usaha online di desa

4 Contoh Usaha Online di Desa Yang Patut Dicoba

Kebanyakan orang beranggapan bahwa hidup di desa itu sulit, lebih enak hidup di kota karena lebih mudah mendapat pekerjaan atau uang. Padahal sebenarnya, ada banyak sekali ide usaha online di desa yang bisa Anda terapkan.

Seperti yang kita tahu, usaha online ini sangat populer di kota-kota besar. Namun di desa sendiri masih belum banyak orang yang menerapkan usaha online sehingga peluangnya masih terbuka lebar. Jika sukses, Anda juga bisa mempekerjakan orang-orang di desa yang mana biayanya lebih murah.

Contoh Ide Usaha Online di Desa

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa contoh usaha online di desa yang bisa Anda terapkan. Apa saja itu? Sebenarnya ada banyak contoh usaha yang bisa diterapkan di desa, namun kali ini kami akan memberikan empat contoh saja yang sangat potensial. Berikut pembahasannya:

Baca juga:  Kerjasama Distributor Sembako : Cara Jitu Tingkatkan Cuan

1. Menjual Hasil pertanian

Untuk memulai bisnis jual hasil pertanian dan perkebunan di desa tidak harus mempunyai lahan, persawahan, atau perkebunan. Anda cukup mencari peluang pertanian apa saja yang ada di tempatmu. Contohnya Anda bisa jual beras, kelapa, sayur, teh, kopi, bumbu dapur, dan hasil pertanian lainnya.

Anda bisa jual hasil-hasil pertanian tersebut ke marketplace atau promosi secara langsung lewat forum jual beli dan sosial media. Peluang ini bisa Anda manfaatkan apabila produk hasil pertanian yang Anda jual harganya lebih rendah dari supplier lain karena Anda ambil langsung di desa.

2. Bisnis Makanan Tradisional

Ide usaha online di desa yang selanjutnya adalah bisnis makanan tradisional. Untuk makanan tradisional ini ada banyak sekali pilihan. Ada banyak contoh produk makanan tradisional seperti keripik, kerupuk, peyek, dan makanan atau jajanan khas daerah Anda lainnya.

Baca juga:  Bagaimana Cara Daftar Grab Motor dan Mobil Beserta Syaratnya

Makanan tradisional ini menjadi peluang usaha yang sangat bagus. Hal ini karena kebanyakan orang ingin merasakan makanan-makanan khas dari daerah tertentu yang belum pernah mereka cicipi. Karena hanya daerah tertentu saja yang membuatnya, jadi peluang usaha ini masih terbuka lebar.

3. Jual Pulsa dan Listrik

Menjual pulsa dan listrik menjadi salah satu usaha online yang harus Anda coba di desa. Kenapa? Karena modal yang dibutuhkan cuma Hp dan mempunyai deposit untuk pengisian pulsa ataupun listrik. Untuk pembeliannya, sekarang sudah ada banyak aplikasi yang bisa digunakan.

Mungkin Anda berpikiran bahwa sudah terlalu banyak orang yang membuka usaha pulsa dan listrik. Namun meskipun begitu usaha ini masihlah tetap laris karena banyaknya konsumen yang membutuhkan pulsa dan listrik. Oleh karena itu usaha ini patut untuk dicoba.

Baca juga:  4 Ide Bisnis Kreatif dan Inovatif, Wajib Coba!

4. Menjadi Blogger dan Youtuber

Ide usaha online di desa terakhir yang kami rekomendasikan adalah menjadi seorang Blogger atau Youtuber. Sekarang ini ada banyak sekali orang yang ingin menjadi blogger maupun youtuber. Alasannya karena kita bisa mendapat uang dengan membuat video di Youtube atau menulis artikel di Blog.

Namun untuk mendapatkan uang tersebut, Anda harus memonetisasi Blog dan Akun Youtube Anda supaya bisa menampilkan iklan dari google. Jika belum termonetisasi, maka Anda belum bisa mendapat penghasilan dari Google. Dibutuhkan perjuangan dan konsistensi yang tinggi untuk bisa sukses menjadi Blogger ataupun Youtuber.

Nah itulah beberapa contoh usaha online di desa yang bisa Anda coba. Contoh ide-ide di atas masihlah sangat potensial dan berpeluang mendapatkan pundi-pundi uang yang tidak sedikit. Namun meskipun begitu, dalam prosesnya Anda tetap harus berjuang dan tidak boleh mudah menyerah.