cara-menyembuhkan-inosmia

Cara Menyembuhkan Tidak Bisa Mencium Bau Secara Alami

Gejala tidak bisa mencium bau memang terasa sepele, tapi jika tidak segera diatasi penyakit ini sangat mengganggu bagi penderitanya. Cara menyembuhkan tidak dapat mencium bau pun sangat mudah, Baik dengan menggunakan obat obatan, maupun dengan cara alami atau herbal.

Penyakit tidak bisa mencium bau dalam kata lain disebut dengan Anosmia yaitu hilangnya fungsi indra penciuman baik itu hanya sebaian ataupun keseluruhan. Tidak hanya itu,Seperti halnya saat kita Flu pilek yang teramat parah.

Seseorang yang tidak dapat mencium bau akan kehilangan selera makan, sebab makanan yang dimakan akan terasa hambar. Penyumbatan didalam hidun merupakan penyebab utama terjadinya seseorang tidak dapat mencium bau. Dan jika tidak segera ditangani seoran penderita Anosmia bisa mengalami penurunan berat badan dan frustasi.

Penyebab Anosmia

Tidak dapat mencium bau disebabkan berbagai hal, dan untuk cara menyembuhkan tidak dapat mencium bau akan kita bahan diparagraf selanjutnya, simak beberapa penyebab Anosmia dibawah ini :

1. Penyakit Flu

Penyakit Flu adalah penyakit yang hampir setiap orang pernah mengalaminya. Dan flu merupakan penyebab pertama terjadinya Anosmia. Penyakit Flu menyerang organ pernafasan yan disebab kan oleh infeksi virus influenza. Seseorang yang terkena flu akan mengalami hidung tersumbat dan mengeluarkan lendir dari hidung.

Baca juga:  Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga, Cepat dan Ampuh!!!

Hal itu yang mengganggu fungsi penciuman, dan penderitanya tidak dapat mencium dengan baik. Tetapi saat imun sudah meningkat dan flu sudah mulai membaik, fungsi hidung akan kembali normal.

2. Sinusitis Akut

Sinus akut menjadi salah satu penyebab tidak dapat mencium bau. Penyakit sinutisis juga merupakan penyebab anosmia tertinggi.

3. Rinitis (Alergi)

Penyembab anosmia juga karena rinitis (alergi) pada berbagai rangsangan. Alergi terhadap dingin dapat membuat hidung mengeluarkan lendir berlebih dan tertekannya ronga hidung dan saraf disekeliling hidung dapat menyebabkan terjadinya anosmia.

4. Kelainan Tulang Hidunga

Kelainan tulang hidung akan menghalangi aliran udara ke dalam hidung yaitu berupa tulang septum yang tidak lurus. Dengan kondisi seperti ini, bau yang berasal dari luar tidak sampai ke bagian dalam  hidung, sehingga saraf tidak bisa mengirimkan sinyal ke otak. 

5. Polip Hidung

Selanjutnya Polip hidung menjadi salah satu penyebab anosmia . polip hidung yang membengkak dapat menghambat aliran udara, sehingga akan melemahkan fungsi hidung.

6. Kerusakan Otak Atau Syaraf

Karena faktor usia, penuaan menjadikan kerusakan saraf. Kerusakan pada fungsi hidung juga bisa disebabkan oleh penyakit kanker otak ataupun darah tinggi. Kerusakan syara otak jua dapat terjadi pada oran yang telah mengalami kecelakaan. Dan ini bisa mengakibatkan penderitanya tidak dapat mencium bau.

Baca juga:  4 Obat Imun Terbaik Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

7. Faktor Usia

Pelemahan safar biasanya terjadi pada orang yan sudah usia lanjut. Slah satunya kerusakan saraf bagian menyalurkan aroma ke bagian otak. Hal ini jua bisa menyebabkan tidak dapat mencium bau.

8. Aneurisma Otak

Aneurisma adalah kondisi dengan pembuluh darah di otak mengalami sumbatan yang berbentuk balon. Penderita aneurisma pada otak juga akan mengalami masalah pada fungsi hidung.

9. Pengaruh Anti Biotik

Antibiotik yang digunakan terlalu berlebihan akan dapat menyebabkan melemahnya fungsi hidung sebagai indra pencium, hal ini biasanya juga disertai dengan gangguan telinga. 

10. Malnutrisi

Tubuh yang kekurangan nutrisi akan membuat sistem metabolisme tidak bekerja secara optimal. Hal ini beresiko seseorang tidak dapat mencium bau.

Cara Menangani Anosmia Secara Alami

Dari berbagai sumber yang di dapat ada beberapa cara menyembuhkan anosmia Secara alami, tanpa harus pergi ke dokter. Dibawah ini beberapa tips untuk menyembuhkan anosmia yaitu :

1. Air Garam

Seseorang yang mengalami tidak dapat mencium bau bisa mencoba air garam, yaitu bagian dalam hidung di bilas menggunakan air garam atau dengan menyesap air garam melalui hidung.Penderita anosmia yang sisebabkan oleh ineksi ataupun alergi dapat berangsur berkurang dengan menggunakan cara ini.

2. Bawang Putih

Bumbu dapur satu ini ternyata dapat membantu meredakan Anosmia. Anti Oksidan dan Antibakteri yang terkandung dalam bawang putih dapat mencegah inflamasi. Hal ini dapat mengurangi pembengkakan pada saluran hidung.

Caranya yaitu dengan cara menghaluskan 4-5 siuang bawang putih lalu rebus dengan satu cangkir air, kemudian tambahkan garam secukupnya, dan minumlah ramuan itu dua kali sehari. 

Baca juga:  7 Cara Menyembuhkan Bisul Dengan Bahan Alami : Super Mudah

3. Mengonsumsi Jahe

Jahe mengandung anti mikroba yang dapat membersihkan partikel rematik dari hidung. Jahe juga merupakan ekspektoran alami yang dapat menjadi pereda nyeri dan efektif membantu mengatasi infeksi saluran hidung. Cara mengonsumsinya adalah dengan cara mengunyah atau bisa jua dengan membuat wedang jahe.

4. Terapi bau

Cara menyembuhkan tidak dapat mencium bau secara alami dapat dilakukan dengan cara terapi bau. Hal ini bertujuan untuk mengasah kemampuan dan kepekaan indra penciuman.

Yaitu dengan cara terus mencoba mencium bau minyak gosok, kencur, balsem, parum dan lain lain. Meski tidak dapat mencium bau apapun, kita harus terus mengunakan cara ini agar fungsi hidung kembali teransang.

5. Stop Rokok

Sebenarnya seseorang yang memiliki kebiasaan merokok dapat menghilangkan fungsi kepekaan indra penciuman. Dan dengan berhenti merokok dapat mengatasi anosmia secara alami. Hanya dengan cara berhenti merokok dan melakukan terapi dirumah, indra penciuman akan kembali normal.

Seperti yang sudah di uraikan diatas, ada beberapa cara menyembuhkan tidak dapat mencium bau secara alami. Cara ini diunakan untuk jenis anosmia yang jangka pendek, atau yan disebabkan infeksi dan alergi. Tetapi ada jua yan mengalami anosmia tahunan atau permanen. Hal ini bisa di konsultasikan ke dokter supaya mendapat solusi dan penanganan yang tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.