiliki kekuatan untuk menciptakan tren baru. Komoditas dari budidaya unik membuat para pelaku usaha berpotensi memonopoli bahkan meraup keuntungan yang lebih besar. 

Ciptakan permintaan dari produk budidaya unik itu dengan cara mulai mengenalkan produk kepada masyarakat, terutama yang membutuhkannya. Jelaskan apa manfaat produk tersebut, misalnya budidaya jangkrik yang perlu dijelaskan manfaat jangkrik untuk burung peliharaan itu bagaimana. 

Target konsumennya tentu disesuaikan kembali dengan produk yang Anda budidayakan. Budidaya tanaman hias, berarti target konsumennya Ibu-ibu atau para pecinta tanaman hias.

Baca juga:  Kenali Pentingnya Memahami Konsep Rezeki Sebelum Berbisnis

Tips Bisnis Budidaya Unik Menguntungkan

Tips ini memang bukan tips yang akan menjelaskan secara rinci bagaimana budidaya unik itu. Secara garis besar ada beberapa tips yang penting untuk diperhatikan bagi para pelaku usaha budidaya unik. 

1. Bibit Unggul

Karena berupa bisnis budidaya unik, maka cari bibit unggul agar kualitas anakannya lebih bagus. Dengan begitu akan menciptakan kualitas produk yang tinggi dengan harga yang mahal. 

Bibit unggul bisa menjamin kualitas hewan atau tanaman keturunannya lebih sehat, berbobot dan memiliki nilai jual yang tinggi. 

2. Lokasi Dan Kebersihan Kandang (Hewan)

Berbicara hewan, tentunya Anda harus menyiapkan kandang yang tepat baik dari segi kebersihan, ukuran ataupun kenyamanan si hewan itu sendiri. Kandang yang bersih bisa berdampak bagus pada proses budidaya tanpa adanya gangguan kesehatan. 

Begitu pula budidaya unik jenis tanaman, perlu memperhatikan kebersihan di area sekitar. Terutama memastikan terhindar dari yang namanya hama dan gulma yang bisa merusak pertumbuhan tanaman. 

Sedangkan untuk lokasi, ini penting bagi Anda yang memilih budidaya unik hewan ternak. Pilih lokasi yang jauh dari penduduk agar tidak menimbulkan bau tidak sedap akibat limbah kotoran ternaknya. 

Baca juga:  13 Bisnis yang Akan Booming di Tahun 2022 Bisa Anda Pilih

3. Asupan Makanan Dan Vitamin

Hewan atau tanaman budidaya perlu diberikan asupan nutrisi dan vitamin untuk mendukung pertumbuhannya. Apalagi jika budidaya unik yang Anda pilih adalah jenis hewan ternak yang perlu diperhatikan asupan makanan dan vitaminnya. 

Kualitas makanan dan pemberian vitamin bisa menentukan kesehatan hewan yang dibudidayakan. Pilih asupan makanan dan vitamin yang sesuai dengan karakteristik hewan atau tanaman yang dibudidayakan. 

Contoh Bisnis Budidaya Unik

Di bawah ini ada beberapa contoh budidaya unik yang bisa Anda coba, siapa tahu Anda berhasil dan meraup keuntungan, bukan?

1. Budidaya Kroto

Saat ini, budidaya kroto menjadi peluang bisnis yang sangat menggiurkan. Kroto merupakan telur sekaligus larva dari semut rangrang. Kroto biasanya berada di alam bebas dan menjadi makanan bagi berbagai jenis burung berkicau.

Siapa sangka ternyata budidaya kroto bisa menguntungkan karena kroto banyak dicari untuk dijadikan sebagai pakan burung. Harga jual kroto bisa mencapai Rp. 200.000, bagi para pecinta burung harga tersebut tidak jadi masalah. 

2. Budidaya Jangkrik

Budi daya jangkrik bisa dianggap sebagai salah satu bisnis budidaya unik menguntungkan. Sama halnya dengan kroto, jangkrik juga bisa dijadikan sebagai pakan burung yang mengandung khasiat cukup tinggi. 

Tak jarang burung yang mengkonsumsi jangkrik bisa berkicau lebih gacor dari sebelumnya. Selain pakan burung, di beberapa Daerah di Indonesia menjadikan jangkrik sebagai bahan makanan yang bisa dikonsumsi karena kandungan gizinya yang tinggi. 

Kisaran harga jangkrik di Pasaran cukup tinggi yakni Rp. 90.000/kg, harga telur jangkrik juga tak kalah hebatnya karena bisa mencapai ratusan ribu. 

3. Budi Daya Ikan Nila

Sebagaimana telah disinggung di atas, budi daya unik kategori hewan harus memastikan terlebih dahulu bibit yang akan dipilih. Bibit yang berkualitas bisa mendapatkan hasil ternak yang berkualitas juga, sehingga berpotensi meraup keuntungan besar. 

Kemudian kolam ternak ikan nila harus diperhatikan, meskipun pada dasarnya tidak membutuhkan jenis kolam khusus. Ikan nila memang langka untuk dibudidayakan, oleh karena itu masuk ke dalam salah satu jenis bisnis budidaya unik

Meskipun langka, dari segi pemasaran bisa lebih mudah untuk ditawarkan ke berbagai kalangan masyarakat. Selain kandungan gizi yang tinggi, ikan nila memiliki tekstur daging ikan yang khas dan lezat. 

Baca juga:  Jualan Makanan Apa Yang Laris Masa Kini Dan Omset Melejit

4. Budidaya Jamur Enoki

Anda pernah makan mie ramen? Biasanya jamur enoki dicampurkan ke dalam mie ramen sebagai topping sayurannya. Jamur enoki sendiri memiliki bentuk menyerupai tauge, terkenal di Jepang, Korea dan Cina. 

Harga jual jamur enoki lebih tinggi dibandingkan dengan jamur tiram, sayangnya masih sedikit orang yang melakukan budidaya. Padahal jika Anda mau, bisnis budidaya unik jamur enoki cukup menguntungkan. 

Bayangkan saja, masa panen jamur enoki bisa terjadi setiap hari sepanjang tahu, masa pertumbuhannya yang sangat cepat mampu menghasilkan produk yang besar. 

5. Budidaya Kaktus Mini

Pernah mendengar istilah sukulen? Itu merupakan nama lain dari kaktus mini yang kini tengah naik daun di kalangan masyarakat. Sukulen biasanya dijadikan sebagai hiasan rumah, souvernir pernikahan atau kado spesial. 

Bentuknya mungil, cantik dan memiliki ketahanan hidup yang tinggi sehingga cocok diletakkan dimana saja, termasuk di meja kerja Anda. 

Sukulen bisa dikembangbiakkan dengan cara vegetatif melalui pemotongan daun atau batang. Kemudian tanam anakan pada wadah yang sudah dilengkapi media tanam yang sudah dipersiapkan sebelumnya. 

Pemeliharaannya juga cukup mudah, budidaya sukulen cocok untuk Anda yang masih pemula dalam bisnis budidaya sukulen ini. 

Dari berbagai contoh bisnis budidaya unik di atas, mana yang kira-kira cocok dengan Anda dan akan segera dieksekusi? Jangan lupa untuk telaten, rajin, dan sabar dalam melakukan proses budidaya baik jenis hewan ataupun tanaman.

Baca juga:  Tips Jualan Makanan Online paling Laris Hanya dari Rumah