cara membuat whatsapp bisnis

Cara Membuat WhatsApp Bisnis dan Fitur yang Ada

WhatsApp Bisnis merupakan sebuah aplikasi yang tidak asing. Sama seperti WhatsApp biasa, aplikasi ini digunakan untuk berkirim pesan. Bedanya WA Bisnis ini memiliki fitur-fitur yang membantu para pebisnis untuk menjalankan usaha mereka. Bagaimana cara membuat WA Bisnis?

Untuk membuat WA Bisnis ini sebenarnya sangat mudah, caranya tidak jauh berbeda dengan membuat WhatsApp biasa. Meskipun mudah, namun masih banyak yang bingung dan tidak tahu cara membuat WA Bisnis ini.

Cara Membuat WhatsApp Bisnis

Cara Membuat WhatsApp Bisnis

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tutorial cara membuat WhatsApp Bisnis dengan mudah dan cepat. Ketika menggunakan WA Bisnis, Anda tidak perlu logout dari akun WA Anda, karena WA Bisnis ini memiliki aplikasi yang berbeda.

Baca juga:  Cara Mendapatkan Cuan dari Google Maps, Beigini Caranya!

Berikut langkah-langkah cara membuat WA Bisnis:

  • Download aplikasi WA Bisnis di Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk iOS.
  • Setelah itu, install aplikasinya seperti biasa.
  • Buka dan buat akun baru dengan mendaftarkan nomor ponsel bisnis milik Anda.
  • Setelah berhasil mendaftarkan akun, langkah berikutnya adalah masuk ke Settings => Business Settings => Profile.
  • Silahkan isi detail profil usaha milik Anda, mulai dari nama bisnis, alamat, sampai detail kontak.
  • Anda bisa mengaktifkan fitur balasan pesan otomatis dengan klik Settings => Business Settings => Away Message/Greeting Message/Quick Replies.
  • Tentukan pesan balasan otomatis yang Anda inginkan, atur juga waktu pengiriman pesannya.

Fitur-Fitur WhatsApp Bisnis

Setelah mengetahui cara membuat WA Bisnis, selanjutnya Anda juga harus tahu fitur-fitur yang ada. Meskipun sama-sama aplikasi Chat, WhatsApp Bisnis dan WhatsApp Messenger tidak sama. Ada beberapa fitur WA Bisnis yang tidak ada di WA Messenger. Berikut fitur-fitur yang ada pada WA Bisnis.

Baca juga:  5 Aplikasi Translate Aksara Jawa yang Paling Akurat

1. Nama Akun Pengguna Resmi

Beda dengan WhatsApp Messenger yang mana bebas dalam mengganti nama akun. Di WhatsApp Bisnis ada beberapa ketentuan dalam membuat nama akun bisnis resmi. Anda harus mengikuti beberapa ketentuan-ketentuan yang ada supaya akun bisnis Anda bisa terdaftar sebagai “Akun Bisnis Resmi”.

2. Detail Profil Akun Bisnis

Profil yang ada pada WA Bisnis membuat beberapa informasi mengenai bisnis Anda. Mulai dari nama bisnis, alamat, kategori bisnis, email, deskripsi, dan situs website bisnis Anda. Yang mana menu informasi tidak tersedia pada profil akun WhatsApp Messenger.

3. Fitur Pesan Otomatis

WhatsApp Bisnis ini menyediakan tiga fitur balasan pesan otomatis yang tidak ada di WA Messenger. Yaitu Away Message untuk membalas pesan otomatis saat ada pesan masuk. Greeting Message, untuk membalas pesan otomatis ketika pelanggan menghubungi Anda untuk pertama kali. Dan Quick Replies untuk membuat teks balasan untuk pertanyaan yang sering ditanyakan.

Baca juga:  3 Cara Top Up Shopeepay: ATM, DANA dan Indomaret

4. Fitur Katalog Produk

Di WhatsApp Bisnis terdapat fitur katalog produk untuk menampilkan daftar produk yang Anda jual di profil WA Bisnis Anda. Fitur ini digunakan sebagai etalase produk supaya pelanggan bisa melihat apa yang Anda jual ketika membuka profil WA Bisnis Anda.

5. Kategori Bisnis

Fitur berikutnya yang ada pada WhatsApp Bisnis adalah kategori bisnis. Anda bisa memilih kategori bisnis yang sesuai lewat dropdown list yang. Jika bisnis yang Anda jalankan tidak memiliki kategori yang sesuai, silahkan pilih menu Other.

Nah itulah tadi tutorial cara membuat WA Bisnis termudah dan cepat. Kami juga memberikan informasi tentang beberapa fitur WhatsApp Bisnis yang bisa membantu penjual dimana fitur tersebut tidak tersedia pada versi WhatsApp Messenger.