Usaha Makanan Ringan Serba 1000

8 Ide Usaha Makanan Ringan Serba 1000 Pasti Laku

Salah satu cara menambah pemasukan keluarga tanpa perlu meninggalkan rumah adalah mengembangkan usaha makanan ringan serba 1000. Dengan harga yang terjangkau, biasanya yang dijual adalah makanan untuk kudapan

Di samping itu, jenis usaha makanan ringan tidak memerlukan modal yang terlalu besar. Bahkan seringkali para ibu rumah tangga dapat membuatnya sendiri di rumah menggunakan keahliannya dalam memasak.

Ide Usaha Makanan Ringan Serba 1000

Untuk terjun di usaha ini, mulailah dengan mencoba resep jajanan atau makanan ringan yang lagi booming. Selain itu, pilihlah yang butuh modal sedikit, tetapi bisa mendatangkan keuntungan maksimal, seperti:

1. Telur Gulung

Jajanan telur gulung ini sangat mudah dibuat dan tidak memerlukan modal yang besar. Keahlian yang dibutuhkan juga tidak perlu dipelajari secara khusus, cukup dengan skill memasak ala rumahan biasa.

Bahan bakunya pun mudah, yakni hanya dengan menyediakan telur ayam dengan tambahan bihun beserta saus sambal. Perlengkapan untuk memasak cukup gunakan alat-alat dapur saja, yaitu wajan, sodet, peniris, dan kompor.

Untuk memulai ide jualan 1000an tahan lama tidak memerlukan modal yang besar. Harga telur dan bihun masih terbilang cukup terjangkau, sehingga jajanan ini dapat dijual dengan harga seribu rupiah saja per tusukan.

Strategi harga ini perlu diterapkan, mengingat target pasar telur gulung lebih didominasi oleh anak-anak TK ataupun SD. Untuk menambah cita rasa, tinggal sediakan bermacam sambal, misalnya sambal pedas, manis, dan sambal kacang.

Baca juga:  Beragam Ide Jualan Makanan Yang Layak Dicoba Anak Muda!

2. Keripik Singkong Aneka Rasa

Salah satu ide usaha makanan ringan serba 1000 yang murah meriah adalah keripik singkong. Jajanan ini tidak hanya menyasar anak-anak, tetapi juga orang dewasa. Dengan rasanya yang ringan dan tidak mengenyangkan, banyak orang memilih nya sebagai kudapan.

Keripik singkong dapat disajikan dalam kemasan sederhana, misalnya hanya menggunakan plastik kiloan yang tersegel rapi. Selalu perhatikan berat isinya agar sesuai dengan harga jual, tetapi tetap mendapatkan keuntungan.

Inovasikan rasanya, agar lebih menarik minat pembeli, seperti rasa keju, pedas, jagung bakar, dan barbeque. Bahan perisa tersebut dapat dibeli di toko bahan makanan dalam bentuk tabur. Namun, tetap sediakan keripik original, untuk pelanggan yang tidak menyukai tambahan rasa.

3. Stik Bawang

Ide jualan 1000an tahan lama yang lain adalah membuat kue stik bawang yang dapat dikemas menggunakan plastik kiloan. Makanan ini sangat mudah dibuat dengan modal yang tidak terlalu besar.

Stik bawang termasuk makanan yang tahan lama. Dengan pembuatan dan pengemasan yang tepat, kudapan ini dapat bertahan selama satu sampai dua minggu. Tak hanya itu, penggunaan bahan baku yang tepat juga akan memperpanjang usia snack kering ini.

Bahan baku yang dibutuhkan mudah dan murah, tersedia pula di warung-warung terdekat. Bahan-bahannya hanya terdiri dari tepung terigu, telur, penyedap rasa, daun bawang, dan minyak goreng saja. 

Itu artinya, stik bawang memang cocok menjadi ide usaha makanan ringan serba 1000. Peralatan yang dibutuhkan ialah cetakan pasta yang dapat dibeli di warung kelontong. Jika belum memiliki dana, maka gunakanlah pisau dan talenan untuk memotong adonan kudapan tersebut.

Baca juga:  Jualan Makanan Apa Yang Laris Masa Kini Dan Omset Melejit

4. Cireng

Adakah yang belum tahu, jika cireng merupakan singkatan dari aci alias kanji yang digoreng? Dari namanya saja sudah tertebak, bahwa bahan baku utama camilan ini berupa tepung kanji. Bahan tambahan yang lainnya adalah terigu, santan, penyedap rasa, garam, dan daun bawang.

Jajanan tradisional ini termasuk makanan ringan yang lagi booming karena keunikannya. Untuk meningkatkan daya saing, tambahkan isi sebagai varian, seperti oncom atau sayuran. Selain itu, variasi saus juga dapat menjadi pilihan cerdas, seperti saus sambal atau bumbu rujak.

5. Cilok

Cilok juga merupakan salah satu usaha makanan ringan serba 1000. Tak berbeda jauh dengan aci, bahan bakunya pun sama, yaitu tepung kanji atau sagu. Perbedaan hanya terletak pada pengolahannya, yaitu direbus.

Jajanan ini dapat dijual dengan harga 1000 rupiah per tiga butirnya, tentu saja ukurannya disesuaikan, agar tetap mendapatkan untung. Tambahkan saus kacang agak pedas sebagai topping.

Baca juga:  Tips Jualan Makanan Online paling Laris Hanya dari Rumah

6. Donat Kampung

Jajanan ini begitu dikenal oleh semua orang. Meski demikian, donat tetap menjadi salah satu ide usaha makanan ringan serba 1000. Pembuatannya sangat mudah, begitu juga dengan resep yang dapat ditemukan di mana-mana.

Ukuran dan bahan baku pembuatan donat dapat disesuaikan dengan harga jual yang hanya Rp 1000. Jangan lupa, berikan topping berupa gula halus sebagai pemanis. Jika ingin memberikan varian yang lain, tentu saja memerlukan penyesuaian harga.

7. Aneka Jajanan Tradisional

Indonesia sangat kaya dengan kudapan tradisional yang dapat dijadikan pilihan sebagai usaha makanan ringan. Siapa yang tak kenal onde-onde, kue pisang, dan putu mayang? 

Jajanan tradisional ini dapat juga menjadi pilihan untuk dijalan sebagai usaha makanan ringan serba 1000. Bahan baku yang murah dengan proses pembuatan yang mudah menjadi pertimbangan mengapa kudapan ini banyak dijual. Rasa otentiknya menjadi daya tarik tersendiri di mata para penggemar. 

Baca juga:  Mudah Dipraktekkan! Inilah Cara Memasarkan Produk Makanan Online Untuk Pemula

8. Makaroni goreng

Makaroni goreng dapat menjadi kudapan yang tahan lama dan dijual dengan murah. Peminatnya cukup banyak, karena dapat disajikan dalam berbagai varian rasa. Misalnya, pedas, rasa jagung bakar, diberi saus sambal, dan bubuk cabai.

Pembuatannya pun mudah, yakni cukup dengan merebus dan menggoreng makaroni hingga kering, lalu tiriskan agar kandungan minyak hilang. Selesai, tinggal tambahkan perisa dan garam untuk memberi rasa gurihnya.

Kudapan ini dapat dikemas dengan sederhana menggunakan plastik biasa yang disegel dengan api lilin atau alat penyegel. Dengan begitu, tidak mudah melempem atau basi. Jika ingin cepat, dapat disajikan menggunakan cup plastik dengan sendok kecil, sehingga mudah untuk memakannya.

Memulai usaha makanan ringan serba 1000 tentu saja memerlukan pengorbanan waktu dan tenaga. Namun, sebenarnya tidaklah sesulit yang dibayangkan, asalkan target market sudah terukur.