Bagaimana-Cara-Menjaga-Kesehatan-Tubuh-pada-Masa-Pubertas

Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Tubuh pada Masa Pubertas?

Memasuki masa puber, remaja wajib tahu bagaimana cara menjaga kesehatan tubuh pada masa pubertas supaya setidaknya tidak menyebabkan bau badan. Pubertas ditandai dengan banyak perubahan fisik, Anda membutuhkan adaptasi untuk lebih menjaga kesehatan.

Setidaknya ada tiga aspek kesehatan yang wajib diperhatikan, pertama berkaitan dengan fisik, kedua berkaitan dengan organ reproduksi yang semakin matang, ketiga berkaitan dengan mental. Ketiganya harus selaras untuk menciptakan masa remaja yang sehat.

Pendidikan seks sebenarnya sudah bisa diterapkan supaya tidak menjerumuskan remaja ke dalam hal negatif. Orang tua wajib paham akan hal ini untuk memberikan pelajaran kepada anak-anak mereka tanpa membuat anak penasaran dan malah belajar dengan cara salah.

Baca juga:  Cara Edit Foto Wajah Pengantin Gunakan Aplikasi Tempo

Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Tubuh pada Masa Pubertas?

Kami ulas tiga aspek kesehatan untuk masa pubertas. Diantaranya ada mental healthness, organ reproduksi, dan tidak lupa berkaitan dengan kondisi fisik. Berikut ulasannya!

1. Menjaga Kesehatan Mental

Memasuki masa pubertas, mental seseorang akan diuji oleh banyak hal, entah datangnya dari diri sendiri atau lingkungan sekitar. Guna mempersiapkan diri, coba ikuti beberapa saran di bawah ini:

  • Tanamkan dalam diri bahwa setiap orang memiliki sisi unik dan menariknya sendiri. Ini akan menjadi kekuatan untuk tidak membandingkan diri dengan pencapaian orang lain.
  • Jika tidak berhasil melakukan suatu pekerjaan hari ini, maka jangan salahkan diri sendiri dan anggap itu sebagai sarana belajar. Ubah kata tidak bisa menjadi belum bisa dan akan berusaha lebih baik.
  • Peranan orang sekitar sangat penting, karena ketika remaja akan banyak hal dipertanyakan. Menemukan orang yang mendengarkan secara seksama dan fokus adalah apa yang dibutuhkan remaja.
  • Sekarang zamannya media sosial, maka bagaimana cara menjaga kesehatan tubuh pada masa pubertas adalah bijak dalam menggunakannya.

Tidak mudah menghadapi satu fase dimana tubuh dan pikiran mulai beralih dari masa kanak-kanak menuju dewasa. Namun, edukasi diri sendiri dan peranan orang sekitar sangat penting dalam mengarahkan jati diri ke depannya.

2. Menjaga Kebersihan Organ Reproduksi

Memasuki masa pubertas, setiap perempuan maupun laki-laki akan menemukan perubahan signifikan pada alat reproduksinya. Informasi mengenai bagaimana cara menjaga kesehatan tubuh pada masa pubertas sangat penting didapatkan dari sumber akurat.

Kurang lebih yang harus dijaga pada kesehatan organ reproduksi adalah:

  • Rajinlah mengganti pakaian dalam minimal dua kali sehari, meskipun tidak sempat mandi karena aktivitas padat, namun mengganti pakaian dalam dua kali sehari itu penting.
  • Gunakan bahan pakaian yang menyerap keringat. Jangan asal beli pakaian dalam, namun pertimbangkan apakah bahannya nyaman atau tidak.
  • Untuk menghindari lembab dan bau pada area intim, selalu bersihkan organ genital secara tepat kemudian keringkan menggunakan handuk yang permukaannya lembut agar tidak melukai organ tersebut.
  • Paling penting dan bersangkutan dengan moral adalah jangan melakukan seks sebelum ada ikatan pernikahan. Bukan hanya tidak pantas, namun juga berpotensi menyebabkan penularan penyakit dan kerugian karena hamil di luar nikah.

Ingat, ketika masuk masa puber, bukan hanya kesehatan mental yang wajib dijaga, namun juga organ genital. Masuk masa ini, laki-laki maupun perempuan harus sudah bisa merawat dirinya sendiri secara telaten.

3. Menjaga Kebugaran Fisik

Selanjutnya yang terakhir mengenai bagaimana cara menjaga kesehatan tubuh pada masa pubertas dari aspek fisik. Hal ini yang akan menjadi sorotan pertama karena terlihat secara kasat mata. Berbagai cara yang bisa ditempuh adalah:

  • Untuk menjaga kesehatan fisik, hal utama yang harus diperhatikan adalah asupan tubuh. Mulai dari memilih makanan dan minuman bergizi dulu.
  • Setelah itu, jangan sering begadang meskipun ketika malam hari banyak godaan menarik untuk dilakukan. Misal, menjadi lebih produktif berkarya, Biarpun begitu, harus tetap tidur cukup.
  • Rutin berolahraga dapat menjaga kesehatan tubuh pada masa puber. Tidak perlu yang mahal, cukup berjalan kaki di pagi hari saja sudah cukup baik.
  • Mulai fase puber, godaan untuk merokok dan minum alkohol sangat tinggi. Jangan berlebihan atau hindari sama sekali dua hal tersebut untuk kesehatan jangka panjang.

Masuk masa puber, bukan hanya mental dan fisik yang wajib dijaga. Lebih dari itu, bagaimana cara menjaga kesehatan tubuh pada masa pubertas pada aspek reproduksi juga tidak kalah pentingnya.

Baca juga:  Contoh Polis Asuransi Jiwa, Coba Pahami Dulu!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.