6 Cara Buat Toko Kelontong Modal 20 Juta Cepat Laba

Dariberita – Wujudkan toko kelontong modal 20 juta dengan cara-cara mudah ini. Selain sudah terbukti berhasil, juga relatif sederhana sistemnya. Mengingat, toko kelontong tidaklah harus memiliki stock banyak, dan butuh perputaran modal yang cepat.

Oleh karena itu, agar modal tidak habis percuma dan tidak ada rugi, maka pakai enam tips ampuh di bawah ini. Lantaran, ini sudah terbukti bisa menyelamatkan modal dan mengelolanya dengan baik. Apa saja tipsnya? Baca penjelasan selengkapnya di bawah ini.

6 Cara Kelola Toko Kelontong Modal 20 Juta

Sebelum membahasa enam poin penting di bawah ini, hendaknya digarisbawahi jika semua ini bisa berjalan jika konsisten. Lantaran, banyak yang terlena dengan putaran modalnya yang cepat, sehingga pencatatan dan sistem stock-nya berantakan.

1. Hitung Modal Keseluruhan Toko Kelontong Modal 20 Juta

toko kelontong modal 20 juta

Ingat ya, modal itu tidak hanya berupa barang yang akan menjadi isi toko. Tidak. Jika hanya punya modal 20 juta, maka segera rinci menjadi beberapa macam modal. Seperti, modal operasional, modal persiapan, dan juga modal lainnya. Ini banyak orang abaikan, akibatnya di enam bulan pertama sudah bingung cari uang untuk kulakan.

2. Alokasi Dana Belanja

toko kelontong modal 20 juta

Dana belanja di sini, adalah kebutuhan yang menjadi isi toko kelontong. Jadi rinci, produk apa saja, selain etalase dan lainnya. Perencanaan ini benar-benar hanya mengacu pada barnag apa saja yang akan menjadi isi toko. Tentu saja, besarnya tidak 20 juta langsung. Tapi, kurangi dahulu dengan keperluan modal lain, sisanya baru keluarkan ke sini.

3. Alokasi Fresh Money

Apa ini? Ya, dana belanja tambahan. Ini anggap saja sebagai modal simpanan. Dari 20 juta itu, sisihkan sebagian untuk ini dalam bentu uang cash.

Kenapa? Karena kadang ada item fast moving yang sangat laku di pasaran dan itu tidak terduga. Misalnya saja, ketika pandemic, masker dan hand sanitizer menjadi produk buruan yang pasti laku. Demikian juga dengan musim demam berdarah, maka antiseptic, pembersih kamar mandi dan sejenisnya menjadi sangat laris.

4. Strategi Promo Toko Kelontong Modal 20 Juta

toko kelontong modal 20 juta

Jauh hari, maka rancang promo apa saja yang akan Anda buat di toko kelontong. Misal, setiap pembelanjaan 10 ribu rupiah, gratis satu balok garam. Menarik bukan? Semua orang butuh garam, dengan harga yang sama tapi mendapat bonus garam, tentu menjadi nilai lebih bagi konsumen.

Baca juga:  3 Tips Bisnis Baju Modal 1 Juta : Anti Gagal dan Terbukti Works

5. Fokus Pada Fast Moving Item

Fast moving item bukan berarti bahan pokok saja. Lihat lokasi dan lingkungan sekitar. Misal tinggal di daerah kos-kosan, maka fast moving item-nya adalah telur, pembalut, sabun cuci rencengan, samphoo rencengan, dan sejenisnya. Sebab, anak kos untuk kebutuhan bulanan lebih suka belanja ke hypermart, dan untuk kebutuhan kecil-kecil mereka akan belanja ke toko.

6. Pelayanan Optimaltoko kelontong modal 20 juta

Ini mutlak, meski toko kelontong modal 20 juta, berikan pelayanan maksimal. Seperti, lengkapi jasa potong ikan sekalian untuk pembelian ikan segar, jasa racik bumbu sesuai request pembeli, dan banyak lagi lainnya. jadi, ramah saja tidak cukup untuk mendapatkan hati pelanggan. Sediakan juga pelayanan serba ada untuk membuat pelanggan puas, lalu terus kembali dan menjadi pelanggan loyal.

Demikianlah enam tips ampuh yang bisa menjadikan toko kelontong modal 20 juta segera untung. Mengingat, perputaran modalnya yang cepat, administrasi haruslah rapi dan jelas. Ini menghindarkan Anda dari fatamorgana laba, padahal sedang rugi. Selamat mencoba.

Baca juga:  Peluang Usaha Modal 1 Juta di Kampung untuk Anak Muda dan Ibu Rumah Tangga