Cara-Membuat-Masker-Kopi-Sesuai-dengan-Kebutuhan
Cara Membuat Masker Kopi Sesuai dengan Kebutuhan

Cara Membuat Masker Kopi Sesuai dengan Kebutuhan

Cara membuat masker kopi bisa jadi ide bermanfaat bagi kulit Anda. Kopi bukan hanya diminum atau ditambahkan pada kue sebagai topping. Namun juga memiliki manfaat bagi kesehatan kulit terutama wajah.

Kopi mengandung antioksidan tinggi yang dapat menghambat penuaan dini akibat radikal bebas. Bahan alami ini bahkan fleksibel digunakan untuk kulit normal, berminyak, kombinasi maupun berjerawat. Itulah kenapa sering digunakan masker.

Berita baiknya, Anda bisa membuat sendiri bahan perawatan kulit dan wajah ini dengan membuat masker kopi sederhana namun berkhasiat. Takaran dan tujuan penggunaan dapat Anda sesuaikan dengan kondisi kulit.

Sehingga manfaat yang bisa dirasakan sesuai kebutuhan. Karena setiap kondisi kulit itu memiliki kebutuhan nutrisi tidak sama. Untuk itu sebaiknya perhatikan dulu kondisi kulit Anda sebelum menggunakannya sebagai masker wajah.

Baca juga:  Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Tubuh pada Masa Pubertas?

3 Cara Membuat Masker Kopi Sesuai Kondisi Kulit

Pembuatan bahan perawatan homemade bisa Anda kreasikan sendiri berdasarkan fungsinya. Untuk membuat tampilan wajah lebih prima, Anda bisa mengikuti panduan di bawah ini sesuai kebutuhan kulit. Berikut ini adalah panduannya:

1. Masker untuk kulit normal

Pertama adalah untuk mengangkat sel kulit mati penyebab kusam. Digunakan ampas kopi. Cara membuat masker kopi khusus kulit normal cukup dicampur saja dengan bahan utamanya saja.

Supaya bisa memberikan hasil yang dapat mencerahkan kulit, maka sebaiknya pemanfaatan kopi dicampur dengan bengkoang. Caranya siapkan satu bengkoang, kupas, cuci bersih kemudian blender bersama kopi bubuk 1 sendok makan.

Campurkan lemon setelah keduanya halus dan tercampur rata. Balurkan rata ke seluruh permukaan wajah. Jika masih ada sisa, masukkan ke wadah, tutup rapat, masukkan kulkas. Sehingga bisa digunakan setiap saat.

Mencerahkan, melembabkan sekaligus memberi efek menenangkan. Anda bisa membuat campuran bahan utama dengan kayu cendana. Haluskan dengan blender, kemudian beri sedikit perasan lemon atau jeruk nipis sebelum digunakan sebagai masker.

Kunyit, antioksidan, namun memiliki efek mencerahkan juga bagi wajah. Parut atau blender sampai halus, tambahkan sebagai campuran membuat masker kopi homemade. Langsung aplikasikan pada wajah selama minimal 15 menit.

2. Perawatan khusus minyak berlebih

Kulit berminyak sangat mengganggu, apalagi bagi yang memiliki aktivitas padat. Tampilan muka jadi kurang berseri karena kilap berlebih. Anda bisa memanfaatkan panduan membuat masker kulit berminyak.

Membuat masker kopi khusus muka berminyak adalah campurkan bubuk kopi dengan putih telur. Cukup diaduk dengan sistem balik saja, tidak sampai berbusa. Langsung aplikasikan ke wajah diamkan 15 menit.

Kemudian bilas. Bahan lain yang bisa dicampurkan ke dalam bahan utama untuk mengatasi kelebihan minyak adalah lemon. Kandungan vitamin C nya bukan hanya mencerahkan namun juga mereduksi minyak yang berlebihan.

Lidah buaya atau Aloe vera satu batang yang dihaluskan, dicampur ke dalam masker akan membantu melembabkan dan mengurangi minyak. Tampilan muka lebih kencang dan awet muda berkat pemakaian perawatan ini.

Wortel, bukan hanya enak dikonsumsi namun memiliki kandungan vitamin yang bermanfaat bagi kesehatan kulit. Wortel berkualitas, diblender hingga halus, campurkan pada masker. Hasilnya wajah lebih ternutrisi dengan baik dan sempurna.

Tomat, tidak asing lagi sebagai salah satu buah berkhasiat bagi kulit. Penggunaannya bisa diparut, kemudian campurkan pada bahannya, aplikasikan selama 15 menit atau sampai kering lalu bilas. Sehingga hasilnya menjadi cerah.

Baca juga:  9 Cara Mengobati Insomnia Secara Cepat dan Mudah : Langsung Lelap

3. Perawatan anti acne

Cara membuat masker kopi bisa dicampurkan dengan bahan lain sebagai masker untuk perawatan khusus anti acne. Bisa untuk jerawat meradang, atau tingkat yang lebih ringan. Diantaranya minyak zaitun 3 sdm. 

Cukup mencampur dua bahan tersebut hingga merata sempurna. Kemudian aplikasikan menggunakan kuas supaya rata. Bilas setelah 15 menit atau dirasa sudah sampai kering dan meresap. Sehingga hasilnya benar-benar menjadi sempurna.

Yoghurt bukan hanya enak dikonsumsi serta sehat. Ternyata bisa juga membantu meredakan jerawat meradang dan mengeringkannya dengan cepat. Cukup campurkan dengan kopi hingga rata lalu aplikasikan pada area wajah merata.

Pepaya, buah yang memiliki cita rasa manis dipercaya memiliki kandungan vitamin lengkap. Bisa menjadi pilihan yang melengkapi cara membuat masker kopi khusus untuk keluhan jerawat supaya masalah tersebut segera teratasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.