Tetap bisa Menabung, Cek Cara Mengatur Gaji Suami 2 Juta

Dariberita – Setiap orang pasti tidak ingin mengalami kesulitan keuangan. Jadi, solusinya adalah mengelola pemasukan, sehingga cukup memenuhi pengeluaran. Salah satu contohnya adalah mengatur gaji suami 2 juta.

Daripada mengeluhkan pendapatan yang pas-pasan, lebih baik membuat pengaturan yang sesuai, dan melakukan penghematan agar cukup. Sebab, jika tanpa pengaturan, bisa jadi akan selalu kurang setiap bulannya.

Trik Mengatur Gaji Suami 2 Juta

Trik Mengatur Gaji Suami 2 Juta

Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatur gaji, sehingga cukup sampai bulan berikutnya. Contohnya adalah beberapa pengaturan di bawah ini.

1. Membuat Pembagian Pemasukan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah langsung membagi gaji ketika pertama kali menerimanya. Tujuannya adalah memisahkan mana bagian uang konsumsi, pengeluaran lain-lain, dan tabungan.

Ada beberapa komposisi yang bisa Anda pilih. Di antaranya adalah pembagian 50/30/20.

Dalam komposisi tersebut, 50% dari jumlah gaji adalah untuk konsumsi, yaitu makan dan tagihan bulanan. Adapun 30% untuk pengeluaran lain-lain seperti rekreasi atau jajan. Sementara 20% langsung masuk tabungan.

Selanjutnya adalah membuat pengaturan pengeluaran pos konsumsi. Dengan demikian, gaji yang ada tetap cukup dan masih bisa menabung.

2. Melakukan Penghematan

Berikutnya, cara paling tepat untuk membuat dana di pos konsumsi menjadi cukup adalah dengan melakukan penghematan pada beberapa hal. Caranya adalah dengan membuat perincian kebutuhan bulanan.

Kemudian, pilah-pilah mana saja yang bisa Anda hemat. Misalnya, mengurangi jatah makan di luar dengan memasak sendiri di rumah dan membawa bekal. Selain itu, bisa  menyetok bahan dalam jumlah cukup, sehingga tidak bolak-balik ke pasar.

Langkah berikutnya adalah rajin-rajin mencari harga promo. Biasanya, swalayan rutin memberikan harga promo. Manfaatkanlah untuk menghemat pengeluaran.

Baca juga:  Metode Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Gaji 2 Juta

3. Memasak Dalam Porsi Cukup

Cara mengatur gaji suami 2 juta yang selanjutnya adalah dengan melakukan penghematan bahan makanan. Perhitungkan porsi per sajian, sehingga bisa memasak secukupnya saja.

Hindari membuat sajian yang berlebihan, hingga malah tersisa dan terbuang sia-sia. Selain itu, berlatihlah membuat masakan modifikasi, sehingga bisa mengubah makanan sisa menjadi masakan baru untuk sajian selanjutnya.

4. Menghemat Pengeluaran Bulanan

Langkah selanjutnya agar gaji suami cukup dan masih bisa menabung adalah dengan melakukan penghematan terhadap tagihan bulanan. Contoh pos yang bisa Anda hemat adalah pembayaran listrik, air, dan kuota internet.

Contohnya, matikan dan cabut perangkat elektronik yang tidak Anda gunakan. Selanjutnya, pakailah lampu hemat energi. Beberapa alat elektronik lainnya pun banyak yang memiliki fitur hemat energi.

Adapun untuk hemat air, hindari mengisi bak penampungan hingga tumpah. Di samping itu, cek dan segera perbaiki jika ada pipa yang bocor. Pastikan semua anggota keluarga turut menghemat penggunaan air.

Sementara itu, untuk menghemat kuota internet, Anda bisa mengurangi kebiasaan streaming dan main game online. Cara lainnya adalah mempertimbangkan pemasangan wifi jika memang  membutuhkan data internet dalam jumlah besar.

Baca juga:  Pembukuan Contoh Laporan Keuangan Sederhana

5. Mengatur Gaji Suami 2 Juta Dengan Melakukan Pencatatan

Langkah selanjutnya agar gaji 2 juta mencukupi dan tetap bisa menabung adalah dengan membuat pencatatan pemasukan dan pengeluaran. Tujuannya  untuk segera mengetahui apabila ada pemborosan. Jadi, hal tersebut tidak berlarut-larut dan membuat kacau keuangan.

Selain itu, pastikan agar tidak mengutak-atik uang tabungan, kecuali pada kondisi benar-benar terdesak. Contohnya ketika ada yang sakit atau pengeluaran tak terduga lainnya.

Ada baiknya mengubah sebagian uang tabungan menjadi investasi, seperti emas, saham, reksadana, dan sebagainya. Jadi, nilainya pun cepat meningkat.

Lakukan cara mengatur gaji suami 2 juta tersebut di atas, agar keuangan tetap stabil dan mencukupi. Selain itu, masih bisa menabung dan berinvestasi juga.