11-Rekomendasi-Bisnis-online-untuk-Pelajar-Tanpa-Modal

11 Rekomendasi Bisnis online untuk Pelajar Tanpa Modal, Berani Coba?

Berpenghasilan di usia muda merupakan pencapaian yang membanggakan. Khusus bagi yang masih memiliki kesibukan di sekolah, ada banyak jenis bisnis online untuk pelajar yang bisa menjadi alternatif gampang untuk berpenghasilan. Seiring perkembangan teknologi, kini mulai banyak bermunculan lowongan bisnis online untuk pelajar tanpa modal.

Mengingat sampai saat ini, covid19 masih merajalela sehingga segala aktivitas di luar masih dibatasi. Hal ini membuka kesempatan bagi pelajar untuk berbisnis di rumah via online. Bermodal android dan jaringan internet saja sudah bisa berpenghasilan, tidak perlu membuka toko yang membutuhkan banyak dana.

Baca juga:  Peluang Usaha Di Desa Yang Menjanjikan Keuntungan Besar

Rekomendasi Bisnis Online untuk Pelajar 

Menjalankan bisnis dalam genggaman juga tidak harus memiliki keahlian khusus, cukup bermodal android dan akses internet. Selebihnya hanya memerlukan kemauan, kerja keras dan konsistensi. Berikut ini rekomendasi bisnis online untuk pelajar yang bisa menjadi referensi untuk ditekuni selama di rumah:

1. Menjadi reseller atau dropshipper

Menjadi reseller atau dropshipper kini mulai banyak dijalankan oleh warga maya, khususnya para pelajar yang belum memiliki modal. Bisnis ini juga termasuk paling gampang dilakukan.

Apa perbedaan antara reseller dan dropshipper? Membeli barang dengan harga tertentu lalu menjualnya dengan harga yang lebih tinggi disebut reseller. Sedangkan dropshipper merupakan pihak ketiga yang bekerja sama dengan pemilik toko untuk memasarkan produk. Produk yang terjual dikemas dan dikirim oleh pemilik toko dan dropshipper tadi hanya bertugas mempromosikan produk.

2. Menjadi youtuber

Rekomendasi bisnis online untuk pelajar selanjutnya adalah menjadi youtuber. Semua orang bisa menjadi youtuber dengan bermodal gadget dan akses internet lancar.

Bagaimana berpenghasilan melalui youtube? Membagikan konten menarik yang menghibur atau bermanfaat bagi orang lain akan mengundang banyak viewers atau penonton. Setelah memposting banyak konten, jumlah subscribers dan jam tayang sudah memenuhi ketentuan, kamu sudah bisa menayangkan iklan.

Selain penghasilannya dari iklan, kamu juga bisa mempromosikan produk di YouTube atau bekerja sama dengan perusahaan yang membutuhkan marketer online. Tapi tidak instan, butuh konsistensi sampai jumlah viewers banyak yang berpeluang menjaring banyak pelanggan.

Baca juga:  Guna Meningkatkan Usaha Kuliner yang Dilakukan Wirausaha Adalah

3. Bisnis Affiliate Marketing

Bisnis affiliate marketing juga sudah mulai populer ditekuni oleh pengguna sosial media untuk mencari penghasilan sampingan. Salah satu bisnis online untuk pelajar SMP tanpa modal yang recommended karena hanya menyebar link ke sosial media saja.

Namun, menjalankan bisnis affiliate ini harus memiliki jumlah followers atau subscribers yang potensial agar link yang disebarkan mendapat banyak klik.

Affiliate produk umumnya banyak peminat karena semakin bertambah pula produk-produk yang dijual di berbagai platform jual beli online, seperti shopee, lazada, tokopedia, dan lain sebagainya.

4. Admin Media Sosial

Ada banyak brand atau perusahaan lokal yang masih belum mampu memaksimalkan pengelolaan akun media sosialnya. Selain faktor kesibukan, juga beberapa diantaranya masih gaptek, sehingga kawula muda berpeluang untuk menjadi admin media sosial dalam memasarkan produk.

Menjadi admin media sosial terbilang cukup mudah dan cocok untuk pelajar yang lebih banyak menghabiskan waktu dengan gadget. Apabila memang kamu memiliki bakat sebagai admin medsos, tidak ada salahnya mencoba bisnis ini untuk memperoleh cuan.

Baca juga:  Peluang Usaha Modal 1 Juta di Kampung untuk Anak Muda dan Ibu Rumah Tangga

Lowongan Bisnis Online untuk Pelajar

Pandemi covid-19 telah membuat banyak orang memutar otak untuk bisa berpenghasilan tanpa harus keluar rumah. Para pelajar kini mulai mencari alternatif baru untuk mengisi waktu luang selama di rumah sekaligus membantu perekonomian keluarga.

1. Jasa Penulis Konten

Memiliki hobi menulis sangat berpotensi berpenghasilan meski hanya bermodal laptop dan akses internet. Bisnis ini sangat cocok untuk para pelajar yang rata-rata sudah memiliki PC dan android.

Jasa penulis konten saat ini banyak dibutuhkan untuk mengembangkan web/blog milik orang lain, khususnya bagi mereka yang memiliki banyak kesibukan. Tentu saja pekerjaan ini tidak membutuhkan banyak modal, kamu hanya perlu kesungguhan dan patuh pada deadline yang telah ditentukan oleh klien.

2. Jasa translator

Seorang pelajar sudah banyak menguasai bahasa asing, khususnya bahasa inggris yang telah dipelajari sejak duduk di bangku SD. Jadi tidak ada salahnya merintis bisnis dengan menyediakan jasa translator.

Jasa translator merupakan bisnis yang juga sedang populer dan banyak dicari. Tidak ada salahnya mencoba bergelut di bisnis ini dengan modal komputer dan akses internet saja. Jika bingung mencari klien, ada banyak lowongan bisnis online untuk pelajar di bidang ini di sosial media atau di web khusus penyedia jasa.

3. Survei Online

Mengisi survei lalu mendapatkan bayaran sepertinya menyenangkan, tidak membutuhkan modal dan hanya dikerjakan di rumah sambil rebahan pun bisa. Langkah pertama jika ingin memulai bisnis survei online ini yaitu mencari website yang menyediakan survei online.

Ada banyak website terkenal yang menyediakan survei online, diantaranya Swagbucks, Prize Rebel, Survey Junkie, Inbox Dollars, Vandale Research, You Gov dan masih banyak lagi.

4. Jasa pengetikan

Jasa pengetikan juga sedang banyak dicari, mengingat masyarakat masa kini lebih suka instan apalagi di tengah kesibukan. Apabila kamu sebagai seorang pelajar dan memiliki skill mengetik dengan cepat, bisnis ini bisa menjadi pilihan tepat.

Bergelut di bisnis jasa pengetikan harus menguasai teknik-teknik penulisan yang baik dan benar, terlebih ketika menerima pesanan karya tulis ilmiah yang penulisannya bersifat formal.

5. Menjadi Blogger

Kata siapa menjadi blogger tidak bisa berpenghasilan? Mengisi blog dengan banyak artikel menarik dan bermanfaat berpotensi mendatangkan banyak pengunjung atau pembaca.

Blog yang bertrafik tinggi berpotensi dilirik oleh perusahaan yang ingin memasarkan produknya sehingga menawarkan kerjasama dengan pemilik blog. Selain itu, berpenghasilan melalui Google AdSense juga menggiurkan bagi para blogger, mengingat penghasilan melalui Google AdSense bisa mencapai puluhan juta perbulan.

6. Jasa Desain Grafis

Tidak hanya berjualan dan menjadi youtuber atau blogger untuk bisa berpenghasilan, menawarkan jasa desain grafis juga merupakan bisnis yang hasilnya menjanjikan. Ada banyak perusahaan yang membutuhkan jasa ini. Desain grafis sangat cocok menjadi  lowongan bisnis online untuk pelajar smk yang bergelut di bidang ini.

Bisnis online desain grafis ini bermacam-macam, mulai dari desain logo, banner, website template, dan masih banyak lagi.

7. Selebgram

Selanjutnya, bisnis online untuk pelajar tanpa modal yang lebih menarik adalah menjadi selebgram. Tidak harus menjadi artis untuk bisa mendapatkan ribuan followers, kan? Cukup dengan rutin memposting konten atau foto menarik serta menjaga engagement agar menjadi daya tarik bagi followers aktif.

Oleh karena itu, daripada hanya sibuk scroll beranda dan membaca postingan yang tidak berfaedah, ada baiknya menekuni bisnis ini. Fokus mengelola akun media sosial agar dilirik dan ditawarkan menjadi endorse yang bayarannya lumayan besar.

Meskipun masih berstatus pelajar, namun memulai bisnis via online sangat disarankan untuk mengambil peluang agar bisa berpenghasilan.

Baca juga:  Ide Usaha bagi Pemula dengan Penghasilan Menjanjikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.