Cara Berhenti Asuransi Cigna

Cara Berhenti Asuransi Cigna yang Mudah, Cuma Lewat Email

Dariberita – Ada kalanya nasabah asuransi Cigna memilih menutup polisnya. Hal ini bisa terjadi karena berbagai alasan, misalnya nasabah mengalami kendala keuangan. Maka nasabah tersebut harus tahu cara berhenti asuransi cigna yang benar.

Seorang nasabah memiliki hak untuk menutup polis dan berhenti dari kepesertaannya di perusahaan asuransi. Artikel berikut akan menjelaskan prosedur penutupan polis asuransi Cigna bagi pemegang polis aktif. 

Prosedur Mudah Cara Berhenti Asuransi Cigna

Cara berhenti asuransi cigna sangat mudah asal melaksanakan semua prosedur dengan tepat. Jangan lupa untuk menyiapkan dokumen yang dibutuhkan. Berikut adalah prosedur yang harus nasabah lakukan.

Menghubungi Layanan Pelanggan Asuransi Cigna

Apabila memutuskan untuk berhenti dari asuransi Cigna, maka segera hubungi layanan pelanggan asuransi Cigna. Nasabah bisa menghubungi layanan melalui beberapa cara, antara lain:

Baca juga:  Cara Membuat Pembukuan Keuangan Usaha Kecil

Saat menghubungi layanan pelanggan di atas, nasabah bisa menyampaikan permintaan menutup/membatalkan/memberhentikan polis asuransi. Jika nasabah melakukan poin 2-4 maka tunggu sampai layanan pelanggan memberikan balasan.

Pihak asuransi biasanya akan memberikan balasan berupa permintaan konfirmasi identitas. Nasabah perlu menyebutkan beberapa informasi, seperti nama lengkap pemegang polis, nomor polis, nomor kartu kredit, nama ibu kandung, dan lain-lain.

Cara Berhenti Asuransi Cigna, Menyiapkan Dokumen

Nasabah perlu menyiapkan dokumen yang dibutuhkan untuk menutup polis asuransi. Adapun dokumen tersebut antara lain:

1. Polis asuransi.

Buku polis adalah bukti kepesertaan dalam sebuah asuransi, apakah itu asuransi kesehatan, properti, ataupun asuransi jiwa. Pastikan untuk selalu menyimpannya dengan benar. Kehilangan buku akan menyulitkan proses pembatalan polis. 

Baca juga:  Contoh Polis Asuransi Jiwa, Coba Pahami Dulu!

2. Kartu Tanda Penduduk

Merupakan kartu identitas pemegang polis

3. Buku rekening tabungan di bank

Rekening tabungan berfungsi untuk melakukan pembayaran premi asuransi Cigna. Pembayaran dilakukan dengan pendebetan saldo tabungan secara otomatis.

Mengisi Formulir Pembatalan Polis

Setelah pihak asuransi Cigna melakukan pengecekan, maka bagian layanan pelanggan akan membantu untuk melakukan proses pembatalan. Pihak Cigna akan mengirimkan formulir permintaan penutupan polis yang harus diisi oleh nasabah.

Pastikan mengisi dengan benar, terutama keterangan identitas dan nomor polis, karena menyangkut kelancaran proses selanjutnya. Jangan lupa memberikan tanda tangan pada bagian akhir formulir dan membubuhkan ceklis sebagai tanda setuju.

Menunggu Konfirmasi Pembatalan

Cara Berhenti Asuransi Cigna

Setelah mengisi formulir pembatalan polis dan melengkapi data yang diperlukan, nasabah dapat mengirimkannya ke alamat email Cigna di [email protected]. Balasan  dari Cigna biasanya akan diterima dalam jangka waktu kurang dari 7 hari kerja.

Baca juga:  6 Manfaat Penting PPH Plus Prudential

Selama menunggu, sebaiknya kosongkan rekening tabungan yang biasa digunakan untuk mendebet premi asuransi. Hal ini untuk mencegah kemungkinan terjadinya debet otomatis pada rekening selama konfirmasi pembatalan belum muncul.

Menutup Rekening Tabungan di Bank

Jika telah mendapatkan balasan persetujuan pembatalan polis dari Cigna, lakukan langkah terakhir yaitu menutup rekening tabungan di bank. Biasanya pihak Cigna secara otomatis akan menutup rekening tabungan yang menjadi rekening polis ini.

Namun, bisa jadi rekening tersebut hanya dibekukan sementara dan bisa diaktifkan kembali. Agar tidak mengalami hal yang tidak diinginkan, seperti kesalahan pendebetan, sebaiknya lakukan penutupan rekening tabungan secara permanen.

Cara berhenti asuransi cigna yang benar adalah melalui layanan pelanggan. Namun, seringkali nasabah tidak sabar menunggu prosesnya dan menggunakan jalan pintas, yaitu dengan menutup rekening atau memblokir kartu kredit.

Kata Kunci: