Cara-Membuat-Butter-Cream-Sederhana-untuk-Pemula

Cara Membuat Butter Cream Sederhana untuk Pemula

Mempelajari cara membuat butter cream akan sangat bermanfaat bagi Anda yang hobby baking. Pastinya sudah tidak asing lagi dengan bahan ini. Disebut juga dengan krim mentega yang punya banyak manfaat.

Digunakan untuk dressing pada kue tart. Atau penutup base cake sebelum dihias aneka rupa. Butter cream bisa dibuat beraneka warna sesuai selera pembuatnya. Tujuannya juga bermacam yang berhubungan dengan estetika.

Krim ini memiliki rasa manis karena merupakan campuran mentega dengan gula dan susu. Biasanya disukai anak-anak karena rasa dan penampilannya. Tidak direkomendasikan untuk penderita diabet karena kadar gulanya sangat tinggi.

Beruntungnya ternyata cara membuatnya ternyata sangat sederhana. Bahkan pemula pasti juga bisa melakukannya sendiri di rumah. Karena semua bahan yang digunakan sangat sederhana, murah, dan mudah untuk ditemukan pembeliannya dimana-mana.

Baca juga:  Cara Membuat Tahu Gejrot Saus Kacang dan Kecap

3 Cara Membuat Butter Cream 

Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk membuat butter cream. Untuk itu berikut akan kami berikan beberapa resep membuatnya, mulai dari yang paling sederhana sampai special. Berikut adalah resep pertamanya:

1. Butter Cream Sederhana

Bahan-Bahan:

  • 500 gram mentega putih
  • 175 gram gula halus
  • 6 sendok makan susu kental manis
  • Essence/rum, vanilla dan sebagainya menurut selera

Cara Membuat Butter Cream dengan Mudah:

  • Siapkan peralatan berupa mangkok dan mixer, usahakan bersih semuanya supaya benar-benar steril. Selanjutnya, masukkan bahan mulai dari mentega, gula dan susu kental manis. Campur menjadi satu ke dalam mangkok mixer.
  • Campur menggunakan mixer, setidaknya selama 15 menit lamanya. Bisa disesuaikan dengan mixer masing-masing, jika sudah mengembang dan putih berjejak, stop mixer. Karena artinya krim telah siap digunakan untuk kebutuhan. 
  • Bila perlu, Anda juga bisa menambahkan tambahan pewarna dan essence makanan sesuai kebutuhan. Biasanya ini dilakukan saat ingin menggunakan krimnya sebagai pelapis cake. Sehingga tampilannya menjadi terlihat unik dan cantik.
Baca juga:  Tips Memulai Usaha Ternak Bebek Pedaging

2. Butter Cream dengan Bahan Simple

Hanya dalam waktu singkat sudah bisa membuatnya dengan membuat butter cream enak di atas. Beruntungnya, selain resep pertama, masih ada resep lain yang tidak kalah menarik. Berikut resep keduanya:

Bahan-Bahan:

  • 4 butir putih telur.
  • 200 gula halus.
  • 500 gram mentega putih
  • ¼ sendok teh garam.
  • ½ sendok teh vanili

Cara Membuat Butter Cream Simple

  • Siapkan tempat bersih untuk menaruh beberapa bahan utama. Kemudian masukkan mentega putih dan putih telur. Kocok menggunakan mixer dengan kecepatan sedang sampai lembut dan mengembang.
  • Masukkan perasa vanili, garam, dan gula halus. Kocok sampai semuanya tercampur rata dengan sempurna. Sampai disini krim mentega telah siap untuk disajikan karena sudah berhasil dibuat.

3. Butter Cream Chocolate

Selain resep di atas, masih ada lagi cara lainnya. Masih penasaran dengan resep ketiganya? Di bawah ini adalah resep ketiga yang bisa digunakan untuk membuat krim mentega cokelat, antara lain:

  1. 125 gram cokelat batang yang telah dilelehkan.
  2. 1 sendok teh cokelat pasta.
  3. 250 gram mentega putih.
  4. 200 gram gula halus.
  5. 100 gram margarin.
  6. 1 sendok teh perasa vanili.
  7. 200 gram susu kental manis cokelat.
  8. ¼ sendok teh garam.

Caranya Membuat Butter Cream Homemade:

  1. Siapkan tempat yang bersih untuk wadah bahan-bahannya. Masukkan mentega putih dan kocok memakai mixer menggunakan kecepatan sedang sampai lembut dan juga mengembang. Kemudian masukkan susu kental manis dan gula.
  2. Kocok lagi sampai semuanya tercampur dengan sempurna. Masukkan cokelat batang yang dilelehkan bersama dengan margarin, cokelat pasta, garam, dan perasa vanili. Kocok kembali menggunakan mixer dengan kecepatan sedang.
  3. Kocok sampai adonannya benar-benar lembut atau selama 15 menit. Sekarang krim mentega telah siap disajikan untuk hiasan cake ulang tahun, pernikahan, dan acara lainnya.

Melihat 3 resep di atas, rasanya kurang lengkap bila belum mempraktikkannya sekarang juga. Maka dari itu bila tertarik membuat hiasan cake agar semakin menarik, cobalah salah satu resep di atas.

Karena itu tadi adalah beberapa resep yang bisa digunakan untuk membuat krim mentega. Dengan memahami 3 cara membuat butter cream di atas, diharapkan bisa membantu menciptakan kreasi yang lebih unik.

Baca juga:  Bagaimana Cara Daftar Grab Motor dan Mobil Beserta Syaratnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.