translate aksara jawa

5 Aplikasi Translate Aksara Jawa yang Paling Akurat

Apakah kamu bisa membaca tulisan aksara jawa? Tenang saja! Saat ini sudah banyak sekali aplikasi translate aksara jawa yang hasilnya sangat akurat kok.

Meskipun kita orang jawa tulen, belum tentu bisa menguasai semua bahasa jawa terlebih aksara jawa kan? Pasalnya, aksara jawa merupakan bahasa sistem penulisan yang sudah ada sejak jaman dulu, tentu saja kita tidak tahu!

Namun jangan beranggapan kamu bisa menemukan aplikasi translate tulisan jawa dengan mudah. Pasalnya, secara umum apk hanya menyediakan akses bahasa jawa secara normal bukan aksara.

Cara Translate Aksara Jawa ke Indonesia

Sebenarnya untuk translate aksara jawa ke indonesia tidak harus mengunakan aplikasi android. kamu juga bisa melakukanya secara online. Saat ini ada beberapa website yang menyediakan fitur translate secara gratis.

Kamu bisa mengetahui arti dari tulisan aksara jawa hanya dengan copy/paste. Penasaran bagaimana caranya? Berikut ini cara menerjemahkan aksara jawa ke bahasa indonesia secara online:

Baca juga:  Cara Edit Foto Wajah Pengantin Gunakan Aplikasi Tempo

Salah satu kelebihan translate online yaitu minim iklan yang muncul. Beda cerita jika menggunakan aplikasi, kamu pasti akan menemui iklan yang tiba-tiba muncul. Apakah itu tidak mengganggu?

Aplikasi Translate Aksara Jawa

Apapun tujuan kamu mencari apk transalate aksara jawa, yang terpenting itu sangat bagus untuk kelestarian budaya. Penggunaan aplikasi memang terkesan lebih simpel dari pada via web, maka tidak heran jika kamu lebih suka memakai aplikasi.

Penasaran apa saja aplikasinya? Berikut ini rekomendasi aplikasi yang bisa menerjemahkan aksara jawa ke bahasa Indonesia:

1. Nulis Aksara Jawa

Nulis Aksara merupakan aplikasi translate aksara jawa yang cukup akurat. Aplikasi ini dikembangkan oleh UZAN dan mendapatkan rating 4.3 dari total satu juta unduhan di Playstore.

Jumlah pengguna yang sudah menilai sendiri sekitar 8.6 ribu, dan rata-rata ulasanya positif. Maka aplikasi ini layak disebut sebagai aplikasi aksara terbaik yang saat ini banyak digunakan.

2. Aplikasi Aksara

Aplikasi aksara juga layak direkomendaskan sebagai yang terbaik nih. Pasalnya, fitur yang ditawarkan terbilang lengkap. Bukan cuma itu, huruf hanacarakanya juga lebih terlihat jelas dibandingkan aplikasi lainya.

Meskipun apk ini identik dengan bahasa jawa, nyatanya tidak banyak juga bahasa daerah yang bisa pelajari dari sini loh! Salah satunya yaitu Bali, aksara kawi, lontara Makasar, dan Batak Mandailing.

Baca juga:  Cara Bayar Kredivo Lewat DANA Lengkap

3. Bagaskara

Aplikasi bagaskara terbilang berbeda nih, fiturnya sangat memudahkan penggunanya mengingat bisa menerjemahkan hanya dari tangkapan kamera saja. Kelebihan aplikasi ini ukuranya yang sangat kecil sehingga ringan dan tidak membebani memori hp.

Bagi kamu yang males mengetik, mungkin ini salah satu aplikasi yang rekomend banget. Pasalnya, seperti yang sudah dijelaskan yaitu support fitur picture translate. Tidak usah nulis manual, tinggal jepret hasilnya langsung muncul!

4. Hana

Hana merupakan salah satu aplikasi translate aksara jawa yang mampu menerjemahkan tulisan latin ke aksara atau sebaliknya. Untuk hasilnya tidak usah diragukan lagi, karna semua panduan diambil dari beberapa sumber yang terpercaya seperti buku Wewaton Sriwedari.

Bagi kamu yang masih menggunakan hp kentang jangan kawatir! Ukuran file aplikasi ini cukup kecil yaitu 4.7 MB. Jadi tidak bakalan jadi beban memori hpmu yang pas-pasan.

5. Jawa Translator

Meskipun aplikasi sama-sama translator bahasa jawa, namun tidak untuk aksara atau hanacaraka. Secara fitur Jawa Translator belum menyediakan aksara jawa. Tapi kamu juga akan butuh, karna bisa menerjemahkan bahasa krama, ngoko dan krama inggil yang notabene tidak semua orang jawa tahu.

Baca juga:  7 Aplikasi Investasi Penghasil Uang Terpercaya OJK

Secara reputasi, aplikasi ini bisa dibilang kurang bagus menurut ulasanya di playstore. Pasalnya, dari total satu juta unduhan, hanya sekitar 6rb user yang mengulas dan mendapatkan skor 3.6 bintang. Tapi tidak ada salahnya dicoba kan!

Daftar Situs Translate Aksara Jawa

Meskipun kebanyakan lebih nyaman memakai aplikasi, tapi tidak menutup kemungkinan juga ada yang lebih suka via website atau online. Alasanya tidak lain karna iklan yang pasti akan muncul jika mengunakan apk gratisan.

Saat ini tidak banyak web yang menyediakan fitur terjemahan bahasa jawa. Tapi setelah ditelusuri, kita hanya menemukan kurang dari lima web, berikut daftarnya:

  • kongresaksarajawa.id
  • sebuahutas.com
  • bennylin.github.io/transliterasijawa
  • semutaspal.com/translate-aksara-jawa

Nah, itulah deretan situs tanslate aksara jawa yang bisa kamu pakai secara online. Tidak perlu download! buka browser, tulis, langsung cusss!

Silahkan pilih metode mana yang menerutmu sesuai kebutuhan. Bagi seorang pelajar SMP, mungkin translate melalui aplikasi jauh lebih simpel. Pasalnya, kamu tidak perlu repot mengingat alamat web yang mungkin saja akan lupa.

Pasalnya, sebagai pelajar tentu suatu saat akan butuh. Bagaimana kalo kamu lupa alamat web translate tersebut sedangkan kamu sedang butuh banget. Jadi repot kan?