definisi asuransi jiwa regular link

Definisi Asuransi Jiwa Regular Link, Dapatkan Manfaat Proteksi Dan Investasi

Asuransi yang menggabungkan antara proteksi dan investasi merupakan definisi asuransi jiwa regular link atau bisa disebut juga dengan asuransi jiwa unit link. Hal ini berarti bahwa asuransi ini memberikan manfaat berupa perlindungan sekaligus investasi kepada para nasabahnya secara jangka panjang.

Bisa dikatakan bahwa nasabah yang memiliki jenis asuransi ini tidak hanya memiliki proteksi untuk diri dan keluarganya. Lebih dari itu, para pemegang polis ini juga memiliki tabungan investasi untuk masa depan.

Sekilas Tentang Asuransi Jiwa Dan Definisi Asuransi Jiwa Regular Link 

Asuransi jiwa merupakan asuransi yang memberikan perlindungan saat nasabah mengalami musibah. Maksud dari musibah disini yakni yang menimbulkan cacat seumur hidup atau kematian pada diri nasabahnya. Asuransi jiwa juga memberikan perlindungan seumur hidup kepada keluarga nasabah dengan jenis proteksi sesuai kebutuhan.

Asuransi jiwa unit link sendiri merupakan penggabungan dua produk asuransi yaitu perlindungan dan investasi seperti yang telah tersebut di atas. Asuransi ini cukup terkenal di kalangan masyarakat. Selain populer, asuransi dengan tipe proteksi dan investasi ini juga menimbulkan kontroversi dan perdebatan.

Kontroversi ini dikarenakan jenis asuransi unit link sangat kompleks sehingga membutuhkan pemahaman yang lebih banyak bila masyarakat terdaftar sebagai nasabahnya. Karena itulah tahun 2021 ini OJK atau Otoritas Jasa Keuangan mengeluarkan aturan baru untuk mengatur produk asuransi jenis unit link.

Baca juga:  Perbedaan Asuransi Syariah dengan Asuransi Konvensional

Aturan ini dengan jelas menyebutkan bahwa nasabah asuransi unit link harus mempunyai nomor identitas investor atau SID (Single Investor Identification). SID akan memberi keuntungan pada nasabah karena membantu nasabah sadar bahwa risiko pada investasi produk ini ditanggung pemegang polis.

Salah satu dari poin dalam aturan ini ialah mengatur pembatasan investasi pada satu pihak agar risiko tidak berpusat pada satu tempat. Hal ini juga telah mendapatkan dukungan dari Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia terkait kinerja premi asuransi dan investasi dari unit link.

Jenis Asuransi Pada Unit Link

Asuransi unit link memiliki beberapa jenis diantaranya adalah:

1. Berdasarkan pada Pembayaran Premi

Yang termasuk dalam kategori ini adalah unit link premi tunggal dan unit link premi berkala. Pada premi tunggal nasabah harus membayar premi sekaligus di muka. Sebaliknya pada premi berkala, nasabah dapat membayar premi secara bertahap yakni sebulan, tiga bulan bahkan setahun.

Namun pada premi berkala, para nasabahnya tidak boleh melakukan penarikan dana jika belum melebihi jangka waktu enam tahun. Oleh karena itu, calon nasabah perlu mempertimbangkan dengan cermat sebelum memutuskan memilih jenis premi ini.

2. Definisi Asuransi Jiwa Regular Link Berdasarkan Penempatan Dana

Ada empat jenis asuransi berdasarkan penempatan dana yaitu unit link pasar uang, pendapatan tetap, campuran dan unit link saham.

3. Berdasarkan Tujuan Investasi

Pada asuransi unit link yang berdasarkan tujuan asuransi investasi, unit link menawarkan beberapa paket produk. Contoh asuransi unit link ini adalah dana pendidikan anak dan dana pensiun.

Baca juga:  Cara Berhenti Asuransi AIA BCA, Mudah dan bisa Online

Perbedaan Asuransi Tradisional dengan Asuransi Regular Link

Meski sama – sama asuransi, namun terdapat perbedaan pada kedua jenis asuransi ini. Pada ulasan mengenai definisi asuransi jiwa regular link berikut akan menjelaskan secara singkat perbedaannya. 

1. Premi

Perbedaan pertama kedua asuransi ini terlihat dari segi premi. Jika dalam asuransi jiwa regular link, alokasi premi terbagi dua yaitu perlindungan dan premi investasi. Sebaliknya, pada asuransi tradisional, alokasi premi hanya tertuju pada proteksi saja.

2. Manfaat

Pada asuransi jenis tradisional, manfaat bagi para pemegang polis hanya jaminan tanggungan biaya perlindungan saja. Sedangkan asuransi unit link, para nasabahnya mendapatkan manfaat tambahan yakni memiliki investasi.

Kelebihan Asuransi Jiwa Regular Link

Asuransi unit link memang memiliki kelebihan diantaranya, masa pertanggungan yang panjang dan memudahkan proses investasi. Selain itu juga dana lebih fleksibel dan memiliki manfaat ganda. 

Meskipun demikian, sebelum mendaftar sebagai pemegang premi sebaiknya calon nasabah mempelajari dengan benar definisi asuransi jiwa regular link terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk menghindari munculnya risiko buruk yang nantinya akan merugikan nasabah.

Baca juga:  Ketahui Biaya Admin Tabungan Mandiri