Toko Kelontong Modal 50 Juta

Buka Toko Kelontong Modal 50 Juta, Ini Tipsnya

Dariberita – Membuka usaha dapat dengan modal berapa saja. Seperti toko kelontong modal 50 juta sudah bisa memulai bisnis dengan produk lengkap. Selanjutnya tinggal mengelolanya.

Barang kelontong merupakan kebutuhan harian yang repeat ordernya sangat tinggi. Dengan jenis produk yang tidak mudah basi dan rusak, belum lagi margin yang lumayan memberikan potensi keuntungan cukup tinggi. Tidak salah mencoba keberuntungan pada bidang ini.

Tips Memulai Bisnis Toko Kelontong Modal 50 Juta

Meski sudah banyak usaha sejenis namun ceruk  pasarnya masih tinggi. Ini tidak lepas dari kebutuhan akan barang kelontong yang setiap hari selalu harus terpenuhi. Jenis usaha ini tidak ini tidak mengenal musim dan waktu. Setiap hari orang membutuhkannya.

Memulai usaha barang kebutuhan sehari-hari cukup mudah.  Toko kelontong modal 50 juta sudah bisa menyediakan berbagai kebutuhan secara lengkap. Tinggal bagaimana mengaturnya agar dapat berjalan lancar. Sebelumnya, perhatikan tips berikut:

1. Tentukan Target Market

target market

Target market sangat menentukan terhadap kualitas barang yang akan tersedia di etalase. Jika membidik pasar kelas menengah ke atas, sediakan item dengan kualitas premium. Namun jika sebaliknya, maka produk dengan kriteria standar lebih tepat.

Sebelum membuka usaha, lakukan survei terkait target market. Kelas mana yang paling potensial untuk dibidik. Dengan demikian pengelola dapat menyesuaikan kualitas barang yang nanti tersedia di toko kelontong miliknya.

2. Pilih Lokasi Yang Tepat

Menentukan Lokasi Yang Tepat

Lokasi toko sangat berpengaruh pada akses calon pembeli. Pilih lokasi yang dekat dengan pelanggan, tempat ramai di tengah perumahan atau salah satu pasar. Namun jika ternyata tidak ada ruko atau atau kios yang disewakan, alternatifnya menggunakan yang ada.

Jika ternyata kurang dekat lokasi pembeli pengelola dapat mengatasi dengan memberi pelayanan antar barang gratis. Tentu hal ini harus memperhitungkan biaya transport atau mensyaratkan minimal pembelian tertentu sehingga biaya ongkos tercover dari keuntungan.

Baca juga:  6 Cara Buat Toko Kelontong Modal 20 Juta Cepat Laba

3. Cari Distributor Murah

Distributor murah

Distributor murah berpengaruh pada harga jual. Jika pemilik usaha bisa mendapat penyetok barang dengan lebih terjangkau maka dapat menjualnya dengan miring juga. Buatlah kerjasama agar mendapat poin ini, misal berbelanja dalam volume tertentu atau item lengkap.

Untuk menemukan distributor yang tepat, pengelola perlu mencoba beberapa tempat. Pilih yang selain murah, lengkap juga fast respon. Ketika produk di toko kelontong habis, dapat segera untuk mengirim secepatnya.

4. Lengkapi Barang Yang Dijual

Barang yang lengkap akan menarik pembeli untuk datang. Bayangkan saja, sudah capek datang ternyata item yang dicari tidak tersedia tentu pelanggan akan kecewa. Produk yang lengkap membuat pembeli merasa lebih praktis, tidak perlu datang ke beberapa toko.

Lakukan pemantauan stok opname sehingga produk yang tinggi repeat ordernya dapat tersedia dalam jumlah cukup. Kelengkapan item akan mengundang pelanggan untuk menjatuhkan pilihan pada toko kelontong tersebut.

Baca juga:  Contoh Laporan Penjualan Harian Toko Sembako

5. Kelola Toko Kelontong Modal 50 Juta Dengan Strategi Promosi Yang Tepat

Kelola Toko Kelontong Modal 50 Juta Dengan Strategi Promosi Yang Tepat

Promosi dapat mengundang pelanggan baru untuk mencoba berbelanja dan pembeli lama agar datang kembali. Memberi kupon, discount untuk pembelanjaan tertentu dan rabat dapat dicoba.  Harga yang murah dengan kualitas terjaga sangat menarik pelanggan.

Pengelola juga bisa memberikan layanan antar gratis dengan jarak dan jumlah belanja tertentu. Selain itu, promo mendadak, misal memberi hadiah pada pelanggan ke sekian pada hari tersebut juga cukup menarik.

Membuka toko kelontong modal 50 juta sudah dapat menyediakan berbagai produk dengan lengkap. Konsisten mengelola dan memonitoring jalannya usaha dapat meningkatkan volume penjualan sehingga keuntungan juga meningkat. Tips di atas bisa dicoba.

Baca juga:  Cara Jualan Online Laris di Shopee, Lazada, Tokopedia, hingga Bukalapak